Cara Membuat Filter Air Sederhana Untuk Air PDAM

filter air pdam

Air PDAM cocok digunakan di tempat-tempat di mana pembangunan terjadi begitu cepat sehingga air tanah terus menerus digunakan. Di beberapa daerah, PDAM mengambil air dari waduk atau sungai besar. Idealnya para pelanggan PDAM bisa menggunakan air yang bersih dan bisa dikonsumsi. Para pelanggan hanya tinggal menggunakannya untuk dikonsumsi atau untuk keperluan lain seperti mencuci dan lain-lain.

Tapi di beberapa daerah, air PDAM tidak begitu bersih dan beberapa bahkan tidak layak konsumsi. Pada 2013, dalam acara  'Peran Vital Air Minum Bermineral bagi Tubuh Kita' yang digelar di auditorium RSPT Unair Surabaya, ahli gizi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Dr Ir Annis Catur Adi Msi mengatakan air PDAM ada yang tidak layak dikonsumsi. Dosen dan Kepala Departemen Gizi FKM itu juga menyatakan jika air PDAM perlu perlakuan khusus misalnya diendapkan semalam. Dari endapan itu, air bagian ataslah yang akan dikonsumsi.

Bila, air PDAM begitu kotor, dia menyarankan untuk tidak meminumnya. Tapi hanya dipakai untuk keperluan seperti mandi, MCK dan sejenisnya. Jika air PDAM di tempat kalian tidak bersih, ada sebuah cara untuk membuat filter sederhana untuk dipakai menyaring air. Berikut ini caranya:

Bahan-bahan:

1.Kran air

2.Satu buah botol air mineral atau minuman kosong. Anda bisa memilih yang terbuat dari plastik atau bahan lain. Misalnya botol bekas Aqua atau Mizone.

3.Kapas bersih dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi isi botol. Kalian bisa membelinya di apotik.

Cara membuat filter air sederhana:


1. Bersihkan botol dengan air dan sabun. Ingatlah untuk membersihkan botol hingga benar-benar bersih. Pastikan tidak ada jejak bau sabun dan bau lainnya.

2. Buatlah lubang di bawah botol, kira-kira sebesar jari telunjuk.

3. Masukkan kapas hingga memenuhi seluruh botol. Supaya filter ini bisa bekerja, isi botol harus benar-benar dipenuhi kapas.

4. Temukan cara supaya botol bisa digantungkan di bawah mulut kran air PDAM yang kalian gunakan. Dengan demikian kalian bisa memfilter air itu secara praktis.

5. Buka kran dan biarkan air mengalir memasuki botol.

6. Air yang mengalir melewati botol adalah air yang terfilter. Tampunglah air ini.

7. Air yang terfilter bisa digunakan untuk dikonsumsi.


Kapas dalam botol sebaiknya diganti bila sudah kotor. Ganti kapas dengan yang baru dan bersih. Filter air ini hanya lah salah satu filter sederhana yang bisa kita buat. Ada banyak cara lain untuk membuat filter lain yang bisa kita pelajari.


Portal Pulsa menyediakan layanan pembayaran PPOB untuk transaksi PDAM, token PLN, dan tagihan listrik.



Diposting pada tanggal 2016-12-07 14:44:38. Dilihat sebanyak 31 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: