Kesalahan Dasar Finansial Yang Sering Terjadi Dalam Bisnis

kesalahan dalam bisnis

Banyak orang yang memulai bisnis baru termasuk bisnis pulsa kesulitan dalam mengelola keuangan terutama di masa-masa awal. Padahal pengelolaan keuangan adalah hal yang benar-benar penting untuk kesuksesan bisnis kalian. Portal Pulsa sebagai agen pulsa terpercaya kali ini akan membahas kesalahan-kesalahan yang umum dilakukan dalam pengelolaan keuangan dan bagaimana cara mengatasinya:

Tidak memiliki rencana keuangan yang jelas

Membuat rencana keuangan yang jelas dari hari pertama akan menolong kalian tahu jalur yang benar. Selain itu rencana ini menolong kita tahu jika uang digunakan untuk bagian-bagian paling penting dari bisnis pulsa. Dengan demikian kita bisa mengoptimalkan keuntungan dan memperoleh pengembalian modal dengan cepat.

Mengembangkan rencana keuangan yang jelas juga akan menolong kalian menghindari kesalahan umum di mana kita sibuk dengan pekerjaan sehari-hari dan lupa mencoba mencapai tujuan bisnis yang lebih besar. Sebuah rencana finansial termasuk prediksi cash flow yang detil akan menolong kalian tahu posisi kalian, membuat rencana berikutnya dan membuat bisnis pulsa kalian maju ke depan.

Tidak memahami cash flow

Aliran dana (cash flow) yang baik membuat bisnis kalian berkembang. Tapi banyak pengusaha baru yang gagal pentingnya hal ini. Aliran dana yang buruk bisa melumpuhkan bisnis pulsa yang kalian jalani dan juga berarti kalian tidak punya cukup uang untuk mengembangkan bisnis. Jadi pastikan kalian membuat aturan yang jelas dengan mengatur keuangan. Misalnya, kadang-kadang kita tidak mencatat pemasukan dan pengeluaran dengan teliti. Tidak menyiapkan nota dan prosedur tagihan kepada pembeli atau rekan bisnis sehingga mereka tidak tahu jika ada yang berhutang pada mereka.

Tidak paham akuntansi

Banyak pengusaha baru bahkan tidak tahu atau memahami cara mencatat keuangan secara dasar. Mereka juga tidak paham istilah-istilah akuntasi dasar misalnya penghasilan bersih, keuntungan bersih, cash flow, dan neraca keuangan. Andaikata ada orang lain yang mengurusi keuangan bisnis kalian, kalian sebaiknya tetap mempelajari dan memahami hal-hal ini.

Tidak sadar pentingnya pengelolaan uang

Banyak bisnis dan pengusaha baru menyadari dampak pengelolaan keuangan yang buruk setelah terlambat. Dengan bersikap serius terkait pengelolaan keuangan dari awal bahkan bila perlu meminta bantuan profesional, kalian bisa menghentikan masalah-masalah yang mengancam keberlangsungan bisnis dari awal. Masalah-masalah itu misalnya masalah aliran dana, keputusan investasi yang buruk dan lain-lain.

Mencampur uang pribadi dan bisnis

Kesalahan orang-orang yang memiliki bisnis sampingan pulsa adalah mencampur antara uang pribadi dan uang untuk bisnis. Padahal penting bagi kalian untuk memisahkan keduanya. Lebih baik kalau kalian punya rekening tabungan khusus untuk bisnis pulsa. Simpanlah catatan keuangan dan dokumentasi penting terkait bisnis pulsa sejak hari pertama.

Sekarang ini ada banyak informasi di internet terkait pengelolaan keuangan yang baik. Informasi ini bisa didapatkan secara gratis. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis pulsa, pelajarilah segala seluk beluk keuangan untuk bisnis. Jika kalian sudah menjalani bisnis pulsa, dan melihat manajemen keuangan kalian masih buruk maka segeralah perbaiki sebelum terlambat.



Diposting pada tanggal 2017-01-20 17:58:40. Dilihat sebanyak 405 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: