Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menempelkan TV Di Dinding

tips memasang tv dinding


Menempelkan atau memasang televisi di dinding terlihat seperti sebuah ide yang bagus. Hal ini menghemat ruang di lantai dan mengangkat layar TV sehingga bisa dilihat dari seluruh ruangan. Ada beberapa hal penting yang patut dipertimbangkan sebelum melakukan hal ini:

Apakah kalian punya tempat untuk semua komponen?

Sekarang ini orang biasanya tidak hanya punya TV tapi perangkat lain seperti konsol game, kotak TV kabel, DVD. Oleh karena itu kalian perlu mempertimbangkan jika ada tempat untuk semua peralatan tambahan ini. Salah satu solusinya adalah memasang rak di bawah televisi yang ditempelkan di dinding.

Rak ini bisa juga berupa rak buku yang kita tempatkan dalam televisi untuk menampung semua peralatan ini. Untuk memasang kabel-kabel, kalian bisa membuat lubang di rak buku sebagai jalur untuk kabel-kabel itu.

Punyakah cara untuk menutupi kabel?

Kalian juga perlu mempertimbangkan segi estetika untuk semua kabel. Idealnya, dari segi estetika, semua kabel di sekitar TV bisa ditutupi dan ditata dengan rapi supaya tidak terlihat berserakan di dinding.

Ada beberapa solusi untuk hal ini:

-Memasang kabel di dalam dinding (bisa dilakukan oleh tenaga profesional)

-Memasang atau menaruh stop kontak di dekat atau di belakang televisi jadi kabel-kabel bisa ditata rapi.

-Membeli penyembunyi kabel yang bisa menyembunyikan kabel menjadi sesuatu yang lain.

-Memasang perangkat-perangkat lain tepat di belakang TV jika perangkatnya kecil dan sedikit.

Apakah tembok rumah cukup kuat?

Hal yang paling penting untuk dipertimbangkan saat menggantung televisi di dinding adalah mengetahui jika dinding itu kuat atau tidak. Bahkan TV paling ringan dan paling modern lebih berat dibandingkan lukisan yang dipajang di dinding. Lokasi yang kalian pilih untuk memasang TV perlu dinding yang kuat untuk memasang sekrup dan lain-lain.

Pakai alat-alat yang tepat

Pastikan kalian memiliki semua alat yang diperlukan untuk memasang TV di dinding. Kalian perlu bor, baut, sekrup, stud finder dan lain-lain. Jika kalian tidak memiliki alat-alat ini dan tidak ingin membelinya, kalian bisa meminjam atau menyewanya.

Apakah semua port di TV bisa diakses?

Periksalah di mana posisi semua port yang ada di TV. Jika port-port itu ada di bagian belakang TV, kalian perlu bracket TV yang bisa ditarik ke luar. Dengan demikian, kalian bisa memasang kabel di port-port yang ada di belakang TV. Jenis bracket ini juga penting jika kalian berencana untuk menambah perangkat-perangkat baru.

Apakah angle kalian?

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah angle. Jika angle peletakan TV itu tergantung dari mana kalian duduk, kalian mungkin perlu bracket TV yang bisa diputar atau dirotasi supaya TV bisa dirotasi dalam berbagai angle.



Diposting pada tanggal 2016-12-11 09:17:38. Dilihat sebanyak 72 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: