Tips Simple Hemat Listrik

tips hemat listrik


Seringkali kita malas memperbaiki atau mengupgrade rumah kita karena takut keluar banyak biaya. Dalam beberapa kasus, tidak memperbaiki kerusakan di rumah tidak berdampak pada kenyamanan kita. Tapi pada akhirnya, menghindari masalah hanya menunda apa yang tidak bisa dihindari. Jika kalian ingin membuat beberapa perubahan untuk menghemat tagihan listrik di rumah, ada beberapa cara mudah yang murah untuk melakukannya.

Salah satu cara untuk membuat rumah kita hemat listrik adalah dengan mengganti sekat atau jendela. Tentunya hal ini mahal. Tapi sebenarnya ada cara lain untuk menghemat listrik tanpa melakukannya.

1. Periksa pintu dan jendela untuk cegah kebocoran udara

Kebocoran udara di rumah bisa berpengaruh jika kalian kerap menggunakan kipas angin atau air conditioner di dalam rumah. Udara yang bocor karena jendela dan pintu yang tidak tertutup rapat membuat listrik yang dikeluarkan dari kipas angin atau AC menjadi lebih boros.

Cobalah periksa pintu dan jendela untuk melihat jika ada engsel yang rusak sehingga pintu dan jendela tidak bisa menutup dengan sempurna. Jika masalahnya pada engsel, kalian tidak perlu mengganti jendela dan pintu dengan yang baru. Jika ada cacat pada pintu dan jendela selain engsel hingga tidak bisa menutup dengan sempurna, kalian bisa mengakalinya. Ganti engsel yang rusak dan bila ada celah di pintu dan jendela yang tidak tertutup sempurna, kalian bisa memberikan penambal atau penutup.

2. Ganti semua lampu

Kebanyakan orang saat ini sudah menggunakan lampu CFL di rumah mereka. Tapi tidak semua orang menyadari jika jenis lampu bisa menghemat tagihan listrik dalam jumlah yang signifikan. Lampu CFL unggul karena lampu ini menghasilkan terang yang sama dengan lampu model lama tapi lebih hemat listrik. Misalnya terang yang dihasilkan lampu CFL sama dengan lampu biasa berukuran 60 watt tapi listrik yang digunakan hanya 13 watt.

Selain itu lampu CFL juga lebih awet. Mengganti semua lampu lama dengan lampu CFL bisa mengurangi tagihan listrik terutama jika ada banyak lampu di rumah kita.

Anda butuh pulsa listrik atau token PLN? Portal Pulsa menyediakan voucher pulsa listrik dan token PLN. Kami juga melayani pembayaran tagihan listrik.


 



Diposting pada tanggal 2016-12-14 21:57:51. Dilihat sebanyak 387 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: