5 Alasan Kenapa Harus Bekerjasama Dengan Kompetitor

kerjasama binis

Sepertinya ide menolong kompetitor dalam bisnis pulsa adalah ide yang aneh. Dalam dunia bisnis, ternyata ada beberapa cara di mana menolong pesaing kita justru membuat kita memperoleh lebih banyak uang. Bahkan kita bisa belajar banyak soal bisnis dengan menolong pesaing kita.

Percaya atau tidak, menolong pesaing atau kompetitor bisa bermanfaat. Berikut ini alasannya:

1. Pesaing bisa menjadi mentor

Bila pesaing kita sudah lebih dulu terjun dalam bisnis pulsa, dia atau mereka bisa menjadi mentor kita dalam bisnis ini. Tentunya tidak semua pesaing mau terbuka mengajari kita seluk beluk bisnis ini. Tapi inilah alasan dan keuntungan kenapa kita menolong pesaing kita, supaya kita bisa belajar soal bisnis darinya. Ada banyak contoh nyata di mana kompetitor justru menjadi mentor dari bisnis seseorang.

Oleh karena itu, daripada mengambil sikap memusuhi dan menghancurkan pesaing, lebih baik buka kesempatan untuk berkomunikasi dengan bersahabat. Jadikan hal ini kebiasaan dalam cara kita berbisnis.

2. Kompetitor bisa membeli bisnis kita

Dalam dunia bisnis, tidak baik untuk menutup pintu komunikasi. Hal ini karena kita tidak pernah tahu apa yang terjadi pada bisnis kita di masa mendatang. Google, contohnya, sukses seperti sekarang ini karena mereka membeli berbagai startup. Sebelumnya berbagai startup itu adalah pesaingnya.

Hal yang sama juga terjadi dalam bisnis pulsa. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Siapa tahu kita akan membutuhkan bantuan dari pesaing kita atau menjual bisnis kita kepada mereka. Oleh karena itu bukalah semua jalur komunikasi dan bersikaplah bersahabat.

3. Berbagi informasi bisa saling menguntungkan

Setiap bisnis bisa sukses karena mereka mengerjakan sesuatu dengan baik. Tapi tidak bisa dipungkiri selalu ada bagian-bagian lemah dalam bisnis. Dalam hal inilah pesaing bisa masuk dan menolong. Jika kalian bisa bertukar informasi terkait rahasia bisnis kepada kompetitor, akan ada masanya di mana kalian memperoleh pertolongan yang sama. Pada akhirnya kedua bisnis bisa memperoleh manfaat.

4. Berpengaruh positif terhadap industri secara keseluruhan

Organisasi dagang ada supaya para pebisnis bekerja bersama untuk memastikan industri bisnis yang mereka geluti terwakili dan dikenal masyarakat. Berbagi informasi dengan bisnis lain dalam industri yang sama bisa memastikan tujuan ini tercapai. Jika industri bisnis pulsa secara keseluruhan terlihat baik, maka pada akhirnya bisnis kalian secara individu bisa merasakan manfaatnya.

5. Berbagi lebih baik daripada memusuhi

Dalam pengalaman hidup saat kita berbagi dengan cara mengajar, kita justru memperoleh lebih dibandingkan bila kita memusuhi. Tentu saja bukan berarti kita berbagi rahasia yang membuat kita menjadi berbeda dengan pesaing. Menolong pesaing bukan berarti kita harus memkompromikan bisnis atau integritas kita.



Diposting pada tanggal 2017-02-11 21:46:14. Dilihat sebanyak 613 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: