Tips Untuk Tetap Aman Saat Chat Di Facebook Messenger

facebook chat

Facebook sekarang menyediakan fitur untuk membuat pesan-pesan kita lebih aman dengan memperkenalkan fitur end-to-end encryption di dalam aplikasi chat Messenger. Fitur ini dirilis awal tahun ini, dan diuji pada pertengahan tahun. Sekarang fitur tersebut tersedia untuk 1 milyar pengguna Facebook Messenger.

End-to-end encryption berarti chat kalian terenkripsi dari satu perangkat ke perangkat lain jadi chat kalian tidak bisa diakses atau dilihat oleh siapapun kecuali pengirim dan penerima. Enkripsi baru Facebook ini juga disebut Secret Conversation.

Cara mengaktifkan fitur end-to-end encryption

Menghidupkan pilihan Secret Conversation mudah dilakukan. Ada dua cara untuk melakukannya.

Mengaktifkan end-to-end encryption dalam chat:

1. Bukalah jendela chat Messenger.

2. Sentuh lingkaran dengan huruf “I” di sebelah kiri atas layar.

3. Pilih “Secret Conversation” dari menu Settings dan sebuah jendela popup akan menanyakan “Turn on Secret Conversations?”

4. Pilih “Turn On”.

Kalian juga bisa memulai Secret Conversation dari home screen:

1. Sentuh simbol + atau plus

2. Sentuh ikon kunci

3. Pilih orang yang ingin kalian kirim pesan

Sekarang percakapan kalian dilindungi fitur end-to-end encryption. Kalian perlu menghidupkan pilihan ini untuk setiap chat atau fiturnya tidak aktif.

Pasang timer

Kalian bisa membuat pesan kalian lebih aman dengan menggunakan opsi Secret Conversation. Sentuh ikon clock atau jam di kotak teks dan pilih berapa lama pesan kalian akan tampil. Pilihan beragam mulai dari satu hari hingga lima detik. Begitu waktu habis, pesan itu akan menghapus diri sendiri dan menghilang.

Hapus Secret Conversations

Jika kalian tidak ingin menggunakan timer, kalian bisa menghapus percakapan secara manual. Ditambah, tidak ada cara untuk mematikan Secret Conversations. Pilihan satu-satunya adalah untuk menghapus chat kalian dan mulai yang baru tanpa menghidupkan pilihan enkripsi.

Cara menghapus Secret Conversation:

1. Sentuh ikon orang yang diajak chat

2. Sentuh Secret Conversations

3. Sentuh Delete Secret Conversations

4. Sentuh Delete All

Kelemahan secret conversation

kelemahan Secret Conversation adalah kalian hanya bisa chat menggunakan perangkat yang kalian pakai saat menghidupkan pilihan enkripsi ini. Untuk chat dengan orang yang sama menggunakan perangkat yang berbeda, kalian perlu memulai Secret Conversation baru.

Selain itu, pilihan enkripsi ini tidak bekerja untuk setiap jenis konten yang kalian kirim. Pilihan ini hanya bekerja untuk pesan, foto, gambar dan sticker. Tapi video, GIF, pesan suara dan video calling atau pembayaran tidak bisa dilindungi fitur ini.

Kalian butuh pulsa internet atau pulsa telepon? Portal Pulsa menyediakan pulsa operator seluler dengan harga terjangkau yang akan mendukung aktifitas streaming kalian.



Diposting pada tanggal 2016-12-29 15:03:04. Dilihat sebanyak 58 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: