Tips Menggunakan Internet Banking Dengan Aman

tips aman online banking

Menurut hasil penelitian yang dilakukan Pay Your Way, beberapa orang masih takut menggunakan online banking di smartphone atau komputer karena masalah keamanan. Selain itu, satu dari tujuh orang juga mengaku merasa hidup mereka terkekang oleh ketakutan mereka terhadap kemajuan teknologi. Satu dari sepuluh orang secara aktif menghindari internet banking sama sekali karena ketakutan mereka.

Bank-bank yang ada terus berusaha memastikan jika online banking yang mereka tawarkan aman. Hal ini termasuk dengan cara membuat situs mereka terenkripsi, memiliki log out yang terjadwal, deaktivasi detil login jika salah memasukkan password dan banyak cara lain.

Lantas bagaimana caranya supaya kita bisa menggunakan online banking dengan aman:

-Pastikan komputer atau smartphone kalian memiliki software antivirus yang terupdate, operating system (OS) yang terupdate, firewall dll dan pastikan kalian menyetel keamanan browser kalian dengan tingkat keamanan yang tinggi.

-Waspadalah jika ada email atau panggilan telepon mengaku dari bank meminta PIN atau password. Pihak bank atau polisi tidak akan pernah meminta password atau informasi lain tentang akun bank kalian.

-Sebuah gembok terkunci atau simbol kunci yang tidak terbuka seharusnya muncul di jendela browser saat kalian membuka situs bank kalian. Alamat situs juga harusnya berubah dari “http” menjadi “https” saat kalian login.

-Saat membuat pembayaran, selalu pastikan jika kalian memasukkan nomor rekening dan kode PIN yang benar.

-Jangan pernah tinggalkan komputer atau smartphone kalian saat log in di situs bank atau aplikasi bank online kalian. Setelah selesai transaksi segeralah log out terutama jika kalian menggunakan komputer umum.

-Periksalah laporan bank secara teratur. Jika kalian melihat ada yang aneh, segeralah kontak bank kalian segera.

-Waspadalah jika kalian melihat ada jendela yang muncul tiba-tiba di browser selama kalian menggunakan online banking di komputer.

-Berhenti dan pikirkan kembali langkah-langkah yang biasanya kalian lakukan saat melakukan pembayaran terhadap seseorang dengan online banking. Jika ada langkah berbeda, curigalah dan hentikan transaksi kalian.

-Para penipu kadang-kadang berusaha membujuk orang melakukan pembayaran dengan online banking, tapi mengaku jika mereka hanya ingin melakukan tes.


Nah, setelah tahu tips-tips di atas supaya tetap aman selama melakukan online banking, kalian tidak perlu takut dalam membeli pulsa online atau voucher game yang ditawarkan Portal Pulsa lewat online banking.



Diposting pada tanggal 2016-12-06 11:34:28. Dilihat sebanyak 376 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: