Tips Membeli Air Conditioner / AC

tips membeli ac


Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih air conditioner (AC). AC memiliki harga, efisiensi energi dan kapasitas pendinginan yang berbeda. AC modern memiliki berbagai fitur canggih yang berbeda-beda. Selain faktor-faktor ini, ukuran ruang yang perlu didinginkan dan jenis AC juga berpengaruh. Lantas bagaimana caranya kita memilih AC yang tepat untuk kebutuhan kita?


1. Belilah AC pada musim penghujan.

Karena cuaca dingin, kebanyakan orang tidak kepikiran untuk membeli AC, oleh karena itu stok AC dari beragam brand biasanya tetap tersedia.


2. Pilih model AC yang diinginkan

Ada tiga jenis AC: window, portable atau wall. Window AC adalah jenis AC yang harus dipasang di dekat jendela. Wall AC adalah jenis AC yang umumnya digunakan saat ini, dipasang di dinding. Sementara portable AC tidak perlu dipasang di dinding atau jendela. AC ini biasanya dilengkapi dengan roda dan bisa dipindah-pindah.


3. Ukur ruangan yang ingin didinginkan

Pilihkan AC dengan kapasitas pendinginan yang tepat untuk ruangan kalian. Jika ruangannya kecil, maka kalian hanya perlu membeli AC dengan kapasitas pendinginan yang kecil. Jika ruangannya besar pilih AC dengan kapasitas pendinginan yang besar.


4. Cek kapasitas pendinginannya

Ukuran atau kapasitas pendinginan AC diukur dengan ukuran BUT (british thermal unit) per jam. Semakin tinggi BTU nya berarti semakin besar kapasitas pendinginannya.


5.Bandingkan EER (Energy Efficiency Rating)

EER perlu dicantumkan pada AC modern. Rating ini untuk menentukan tingkat efisiensi energi listrik. AC dengan rating EER tinggi berarti konsumsi listriknya lebih rendah atau lebih hemat listrik.


6. Pastikan ventilasi AC bisa digerakkan atau disesuaikan

Pastikan louver atau ventilasi pada AC bisa disesuaikan atau digerakkan untuk mendinginkan ruangan lebih rata. Misalnya jika kalian memasang AC tidak di tengah ruangan tapi di sisi kanan atau kiri, louver yang bisa disesuaikan atau digerakkan bisa memastikan pendinginan lebih merata. Beberapa model AC memiliki louver yang bisa dirotasi.


7. Pertimbangkan fitur-fitur khusus

Beberapa AC punya remote control sehingga mudah diatur settingannya dari ruangan lain. Timer merupakan fitur lain yang menguntungkan. Kalian bisa memprogram tingkat kekuatan AC yang berbeda untuk waktu yang berbeda dengan timer. Kalian juga bisa mengatur supaya AC menyala sebelum kalian pulang dari kantor. Cari juga AC yang memiliki filter untuk membersihkan atau menyaring debu, bau atau alergen.

8. Cari nasehat dan masukan

Bacalah review dan perbandingan model dari sumber-sumber terpercaya dan situs yang menawarkan ulasan dari pengguna. Lihatlah jika ada keluhan terkait AC model tertentu atau dari brand tertentu. Mintalah nasehat tentang bagaimana membeli AC dari keluarga dan teman yang pernah membeli.


9. Coba AC di toko

Cobalah AC di toko untuk memeriksa tingkat kebisingan suara dan kemudahan memakainya.


10. Cari tahu bagaimana memasang AC

Beberapa AC perlu hardware tambahan atau kabel listrik 220 volt. Pastikan AC yang kalian pilih memiliki ukuran yang pas dengan jendela atau dinding. Bila mungkin, belilah di toko yang juga menawarkan layanan pemasangan AC. Kalian mungkin perlu mengeluarkan uang lebih, tapi hal ini bisa menghemat waktu dan tenaga.



Diposting pada tanggal 2017-01-13 19:10:01. Dilihat sebanyak 353 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: