Cara Mengamankan Akun Yahoo

mengamankan akun yahoo




September tahun lalu, Yahoo mengungkap jika terjadi sebuah pembobolan sistem mereka yang menyebabkan data 500 juta pengguna bocor. Setelah itu bulan Oktober 2016, perusahaan itu mengungkap jika terjadi hack lagi. Kali ini, ada sekitar 1 miliar akun Yahoo terkena dampaknya.

Jika Anda termasuk pengguna Yahoo, akun Anda mungkin juga terkena. Pembobolan ini mengungkap nama, alamat email, nomor telepon, tanggal kelahiran, password terenkripsi dan pertanyaan keamanan. Lantas bagaimana caranya supaya Anda bisa memastikan jika akun Anda aman? Kali ini Portal Pulsa sebagai agen pulsa terpercaya akan membahas langkah-langkahnya.

Log in ke dalam akun Yahoo

Langkah ini mungkin terlihat sebagai sesuatu yang jelas, tapi Anda mungkin sama seperti orang lain, tidak menggunakan Yahoo Mail sebagai email utama. Yahoo memiliki 1 miliar pengguna aktif bulanan pada layanan mereka dan hanya 225 juta pengguna yang aktif menggunakan layanan email.

Jadi cek email Yahoo. Yahoo sudah mulai mengirim notifikasi kepada para pengguna dan jika Anda menerimanya, berarti akun Anda termasuk salah satu korban hack.

Ubah password

Jika kalian belum mengubah password selama beberapa tahun terakhir, ubahlah sekarang. Perusahaan itu berkata jika para hacker mencuri data terenkripsi dengan alat bernama bcrypt. Tapi kepala eksekutif FIDO Alliance, Brett McDowell, mengatakan enkripsi ini mungkin bisa dibobol jika para hacker untuk giat mencobanya.

Dan jika para pengguna menggunakan password yang gampang ditebak, maka kemungkinan besar password mereka sudah bocor. “Para pengguna Yahoo dengan password yang lemah atau gampang ditebak harus berjaga-jaga,” kata Brett.

Apakah password itu digunakan di tempat lain?

Para pengguna internet biasanya memiliki kebiasaan ini: menggunakan password untuk berbagai akun berbeda. Dan hal ini adalah kebiasaan buruk. Jika kalian menggunakan password Yahoo untuk akun berbeda, maka gantilah juga password akun itu. Para hacker yang memiliki password kalian bisa mencoba password yang sama untuk berbagai situs berbeda misalnya situs bank yang kalian pakai. Tujuannya tentu saja untuk mencuri data dari akun Anda di situs-situs lain.

Ubah pertanyaan keamanan dan jawabannya

Karena pembobolan ini terungkap jika pertanyaan keamanan pada Yahoo tidak terenkripsi. Oleh karena itu ubahlah pertanyaan keamanan kalian. Jika kalian menggunakan pertanyaan ini pada layanan atau situs lain, ubahlah juga.

Hal ini mungkin merepotkan, tapi akan menjamin keamanan akun di masa mendatang. Pertanyaan keamanan seringkali digunakan untuk menverifikasi identitas dan memperoleh akses masuk ke akun itu tanpa perlu verifikasi email.

Mampukan verifikasi dua langkah

Jika kalian tetap menggunakan akun Yahoo, mampukan verifikasi dua langkah. Fitur ini tersedia di Yahoo. Verifikasi dua langkah berarti setelah kalian login dengan password, Yahoo akan mengirim SMS berisi kode keamanan ke nomor HP yang kalian masukkan. Kalian perlu memasukkan kode keamanan ini untuk masuk ke dalam email Yahoo.

Dengan fitur ini, sekalipun orang mengetahui password Anda, mereka tidak bisa masuk kecuali jika memiliki ponsel dengan nomor yang kalian cantumkan di akun Yahoo.

Hapus semua akun lama yang tidak digunakan

Untuk menjaga keamanan lebih lanjut, lebih baik menghapus akun-akun lama yang tidak kalian pakai di berbagai situs. Tujuannya jika salah satu akun itu dibobol, kalian tidak perlu bingung jika akun-akun lain juga ikut dihack. Hal serupa berlaku untuk akun Yahoo kalian. Jika akun kalian di Yahoo jarang atau tidak pernah dipakai, lebih baik dihapus saja.



Diposting pada tanggal 2017-01-18 21:26:08. Dilihat sebanyak 361 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: