Kenapa Token PLN Gagal Terus Saat Dimasukkan Dan Bagaimana Mengatasinya?

token pln listrik



Seperti yang kita tahu ada manfaat tersendiri bila menggunakan listrik pra bayar. Dengan model listrik pra bayar, resiko lalai dalam mencatat penggunaan listrik sehari-hari bisa dihindari. Selain itu, pemakai juga bisa lebih hemat dan efisien.

Untuk mulai menggunakan listrik pra bayar, pengguna harus membeli voucher listrik di beberapa tempat seperti kantor PLN, kantor Pos, toko atau kios pulsa yang memang menjual voucher ini. Beberapa ATM bank juga sudah dilengkapi dengan fasilitas penjualan voucher listrik.

Walaupun mudah dan praktis, ada sebuah masalah yang kadang dialami pengguna. Masalah itu adalah token PLN gagal terus sehingga muncul eror pada aliran listrik. Bayangkanlah saat alarm tanda kWH sudah mencapai limit menyala, sementara token PLN gagal. Hal ini bisa membuat pengguna panik karena suara alarm mengganggu mereka dan tetangga.

Lantas apa alasan di balik kegagalan token PLN ini?

1. Masalah atau error pada server

Solusi untuk mengatasi hal ini adalah menunggu server kembali normal. Setelah itu token baru bisa masuk ke meter digital.

Masalah lain pada server adalah saat kita salah membeli token PLN. Token yang kita beli biasanya terhubung dengan ID meter. Sementara ID meter bersifat unik dan berbeda untuk masing-masing pelanggan. Bila kita salah membeli token untuk ID meter lain dan dinyatakan valid kita tidak bisa memasukkan token untuk ID meter kita. Jadi pastikan token yang Anda beli sama dengan ID meter.

2. Instalasi listrik tidak dipasang dengan tepat

Ada akibat buruk jika kita asal-asalan memasang instalasi listrik. Pertama kita akan mengalami kegagalan dalam memasukkan kode token. Kedua ada resiko bahaya misalnya konsleting. Jika Anda merasa masalah error saat memasukkan token diakibatkan oleh hal ini, hubungilah PLN terdekat.

3. Meter Prabayar Bermasalah

Ada tidaknya masalah pada meter prabayar terlihat dari tulisan yang muncul pada meter. Tulisan itu di antaranya “Periksa”, “Cancel”, Logo Relay lepas, Tangan Dadah, Blocked, CTL. Selain tulisan, masalah jelas terlihat jika meter prabayar Anda mati. Jika kalian mengalami masalah ini, hubungilah PLN dan jelaskan masalah tersebut.


4. Memasukkan kode token listrik dengan salah

Bila kalian salah memasukkan token listrik, maka token PLN akan gagal. Seperti disebutkan di atas, ID meter dan token bersifat unik sehingga harus sesuai.

Mungkin saat Anda memasukkan jumlah digit token PLN, Anda menekan keypad yang salah. Bila Anda melakukan kesalahan hingga tiga kali, maka kalian akan diblokir secara otomatis. Bila Anda mengalami hal ini, hubungilah PLN terdekat supaya masalah ini bisa diatasi.

5. KWH ternyata over limit

Jika KWH yang dimasukkan melebihi batas maksimal dalam sebulan, maka token PLN akan gagal saat dimasukkan. Hal ini diterapkan PLN supaya pengguna menggunakan listrik sesuai batasan yang ada. Dengan penggunaan sesuai batasan yang ada, pengguna bisa belajar hemat.


Setelah mengetahui alasan-alasan kenapa gagal memasukkan token PLN, semoga kalian bisa menemukan solusi jika masalah token PLN error terjadi.

Anda butuh pulsa listrik atau token PLN? Portal Pulsa menyediakan voucher pulsa listrik dan token PLN. Kami juga melayani pembayaran tagihan listrik.



Diposting pada tanggal 2016-12-29 14:51:42. Dilihat sebanyak 101 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: