Token PLN Itu Apa Sih?

 
token listrik murah
 
Sekarang ini sudah banyak orang yang memilih menggunakan Token PLN untuk menfasilitasi listrik dirumah mereka. Dan memang penggunaan Token PLN lebih nyaman dari pada menggunakan listrik pasca bayar yang sudah mulai tergantikan.
 
Oke, sebelum membahas lebih lanjut - sudahkan Anda paham tentang Token PLN?
 
Ini adalah produk dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) melakukan inovasi baru dengan nama Listrik Pra Bayar (LPB). Dengan fasilitas ini para pengguna dapat mengisi listrik sendiri dengan sebuah kartu dan yang lebih penting lebih menghemat pemakaian listrik.
 
Dengan menggunakan Token PLN bisa diartikan juga menggunakan Listrik Pintar / Listrik Pra Bayar. Dalam hal ini, kita harus membayar terlebih dahulu alias membeli token PLN sebelum kita menikmati fasilitas listrik.
 
Karena pasokan listrik berasal dari sejumlah nominal pulsa yang kita isi, maka kontrol pemakian listrik menjadi hal yang penting kita perhatikan. Jangan sampai kehabisan pulsa agar tidak mengalami pemadaman.
 
Perbedaan Listrik Pra Bayar vs. Listrik Paska Bayar
 
Tentu, perpedaan yang paling mendasar adalah cara pembayaran. Jika penggunaan listrik pra bayar, kita harus membeli Token PLN terlebih dahulu sebelum mendapatkan fasilitas litrik. 
Sedangkan listrik Paska Bayar, kita menggunakan listrik dahalu baru membayar sejumlah tagihan dalam sebulan. Inilah yang dahulu menjadi satu-satunya cara penggunaan listrik di Indonesia.
 
Cara membeli token PLN
 
Di mana kita membeli token PLN? Saat ini token PLN/stroom bisa dibeli di mana saja
  • Via online dengan situs agen pulsa terpercaya - Portal Pulsa. Selain menawarkan pulsa all operator, voucher game online, Portal Pulsa juga menawarkan jasa penjualan Token PLN dengan harga yang sangat kompetitif.  ( baca : Cara Pembelian Pulsa atau Token Listrik Pintar )
  • Loket-loket PPOB (Payment Point Online Bank)
  • Pembelian via ATM di seluruh Indonesia
  • Mini market seperti Indomaret, Alfamart
  • SMS (baik lewat SMS banking maupun lewat aplikasi T-cash Telkomsel)

Untuk saat ini, harga token PLN terdiri dari nominal Rp 20.000, Rp 50.000, Rp 100.000, Rp 500.000 sampai dengan Rp 1.000.000
 
Apa yang kamu dapatkan dalam satu transaksi pembelian Token PLN?
 

Ini dia detailnya:


  1. Kwh.
  2. PPJ atau Pajak Penerangan Jalan, perhitungannya tergantung daerah masing-masing.
  3. Meterai. Biaya meterai terbagi atas dua, yaitu pertama, pembelian token PLN senilai Rp. 250 ribu sampai 1 juta maka biaya meterai sebesar 3 ribu rupiah. Kedua, pembelian token PLN senilai 1 juta ke atas maka biaya meterainya 6 ribu rupiah.
  4. Biaya administrasi – berbeda setiap bank atau gerai.


Lalu, lebih hemat mana, Listik Pra Bayar atau Pasca Bayar?
 
Tertentu kedua pilihan tersebut punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi untuk tarif satuannya tetap sama. Bedanya jika menggunakan listrik prabayar itu tidak ada rekening minimum sehingga kalau pemakaian rendah tidak kena rekening minimum.

Sebagai  gambaran untuk daya 2.200 voltampere (VA), rekening minimumnya Rp 68 ribu. Jadi jika pelanggan pascabayar pemakaian listriknya di bawah  Rp 68 ribu maka tetap kena tagihan rekening minimun Rp 68 ribu.

Kalau  prabayar, pemakaian kecil maka tagihan rekeningnya bisa kurang dari Rp 68 ribu, bahkan kalau rumahnya kosong dan tidak pakai listrik sama sekali ya tidak  usah bayar. Prabayar tidak menggunakan rekening minimum.
 
Manakah yang lebih hemat? Jawabannya adalah kembali lagi pada kebutuhan listrik setiap rumah tangga. Pada dasarnya hemat tidaknya tagihan tergantung bagaimana Anda memanfaatkan energi semaksimal mungkin.
 
Jika dengan pascabayar, Anda tidak dapat mengatur kebutuhan listrik rumah tangga dengan prabayar Anda bisa mengontrol sendiri kebutuhan listrik rumah tangga. Apabila menggunakan prabayar lebih boros Anda mungkin harus memperhatikan kembali kebutuhan listrik di rumah.
 
Sekarang kita tarik kesimpulan!
 
  1. Bagi kita, memakai Listrik Pra Bayar atau listrik pintar lebih praktis dari pada memakai Listrik Paska Bayar.
  2. Perhatikan sisa pulsa yang dipakai agar listrik tidak padam tiba-tiba dan kita tidak siap dengan membeli pulsa.
  3. Untuk kondisi darurat atau pun untuk berlangganan, pembelian Token PLN via Portal Pulsa bisa menjadi alternatif yang menguntungkan karena adanya diskon dan program member.


 

Diposting pada tanggal 2016-11-14 11:09:00. Dilihat sebanyak 71 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: