Bisnis Pulsa, Butuhkan Pinjaman Modal?

bisnis pulsa pinjaman modal


Jika kalian ingin mengembangkan bisnis pulsa kalian, mungkin membeli perlengkapan baru, membuka cabang atau menambah jenis produk maka kalian bisa jadi perlu pinjaman modal. Tapi memutuskan untuk mencari pinjaman untuk sebagian orang beresiko. Di Indonesia sendiri ada beberapa lembaga yang biasanya meminjamkan uang untuk usaha seperti bank, koperasi dan beberapa perusahaan finansial. Apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan jika kita perlu pinjaman uang?

Dampak untuk bisnis

Kalian perlu benar-benar melihat pengeluaran dan pemasukan bisnis pulsa yang kalian jalankan untuk melihat dengan jelas kondisi keuangan dan penggunaan uang. Dengan demikian kebutuhan uang untuk bisnis juga akan jelas. Sebelum mencari pinjaman, kalian perlu mempertimbangkan untuk apa uang itu nantinya digunakan. Ketahuilah penggunaan spesifik dari uang pinjaman itu. Selain itu, kita perlu tahu apakah pinjaman ini bersifat jangka pendek atau hanya untuk sekali waktu atau bersifat terus menerus.

Jenis pinjaman

Kita juga perlu tahu jenis pinjaman yang bisa diperoleh. Apakah kita akan meminjam dari bank, koperasi atau dari investor, teman atau keluarga? Kira-kira apakah bisnis pulsa kalian memenuhi syarat memperoleh pinjaman dari bank atau koperasi? Berapa persen bunganya, berapa lama cicilan pembayaran hutang dan informasi lainnya.

Keuntungan dan kerugian

Masing-masing pinjaman dari masing-masing sumber memiliki keuntungan dan kerugian. Ada yang menawarkan pinjaman dengan syarat yang mudah, tapi bunga cicilannya tinggi. Pada akhirnya jumlah total bunga itu bisa 2 kali lipat uang yang kita pinjam. Selain itu kita juga perlu tahu resiko bila kita gagal membayar pinjaman, bagaimana dampaknya untuk bisnis atau kehidupan kita?

Begitu pula jika kita meminjam uang dari keluarga dan teman, apa yang terjadi dengan hubungan kita dengan mereka jika bisnis gagal dan kalian tidak bisa membayar?

Potensi

Apapun metode pinjaman yang kalian putuskan, kalian memiliki peluang lebih besar memperoleh pinjaman jika kalian mampu menjual konsep bisnis. Oleh karena itu, kalian perlu mengetahui faktor-faktor yang membuat konsep bisnis itu menjadi sebuah rencana bisnis yang solid. Kalian bisa melakukannya dengan membuat analisa pasar dan kompetitor yang sebelumnya pernah dibahas Portal Pulsa. Dengan melakukan analisa ini kalian tahu kelemahan dan kekuatan bisnis pulsa yang dijalankan. Kalian juga tahu peluang yang ada dalam bisnis ini bahkan cara mengalahkan para kompetitor.



Diposting pada tanggal 2017-01-20 17:45:55. Dilihat sebanyak 1149 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: