9 Cara Menghemat Listrik Saat Menggunakan Komputer

cara hemat listrik komputer



Sebuah organisasi nirlaba Australia Green I.T memperkirakan jika komputer desktop biasa menggunakan rata-rata 868 kW listrik per tahun. Oleh karena itu jika perusahaan besar menggunakan 20 ribu kompuer, jumlah produksi CO2 yang dihasilkan per tahun sama dengan jumlah yang dihasilkan 2.384 kendaraan umum.

Dari data itu jelaslah, jika komputer bisa menyumbang persentase yang besar dalam penggunaan listrik di rumah kita. Lantas bagaimana caranya supaya kita bisa menghemat listrik saat kita menggunakan komputer di rumah kita?

1. Sleep

Departemen Energi Amerika Serikat (AS) merekomendasikan untuk menggunakan mode “power down” atau “sleep” untuk menghemat listrik saat komputer tidak digunakan tapi tidak praktis jika dimatikan.

2. Matikan monitor

Menurut organisasi lingkungan The Guide to Green Living, mematikan monitor saat tidak menggunakan komputer dekstop juga menolong usaha kita menghemat energi.

3. Screen saver

Hindari menggunakan screen saver. Screen saver tidak menghemat energi tapi justru menggunakan monitor dalam kapasitas penuh.

4. Brightness

Menurunkan tingkat kecerahan (brightness) pada layar komputer akan mengurangi jumlah energi yang digunakan monitor itu.

5. Hibernate

the NRDC merekomendasikan memprogram komputer untuk hibernate setelah 30 menit tidak digunakan. Sama seperti sleep mode, mode hibernate bisa menghemat energi tanpa perlu mematikan komputer.

6. Matikan komputer

Mematikan komputer saat tidak digunakan akan mengurangi jumlah energi yang digunakan dalam jumlah besar.

7. Manajemen waktu

Jika komputer tidak digunakan untuk bekerja cobalah memadatkan semua tugas terkait komputer ke dalam satu waktu khusus, daripada menyebar waktu penggunaan komputer sepanjang hari.

8. Configure

Belajarlah mengkonfigurasi setting power di komputer untuk penggunaan energi yang optimal. Instruksi bagaimana melakukannya bisa dicari di internet.

9. Energy star

Energy Star adalah sistem rating energi yang dikenal secara internasional. Komputer dengan rating Energy star menggunakan listrik dengan jumlah lebih rendah dibandingkan komputer tanpa rating “Energy Star”.

Anda butuh pulsa listrik atau token PLN? Portal Pulsa menyediakan voucher pulsa listrik dan token PLN. Kami juga melayani pembayaran tagihan listrik.



Diposting pada tanggal 2016-12-06 06:35:35. Dilihat sebanyak 180 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: