Berbagai Tips Untuk Hemat Air Dan Listrik Di Kamar Mandi

hemat listrik kamar mandi


Untuk ruangan yang kecil, kita menghabiskan banyak energi listrik di kamar mandi. Mulai dari mandi hingga sikat gigi. Tapi ada berbagai cara untuk menghemat energi listri di kamar mandi.

Hemat air

Menghemat air tidak hanya menghemat tagihan listrik, tapi juga menghemat tagihan PDAM jika Anda berlangganan. Berikut ini beberapa tips untuk menghemat air di kamar mandi:

-Tambahkan showerhead beraliran rendah. Dengan showerhead Anda akan menghemat air saat mandi.

-Tambahkan aerator pada kran air. Alat ini bisa membatasi aliran air menjadi serendah 0,5 galon air per menit. Dengan demikian penggunaan air bisa dihemat.

-Mandi lebih singkat. Hitung waktu mandi Anda dan cobalah untuk mandi lebih singkat. Hal ini biasanya mudah diterapkan untuk anak-anak kecil. Cara lain, gunakan showerhead untuk beberapa tugas seperti bercukur, mencuci wajah dan lain-lain.

-Jangan menyalakan air saat mencukur atau gosok gigi.

-Jangan menyalakan air saat mencuci tangan. Ajarkan anak-anak yang masih kecil cara ini: basahi tangan, matikan kran air, pakai sabun, nyanyikan lagu sembari memastikan sabun itu menjangkau bagian-bagian tangan yang perlu dibersihkan, nyalakan air lalu bilas tangan.

-Gunakan showerhead saat mandi. Jangan berendam di bak karena mengisi bak mandi bisa membuang banyak air.

-Gunakan toilet baru. Toilet duduk model lama yang diproduksi sebelum 1995 ternyata menghabiskan 5 galon air sekali siram. Toilet duduk model baru menghabiskan 1,6 galon air sekali siram.

-Perbaiki pipa, keran atau toilet yang bocor. Departemen Energi Amerika Serikat (AS) memperkirakan satu tetes air yang bocor per detik membuat orang rugi Rp 13 ribu per bulan.

Hemat listrik

-Gantikan lampu pijar. Ganti lampu jenis ke lampu CFL, bisa menolong Anda hemat ratusan ribu per tahun. Banyak kamar mandi perlu beberapa lampu, memakai CFL jelas akan menghemat lebih banyak uang.

-Ganti kipas ventilasi jika kamar mandi menggunakannya. Pastikan kipas ventilasi itu ukurannya sesuai dengan kamar mandi juga memiliki sertifikasi Energy Star, sehingga efisiensinya maksimal.

-Jangan tancapkan kabel charger peralatan rechargeable sepanjang waktu. Misalnya kalian memakai sikat gigi atau alat cukur elektrik, hanya isi baterainya jika sudah hampir kehabisan dan cabut jika sudah dicharge penuh.

-Kurangi penggunaan peralatan-peralatan rambut. Apakah Anda perlu meluruskan rambut setiap hari atau mengeringkan rambut setiap hari? Cobalah mengeringkan rambut secara alami terutama saat cuaca sedang panas.



Diposting pada tanggal 2016-12-10 15:47:30. Dilihat sebanyak 23 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: