7 Cara Untuk Mengurangi Penggunaan Listrik Di Rumah

7 cara hemat listrik


Ada banyak cara untuk menghemat listrik bahkan saat Anda menghabiskan waktu seharian di rumah. Menghemat energi listrik tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan tapi juga menghemat tagihan listrik. Jika kita tidak ada di rumah, mematikan lampu dan perangkat lain merupakan langkah yang masuk akal. Tapi bagaimana jika kita berada di rumah seharian?


Ikutilah Portal Pulsa - agen pulsa all operator - dalam melakukan penghematan listrik dirumah:



1. Cabut kabel peralatan yang tidak digunakan

Sekalipun sebuah peralatan tidak digunakan, jika kabelnya masih ditancapkan ke stop kontak maka tetap ada energi listrik yang digunakan. Dengan mencabut kabel peralatan, Anda bisa menghemat uang dan energi. Perlengkapan seperti blender dan pemanggang roti bisa dengan mudah dicabut saat tidak digunakan. Peralatan kecil seperti charger smartphone, hair dryer dan alat-alat cordless juga akan menambah konsumsi listrik jika tidak dicabut.

2. Ganti Filter AC Secara Teratur

Filter kotor pada air conditioning (AC) bisa mengurangi aliran angin dan memboroskan energi. AC akan bekerja lebih keras jika filter kotor, juga memboroskan energi. Mengganti filter AC secara teratur bisa mengatasi masalah ini.

4. Hidupkan fitur sleep atau hibernate pada komputer

Aktifkan fitur sleep mode atau hibernate pada komputer. Dengan menghidupkan salah satu fitur ini, komputer akan tidur sementara saat tidak digunakan. Dengan demikian energi listrik akan lebih hemat.

4. Matikan lampu

Matikan lampu saat Anda meninggalkan ruangan. Tindakan sederhana ini bisa menghemat energi listrik dalam jumlah yang besar.

5. Ganti lampu yang boros listrik

Ganti lampu pijar dengan lampu pendar yang hemat listrik. Hal ini akan menghemat energi listrik hingga 75 persen. Lampu pendar juga lebih tahan lama atau lebih awet.

6. Gunakan air dingin saat mencuci baju

Bila menggunakan mesin cuci, pakailah air dingin. Mencuci baju dengan air dingin dan bukan air panas bisa mengurangi listrik yang digunakan mesin cuci hingga 75%. Selain itu, bila perlu keringkan pakaian secara alami dan tanpa menggunakan pengering pada mesin cuci.

7. Atasi air bocor di rumah

Bila pipa air kalian bocor, hal sederhana yang bisa dilakukan adalah mengatasinya supaya tidak bocor. Hal ini merupakan cara paling efektif untuk mengurangi konsumsi listrik.

Anda perlu membayar tagihan listrik, membeli token PLN atau membeli pulsa listrik? Portal Pulsa menyediakan jasa pembayaran tagihan listrik, token PLN dan voucher pulsa listrik.



Diposting pada tanggal 2016-11-29 16:55:20. Dilihat sebanyak 1226 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: