Koneksi Internet Smartphone Mati? Ini Solusinya!

 


mengatasi koneksi smartphone mati


Koneksi internet merupakan salah satu fitur penting dari smartphone. Saat kita kehilangan koneksi ini, saat itulah baru kita menyadari betapa pentingnya internet. Beberapa smartphone bahkan terkesan tidak berarti atau tidak bisa digunakan tanpa internet. Lantas bagaimana caranya mengatasi masalah jika tiba-tiba koneksi internet di smartphone mati?

Cara paling sederhana

Beberapa orang mungkin akan mencibir kita saat kita mengatakan jika solusi pertama adalah merestart atau mereboot smartphone dan mencopot dan memasang kembali kartu SIM. Tapi hal inilah yang harus kita coba saat kita mengalami masalah dengan koneksi internet. Sebelum melakukannya cobalah langkah-langkah berikut ini terlebih dulu:

-Sebelum merestart, nyalakan Airplane Mode

-Tunggu 30 detik, lalu matikan Airplane Mode

-Jika koneksi internet masih belum tersambung, nyalakan kembali airplane mode, matikan smartphone, tunggu semenit, nyalakan smartphone, matikan airplane mode, tunggu 30 detik, lalu nyalakan koneksi internet

Jika cara ini gagal, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Apakah kalian punya batasan data?

Setiap smartphone Android mengizinkan kalian memasang sendiri batasan kuota internet dan akan memperingatkan jika kalian telah atau akan mencapai batasan ini. Untuk mengecek jika fitur ini diaktifkan:

1. Buka menu “Settings—Mobille Data/ Data Usage” (tergantung dari smartphone kalian).

2. Kalian akan melihat sebuah grafik tentang penggunaan data kalian bersama beberapa menu settings. Pastikan batasan data ini sesuai dengan kuota paket internet kalian. Caranya dengan menggeser garis horizontal pada grafis itu naik atau turun.

3. Cara lain, kalian bisa mematikan batasan limit dengan tidak mencentang kotak “Limit mobile data usage”.

Reset APN kalian


APN atau Access Point Names adalah cara yang digunakan operator seluler kalian menghubungkan smartphone ke internet. Dalam menu APN, terdapat pengaturan alamat IP dan gateways. Nah, kadang-kadang terjadi error dalam pengaturan sehingga smartphone kita tidak terhubung. Cobalah mengecek hal ini:

1. Buka menu “Settings—Mobile Data/Wireless Controls/ Wireless & Networks.”

2. Sentuh menu “Mobile Networks—Access point names.”

3. Kalian harusnya melihat daftar APN (mungkin cuma satu jaringan). Sentuh ikon menu di bagian kanan atas, lalu pilih “Reset to default.”

Masukkan settings APN secara manual

Bisa jadi setelah kalian mengupgrade Android kalian, setting APN kalian kacau. Jika cara reset biasa tidak bisa mengatasi masalah kalian. Maka langkah berikutnya adalah memasukkan alamat APN secara manual.

1. Ulangi langkah pertama dan kedua di atas.

2. Sentuh ikon “+” atau tombol menu tiga titik, lalu pilih “New APN”.

3. Masukkan semua detil APN operator seluler yang kalian pakai. Untuk mengetahui informasi APN ini, carilah informasinya di internet memakai koneksi internet lain.

4. Simpan setting APN baru kalian, lalu pilih setting ini untuk koneksi internet di smartphone.



Diposting pada tanggal 2017-01-18 21:33:43. Dilihat sebanyak 280 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: