4 Cara Cerdas Untuk Ajukan Kredit Mobil

tips kredit mobil


 


Berbeda dengan yang biasanya diyakini orang, mobil ternyata bukanlah bentuk investasi yang baik. Harga mobil menurun dengan cepat oleh karena itu mengajukan kredit untuk membeli mobil baru bukanlah hal yang bijaksana untuk beberapa orang.

Tapi tidak bisa dipungkiri beberapa orang memerlukan mobil untuk pekerjaan mereka. Tentunya untuk kasus ini ada beberapa pertimbangan yang berbeda. Ada beberapa cara cerdas supaya kita bisa mengajukan kredit mobil tanpa membuat keuangan kita menderita.

1. Periksa kondisi keuangan kita

Sebelum mengajukan kredit mobil, kita harus mengecek kondisi keuangan kita terlebih dulu. Jika ada cicilan yang kita miliki saat ini, apakah kita membayarnya secara teratur? Apakah jumlah total cicilan kita lebih dari 30% dari penghasilan kita? Bagaimana dengan cicilan sebelumnya, apakah kita bisa menyelesaikannya dengan baik? Dealer mobil pastinya akan mengecek reputasi kita untuk memastikan jika kita bisa membayar cicilan mobil yang kita ajukan.

Biasanya orang yang memiliki reputasi keuangan yang baik, memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima pengajuan kredit mobilnya.

2. Pilihkan jangka kredit yang paling pendek

Cicilan jangka pendek berarti bunga yang lebih rendah tapi cicilan bulanan yang lebih besar. Saat Anda pergi ke dealer mobil dan ingin mengajukan kredit mobil, sales mobil yang cerdas akan menawarkan cicilan berdasarkan pembayaran bulanan yang Anda inginkan dan bukan berdasarkan harga mobil secara keseluruhan. Mereka biasanya menawarkan cicilan bulanan yang lebih rendah supaya jangka cicilan lebih panjang. Sehingga harga mobil yang Anda bayar lebih mahal karena bunganya lebih besar. jika Anda ingin membayar mobil lebih murah, pilihlah cicilan jangka pendek dan pembayaran bulanan lebih besar.

3. Uang muka 20 persen

Cobalah membayar uang muka 20 persen atau lebih dari harga mobil selain memilih cicilan jangka pendek. Biasanya mereka yang memiliki reputasi keuangan yang baik tidak diharuskan untuk memberikan uang muka. Tawaran ini menggiurkan, tapi beresiko karena Anda berutang uang yang lebih banyak dari harga mobil yang sesungguhnya. Uang muka atau down payment yang lebih besar memastikan jumlah utang yang harus kalian bayar lebih kecil.

4. Bayar pajak dan biaya ekstra lainnya secara tunai

Jangan sampai berutang uang untuk pembayaran lain yang melibatkan mobil baru itu. Pembayaran ini termasuk pajak mobil, BPKB, dan lain-lain. Sebisa mungkin bayar semua biaya ini dengan uang sendiri secara tunai. Dengan demikian hutang Anda akan berkurang.

Butuh membayar cicilan mobil atau motor Anda? Portal Pulsa melayani pembayaran PPOB untuk cicilan kredit motor atau mobil.  



Diposting pada tanggal 2016-12-10 15:36:41. Dilihat sebanyak 74 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: