Cara Menghemat Pulsa Listrik

cara hemat listrik
 
Seiring dengan meningkatnya biaya hidup, penghematan menjadi cara yang cukup efektif untuk mempertahankan keuangan yang sehat. Pun dalam pulsa litrik, penghematan juga bisa perlu dilakukan. Ditambah dengan tarif dasar listrik (TDL) mungkin naik beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir, membeli pulsa listrik juga sering membebani bagi sebagian keluarga yang berpenghasilan rendah.
 
Selain itu, alasan lain yang membuat kita harus menghemat pulsa listrik adalah banyaknya biaya yang dibebankan kepada konsumen listrik seperti beban biaya administrasi, Pajak Penerangan Jalan (PPJ), Pajak Pertambahan Nilai (PPN) hingga tambahan potongan bea materai untuk pembelian pulsa listrik diatas 300 ribu rupiah.
 
 
Pada kesempatan kali ini, Portal Pulsa, sebagai server pulsa yang juga melayani pembelian token PLN, kami akan memberikan tips menghemat biaya pemakaian listrik kalian. Apa saja itu? Simak penjelasannya berikut ini.
 
Pilih daya listrik sesuai kemampuan
 
Hal pertama yang kamu lakukan ketika mendaftar layanan listrik adalah menyesuaikan daya listrik sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita. Harga yang ditetapkan pemerintah memang berbeda, misalnya, untuk golongan daya listrik 450 VA dan 900 VA tergolong masih murah karena mendapat subsidi dari pemerintah. 
Jika kamu menggunakan daya listrik dibawah 900VA tentu kWh listrik lebih murah dari pada konsumen yang menggunakan daya listrik 1300 VA, 2200 VA, 3500 VA, dan seterusnya. 
Bila sudah terlanjur dengan daya listrik yang besar, tak ada salahnya menghubungi PLN terdekat untuk menurunkan daya listrik.
 

Gunakan pulsa listrik ( prabayar )


 
Saat ini sudah tersedia listrik pintar atau terkenal dengan istilah token PLN. Nah, jika kamu ingin berhemat pulsa listrik sangat disarankan untuk perpindah dari listri pasca bayar menjadi listrik pra bayar.
 
Seperti yang sudah kita ketahui, sistem kerja lsitrik prabayar adalah dengan pulsa sehingga besaran nominal pemakian listrik dapat kita tentukan meski dengan kedisiplinan yang cukup tinggi untuk mengatur pemakian listrik. Dan, yang lebih menguntungkan lagi - kamu bisa membeli token PLN di agen pulsa yang biasanya memberikan harga yang lebih murah daripada tempat lain.
 
Gunakan lampu LED
 
Apa itu lampu LED? Adalah singkatan dari Light Emitting Dioda yaitu jenis lampu yang memiliki keunggulan lebih hemat energi, lebih terang, tidak panas, menghasilkan warna benda yang natural, dan lebih tahan lama.
 
Meski harga lampu LED lebih mahal dari lampu biasa, namun dari sisi pemakian listrik, lampu LED dapat bekerja lebih maksimal untuk menghemat listrik. Bahkan untuk usia lampu dan kwalitas yang dihasilkan pun jauh lebih baik.
 
Gunakan TV LED dengan fitur hemat energi
 
Sama seperti pemakian lampu LED, kamu juga harus mulai beralih menggunakan TV LED. Kemampuan dalam menghemat listrik jauh lebih baik dibandingkan dengan televisi tabung atau LCD. Akan lebih baik lagi jika TV LED yang kamu beli memiliki fitur hemat energi atau Eco.
Ingin tau perbandingan konsumsi listrik antara TV LED dan tabung?. Jika TV tabung atau LCD ukuran 32 inchi menggunakan daya hingga 100 watt atau bahkan lebih maka TV LED 32 inchi hanya membutuhkan daya listrik 40-50 watt saja. Wow! Beda jauh kan?
 
Bahkan pada beberapa merk TV yang memiliki fitur hemat listrik atau Eco, daya listrik digunakan mampu menghemat separuhnya hingga 20-25 watt.
 
Pilih AC sesuai kebutuhan
 
Jangan asal ketika menggunakan atau membeli AC, ingat pembelian AC harus disesuai dengan volume ruangan. Misalnya, AC dengan daya ½ hingga ¾ PK akan menghasilkan kesejukan sekitar 5.000-7.000 BTU/h yang sesuai untuk ruangan kamar tidur. Sedangkan AC berdaya 1-1,5 PK akan menghasilkan daya 9.000-12.000 BTU/h yang cocok untuk ruang tamu yang lebih luas. Semakin besar dayanya semakin besar pula pemakaian listriknya.
 
Artinya, jangan salah beli AC dengan daya PK tinggi untuk ruangan kecil. Akan sangat boros dan membuang daya.
 
Hindari menggunakan pengering baju ketika panas.
 
Hal ini cukup mudah dilakukan, gunakan sinar matahari untuk mengeringkan cucian. Daripada menggunakan mesin pengering, kamu bisa berhemat dengan menjemur pakian diluar ruang.
 
Cerdas saat menggunakan setrika 
 
Selain memilih setrika yang hemat listrik, pilihlah yang memiliki fitur kontrol suhu otomatis agar daya yang digunakan dapat terjaga dengan stabil dan tidak terlalu boros.
Hal seperti ini sering terjadi pada  setrika klasik yang tidak memiliki fitur otimatis pada pengaturan suhu. Meski lebih tahan lama, konsumsi listrik pada strika klasih lebih boros karena tanpa fitur kontrol suhu otomatis. 
 
Nah, itulah tips bermanfaat untuk menghemat konsumsi listrik dirumah kalian. Yuk berhemat. Hemat energi PLN rugi...eh salah yang benar adalah kita semua untuk dengan berhemat energi.

Diposting pada tanggal 2016-11-20 05:50:11. Dilihat sebanyak 133 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: