Tips Memilih TV Layar Datar Dengan Teknologi Baru

tips membeli tv layar datar



Teknologi saat ini semakin maju begitu pula dengan televisi sekarang tersedia dalam berbagai macam jenis. Ada TV Plasma, LCD, LED dan lain-lain. Ukuran layarnya pun bermacam-macam. Lantas bagaimana kita memilih televisi dengan teknologi terbaru tapi tetap terjangkau? Kira-kira fitur apa yang perlu kita cari dari televisi baru? Nah bila kalian bingung, ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk memilih televisi yang sesuai dengan kebutuhan kalian:


1. Pahamilah jenis-jenis TV

Untuk televisi layar datar ada tiga jenis TV yaitu Plasma, LED dan LCD. Berikut ini penjelasan jenis televisi ini:

-Plasma TV menampilkan gambar pada layar dengan mengirim muatan listrik di antara sebuah lembaran kecil sel-sel plasma.

-TV LCD terdiri dari kristal cair yang yang ditekan di antara dua piringan kaca dan ada lampu pijar di belakangnya. Saat muatan listrik dialirkan ke kristal, sebuah gambar tercipta.

-TV LED adalah TV dengan layar LCD, tapi TV ini tidak menggunakan lampu backlight fluorescent (CCFL), tapi lampu LED.

2. Bandingkan rasio kontras

Rasio kontras menggambarkan kemampuan TV menampilkan gambar gelap dan terang pada waktu bersamaan. Semakin tinggi rasio kontras, semakin baik kualitas gambar yang ditampilkan. Jika TV kalian memiliki rasio kontras yang buruk, kalian akan kehilangan detil saat adegan-adegan film atau program TV benar-benar terang dan benar-benar gelap. Memang hal ini tidaklah begitu penting bagi beberapa orang, tapi hal ini bisa menjadi faktor alasan memilih sebuah TV. Umumnya, televisi plasma memiliki rasio kontras terbaik. Televisi backlit LED menduduki posisi kedua. Televisi edge-lit LED dan LCD memiliki rasio kontras terendah.

-Kebanyakan layar LCD memiliki rasio kontras mulai dari 600:1, sementara layar plasma mulai dari 1000:1. Keduanya bisa menawarkan rasio hingga 10.000. Akan tetapi untuk saat ini tidak ada rasio kontras standar. Pabrik TV biasanya melebihkan rasio kontras yang dimiliki produk mereka.

Selain rasio kontras, carilah televisi yang menawarkan kualitas gambar yang bagus pada warna gelap. Brightness atau kecerahan layar bisa disesuaikan, tapi layar LCD biasanya sulit menciptakan gelap yang dalam. Hal ini membuat gambar terlihat memudar.

3. Seberapa baik jenis TV menangani gerakan cepat

Jika kalian menonton banyak olahraga yang mengandalkan kecepatan, TV plasma unggul karena mereka menunjukkan gerakan cepat dengan baik. Akan tetapi TV LCD dan LED sekrang ini semakin maju dan keduanya bisa menangani adegan gerakan cepat dengan baik.

TV Plasma berpeluang mengalami kerusakan permanen oleh gambar statis seperti logo stasiun TV atau status control pada video game.

4. Pikirkan konsumsi listrik

TV LCD biasanyahanya memerlkukan satu backlight fluorescent. Sementara TV plasma memerlukan backlight untuk setiap sub-pixel. Diperlukan listrik 50 persen lebih banyak untuk memakai TV Plasma dalam setahun dibandingkan memakai TV LCD. TV LED paling hemat energi. TV jenis ini hanya menggunakan energi listrik 40 persen lebih sedikit dibandingkan LCD.

5. Pertimbangkan umur televisi

Ketiga jenis TV ini memiliki umur panjang. Tapi TV Plasma memiliki umur yang lebih pendek yaitu sekitar 60 ribu jam. Dengan kata lain umur TV ini sekitar 33 tahun sebelum kecerahannya berkurang 50 persen jika digunakan 5 jam sehari. TV LED memiliki umur antara 30 ribu hingga 100 ribu jam. TV LCD memiliki usia di antara kedua jenis TV itu.

6. Pertimbangkan harga

Umumnya TV LCD memiliki harga lebih terjangkau dibandingkan TV LED dan Plasma. TV Plasma biasanya memiliki layar yang lebih besar dan lebih mahal dibandingkan TV LCD. TV LED merupakan teknologi terbaru dan lebih mahal dibandingkan keduanya. TV LED juga lebih sulit ditemukan di toko-toko.



Diposting pada tanggal 2017-01-06 21:57:45. Dilihat sebanyak 400 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: