Cara Membersihkan TV Plasma Dan LCD

cara membersihkan tv



TV layar datar Plasma dan LCD memerlukan lebih banyak perawatan dibandingkan TV layar tabung. TV layar tabung bisa dibersihkan dengan handuk kertas dan pembersih kaca. Sementara TV layar LCD dan plasma terbuat dari plastik sehingga mudah rusak oleh zat kimia kasar, handuk dan sikat. Ada dua metode yang akan kita bahas untuk membersihkan TV plasma atau LCD yang kalian miliki.

Metode 1 Bersihkan dengan kain microfiber

1. Matikan layar TV

Kalian tidak ingin merusak piksel TV saat masih menyala. Selain itu mematikan TV membuat kalian bisa melihat kotoran dan debut lebih baik.

2. Pakai kain microfiber

Kain ini lembut dan kering dan serupa dengan kain yang digunakan untuk membersihkan kacamata. Kain ini cocok untuk layar LCD karena tidak meninggalkan sisa benang.

3. Bersihkan layar

Gunakan kain microfiber dengan lembut untuk membersihkan layar dari kotoran dan noda yang terlihat.

-Jangan tekan layar terlalu keras jika kotoran atau noda tidak bersih seketika. Gunakan langkah selanjutnya yang diterangkan di bawah.

-Jangan gunakan handuk kertas, kertas toilet atau kaos bekas sebagai kain pembersih. Materi-materi ini lebih kasar dibandingkan kertas microfiber dan bisa menggores layar dan meninggalkan bekas benang.

4. Uji layar

Jika sekarang terlihat bersih, mungkin kalian tidak perlu mencucinya. Jika kalian melihat ada percikan air, tumpukkan debu atau kotoran lain, gunakan metode di bawah untuk membuat TV layar datar lebih bersih.

5. Bersihkan frame layar

Frame plastik keras pada TV tidak begitu sensitif. Gunakan kain microfiber atau kain lap untuk membersihkannya.

Metode 2 Cuci dengan air cuka

1. Matikan TV

Matikan TV karena kalian tentunya tidak ingin merusak piksel TV bila membersihkan TV saat menyala. Mematikan TV juga menolong kalian melihat layar lebih jelas.

2. Buat air campuran air cuka dan air

Air cuka adalah deterjen alaami sehingga lebih murah dan aman digunakan dibandingkan pembersih lain. Campurkan cuka dengan air dengan perbandingan 50: 50.

3. Celupkan kain microfiber ke dalam campuran air cuka

Celupkan kain microfiber ke dalam campuran air ini dan bersihkan layar dengan lembut. Jika perlu, gunakan sedikit tekanan dan usap bagian-bagian yang perlu dibersihkan secara ekstra dengan gerakan melingkar.

-Jangan cipratkan atau oleskan larutan cuka ini langsung ke layar TV. Hal ini bisa merusak layar TV secara permanen.

-Jika kalian lebih memilih membeli cairan pembersih layar LCD, biasanya tersedia di toko-toko komputer.

-Jangan memakai cairan pembersih yang mengandung amonia, ethyl alcohol, acetone atau ethyl chloride. Zat-zat kimia ini bisa merusak layar.

4. Gunakan kain microfiber lain untuk mengeringkan layar

Bila kalian menunggu layar kering sendiri, ada kemungkinan cairan itu meninggalkan sisa noda. Oleh karena itu keringkan dengan kain microfiber lain.

5. Cuci frame layar TV

Jika frame layar perlu dibersihkan lebih, celupkan handuk kertas ke dalam cairan cuka dan gunakan untuk membersihkan frame layar. Gunakan handuk kertas kering untuk mengeringkan layar.



Diposting pada tanggal 2017-01-07 18:05:55. Dilihat sebanyak 90 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: