7 Cara Menghemat Pulsa Internet

cara hemat kuota internet
 
 
Kehabisan pulsa internet saat dikantong baru kosong memang menyedihkan, betul kan? Nah solusinya ada dua;  tambah penghasilan kamu, misalnya dengan bisnis jualan pulsa dan hemat pemakaian pulsa internet. Mana yang kamu pilih? Jika saat ini kamu ingin berbisnis pulsa silahkan baca artikel ini. Tapi jika ingin menghemat pulsa internet, baca artikel ini sampai selesai.
 
Menghemat kuota / pulsa internet diperlukan kedisiplinan agar penghematan yang kita lakukan terasa. Hal yang sering terjadi adalah kita keasyikan browsing atau streaming musik hingga kehabisan kuota. Jadi, stop kebiasaan seperti ni. Mulai sekarang lebih teliti dan tertib saat menggunakan kuota internet.
 
Nah, simak 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pulsa internet dari Portal Pulsa - distributor pulsa terpercaya kamu!
 
1. Gunakan pulsa internet saat diperlukan atau gunakan wifi gratis
 
Saat tidak butuhkan, kamu harus siap menonaktifkan koneksi internet kamu. Misalnya saat tidur, sedang bekerja atau saat melakukan aktifitas lain.
 
Satu tips menarik yang bisa kamu coba! Aktifkan koneksi internet saat membuka email atau berburu wifi gratis. Semakin sering kamu melakukan ini, semakin hemat pemakaian kuota internet kamu.
 
2. Ubah fitur Maps ke Mode Offline
 
Jika kamu menggunakan Maps, ubahlah fitur maps ke mode offline. Perlu kamu catat Maps banyak menguras data bila menggunakan layanan built-in navigation, turn-by-turn directions. Pun ketika melihat traffic secara real time atau melihat map dengan mode satellite, kuota internet kamu bakal lebih boros.
 
Bagaimana caranya? Bagi platform Android, setting dibagian Search Bar di atas aplikasi Maps kemudian pilih `Save map to use offline’. Sedangkan untuk platfom iOS, kamu bisa mengubahnya dengan setting flight mode
 
3. Install aplikasi "Mailbox" untuk keperluan email
 
Email pun terkadang bisa menyita banyak kuota, apalagi kamu sering membuka email dengan mengunduh dan mengunggah file attachment.  Solusinya, kamu bisa mengunduh aplikasi Mailbox dari Dropbox yang telah tersedia baik diplatfom Android dan iOS.
 
Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menyimpan data yang seharusnya tidak tersedot ketika menggunakan email. So, kuota internet kamu akan lebih hemat.
 
4. Install browser dan "setting" 
 
Aplikasi browser default bawaan handphone cenderung lebih boros dalam pemakian data. Nah, solusinya kamu harus menggantinya dengan browser yang lebih efisien seperti Opera Mini.
 
Browser ini terbukti mampu menyimpan kuota data internet Anda secara primer dengan mengompres website yang Anda kunjungi. Pun dengan hadirnya fitur data-saving `video boost`, kamu bisa mengurangi proses buffer dan mampu mengoptimalkan kualitas gambar tanpa perlu menyedot data internet yang besar.
 
Alternatif lain gunakan browser Google Chrome, tapi kamu perlu setting sendiri untuk mematikan data saving. Caranya adalah buka Chrome, sentuh ikon tiga titik di kanan atas, pilih Settings, lalu sentuh Bandwith dan pilih Data Saver
 
5. Non akfitkan fitur sinkronisasi yang tidak diperlukan
 
Terlalu banyak data atau aplikasi yang membutuhkan sinkronisasi tentu menyedot pulsa internet secara signifikan.  Bila tidak perlu, segera matikan. Caranya masuk ke menu Settings > Accounts > kemudian pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. 
 
6. Hindari auto update untuk aplikasi
 
Jangan sering-sering update aplikasi jika tidak urgent. Ketika masih bisa digunakan, usahakan jangan melakukan update. Atau kamu bisa melakukan update jika terkoneksi dengan wifi.  
 
Kadang kita tak sadar ternyata smartphone kita tersetting autoupdate dan inilah salah satu faktor yang sering menghabiskan kuota internet. 
 
Pastikan kamu mengubah pengaturan update aplikasi dengan via WiFi yang gratis. Caranya masuk ke Play Store dan pilih menuSettings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only. Dengan hal ini maka kuota Anda akan menjadi jauh lebih hemat.
 
Dengan cara ini, aplikasi hanya akan ter-update saat kamu terkoneksi dengan WiFi.
 
7. Gunakan aplikasi untuk kompresi data
 
Satu tips cerdas yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota internet adalah dengan menggunakan aplikasi yang bisa melakukan kompresi data. Misalnya dengan Onavo Extend, aplikasi ini bekerja dengan cara menganalisa semua aplikasi yang ada pada perangkat Android kita. Saat ini Onavo Extend belum dapat melakukan kompresi video, kinerja aplikasi ini masih mampu menjadi pilihan yang tepat untuk penghematan kuota internet.
 
Itulah tips menghemat pulsa internet dari kami, semoga bermanfaat. Dan..ingat ketika beli pulsa ... Portal Pulsa solusinya! Agen pulsa terpercaya yang memberi banyak benefit.
 
 

Diposting pada tanggal 2016-11-16 20:20:16. Dilihat sebanyak 92 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: