Tips Dan Cara Jualan Di Facebook Agar Cepat Laku

Tips dan Cara Jualan di Facebook agar Cepat Laku


 


Di era yang serba online seperti sekarang ini, jualan menjadi kegiatan yang gampang banget dilakukan. Coba Anda perhatikan Facebook, cukup banyak lho orang-orang yang jualan di Facebook. Padahal, awalnya Facebook itu merupakan media sosial di mana semua orang bisa berkomunikasi dan saling berbagi satu sama lain. Seiring perkembangannya, banyak orang memanfaatkan peluang dengan jualan di Facebook.


Walaupun jualan di Facebook itu juga ada pesaingnya, dibandingkan dengan jualan di platform e-commerce, persaingan di Facebook gak ketat-ketat amat. Makanya, cukup banyak orang yang cenderung berjualan di media sosial ini.


Begitu banyak orang yang mengakses Facebook harinya tentu merupakan lokasi yang tepat untuk berinteraksi tanpa harus bertatap muka. Memang itulah fungsi media sosial dari awal. Media sebagai jembatan komunikasi ini menjadi jembatan juga untuk pemilik produk atau jasa untuk berinteraksi dengan calon customer.


Namun peluang untuk mendapatkan customer di Facebook ini sering kali tidak dibarengi dengan perilaku penjual yang baik. Spam sana sini, update jualan terus menerus, promosi tidak nyambung di status orang lain, asal tag orang, dan sebagainya adalah contoh perilaku penjual yang menyebalkan.


Hal ini tentu saja bertentangan dengan tujuan utama Facebook sebagai media sosial untuk berinteraksi dan bersosialiasi lewat dunia maya. Untuk bisa mendapatkan customer dengan Facebook, maka Anda harus pintar-pintar membuat strategi. Utamanya adalah dengan yang menjelaskan siapa diri Anda, apa yang Anda lakukan, unutk lebih lengkapnya bisa dengan tip-tips berikut:


Meniru habis adalah salah satu teknik yang biasa digunakan untuk menghasilkan pendapatan jutaan rupiah dalam 7 hari. Entah Anda menjual produk atau jasa, teknik ini bisa Anda praktekkan.


  • Memperbaiki mindset jualan.
  • Merancang Penawaran yang menarik.
  • Strategi mendapatkan pelanggan.

Gunakan profil Facebook Anda sebagai tempat informasi profesi Anda, bagaimana kehidupan Anda sehari-hari, apa yang Anda kerjakan, dan sebagainya. Tidak masalah jika postingan Anda diselingi promosi produk atau jasa yang Anda tawarkan tapi jangan bertubi-tubi.


Contohnya jika anda merupakan seorang penulis buku novel. Di Facebook Anda bisa memberikan update tentang kehidupan seorang novelis seperti apa, buku apa yang sedang Anda tulis, proses menulis novel yang Anda buat dan juga sharing-sharing tentang kehidupan sebagai seorang novelis.


Update status seperti diatas bisa divariasikan dengan sekali-kali memberi tahu buku novel yang Anda punya dan bagaimana cara ordernya jika ada yang tertarik. Lakukan lebih banyak teknik soft selling dibanding hard selling agar Anda tidak diblok teman Anda di Facebook.


Disini kita akan bahas dimana saja Anda bisa mendapatkan pembeli tanpa harus beriklan di facebook. Cocok untuk Anda yang tidak punya budget namun ingin mendapatkan pundi-pundi dari berjualan di Facebook.


1. CARA JUALAN ONLINE DI FACEBOOK DENGAN UPDATE STATUS

Cara yang lazim dilakukan oleh banyak orang di Facebook adalah dengan menawarkan ke teman-teman yang mereka punya terlebih dahulu. Akun profil Facebook pribadi bisa menampung maksimal hingga 5.000 orang.


Kabar buruknya ke-5.000 orang itu tidak semuanya mungkin tertarik dengan produk yang anda jual. Status yang Anda buat juga dengan mudah tenggelam oleh update status dari orang lain di linimasa teman Anda karena bersifat kronologis atau diurutkan dari yang paling banyak interaksi.


Untuk mensiasati ini sebaiknya Anda membuat akun Facebook terpisah yang memang untuk berjualan dan memisahkan dengan kehidupan privasi Anda. Anda juga perlu menambahkan teman dari orang yang kemungkinan besar tertarik dengan produk Anda. Misalnya jika Anda menjual produk rumah tangga ya berteman hanya dengan ibu-ibu yang sudah menikah misalnya.

2. CARA JUALAN ONLINE DI FACEBOOK GROUP

Lokasi berjualan yang kedua adalah di Facebook Group yang dibuat berdasarkan minat tertentu. Facebook sebagai media sosial membuat fitur group agar orang-orang yang memiliki minat sama bisa berinteraksi satu sama lain tanpa harus berteman. Misalnya group khusus hobi memancing bisa Anda tawarkan alat pancing. Group khusus otomotif bisa Anda tawarkan aksesoris mobil/motor dan sebagainya.


Keuntungan dari promosi di grup Facebook adalah orang-orang ini punya ketertarikan lebih terhadap suatu topik. Orang ini akan lebih mudah dijuali dan bersedia mengeluarkan uang untuk hobi/minat yang mereka sukai.


Kekurangannya adalah beberapa grup ada yang tidak memperbolehkan anggotanya berjualan dengan berbagai alasan dari pembuat grup. Kalau Anda ingin leluasa berjualan ya cari yang memperbolehkan atau membuat grup Facebook sendiri yang berkaitan dengan produk yang Anda jual. Misalnya Anda bisa menawarkan produk berhubungan dengan game Mobile Legends di grup pemain Mobile Legends


3. CARA JUALAN ONLINE DI FACEBOOK MARKETPLACE

Fitur dari Facebook yang khusus dibuat untuk user Facebook menjual barang dagangannya. Pengguna Facebook ada yang menjual produk baru hingga produk second/cuci gudang. Mirip-mirip cara listing produk di Shopee sih. Kelebihannya orang yang tertarik dengan produk Anda bisa langsung terhubung ke Facebook Messenger untuk bernegosiasi.


Walaupun Facebook itu gratis, Anda tetap perlu menggunakan platform media sosial tersebut dengan wajar dan beretika. Karena fungsi media sosial adalah untuk bersosialisasi di dunia maya. Berbeda dengan marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan sebagainya yang memang untuk berjualan dan membeli barang.


Nah, agar Anda tidak di-unfriend oleh teman Anda atau di keluarkan dari grup Facebook, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Berikut diantaranya :


1. MENAMBAHKAN TEMAN TERTARGET

Intinya adalah Anda harus mencari orang-orang di Facebook yang kemungkinan memiliki ketertarikan dengan apa yang Anda jual. Teman-teman Anda di SD, SMP, SMA, kuliah, atau keluarga Anda besar kemungkinan berteman karena memang kenal di dunia nyata. Orang-orang ini mungkin sedikit sekali yang butuh dengan produk atau jasa yang Anda jual.


Berbeda jika Anda punya circle pertemanan yang tertarik dengan produk Anda atau setidaknya suka dengan dunia yang berhubungan dengan produk Anda. Mereka akan berpotensi untuk membeli lebih besar.


Cara paling mudah adalah dengan menambahkan orang-orang yang menyukai fanpage kompetitor atau brand yang punya produk sejenis dengan punya Anda. Namun jangan terlalu banyak add friend orang yang sebenarnya tidak Anda kenal di Facebook karena bisa ketahuan dan akun Anda di-banned. Cukup 30 orang per hari dengan waktu longkap-longkap.


2. MEMANAJEMEN PERTEMANAN

Jika Anda memutuskan untuk punya 1 akun Facebook saja maka sebaiknya Anda memisahkan kehidupan privasi Anda dengan update-an bisnis. Anda bisa melakukan pengaturan untuk setiap status update yang Anda buat bisa dilihat oleh siapa saja. Untuk yang urusan terlalu privat, sebaiknya jangan di-share.


JikaAnda melakukan penambahan teman secara tertarget di poin 1, ada kemungkinan ada orang yang tidak menerima permintaan teman Anda. Orang-orang seperti ini dibatalkan saja friend request-nya setelah beberapa hari agar tidak dicurigai Facebook dan menghindari di-banned-nya akun Anda.


3. UPDATE STATUS YANG KREATIF

Seperti yang saya katakan pada bagian sebelumnya, Anda tidak bisa terus menerus melakukan status update menawarkan produk/jasa anda terus menerus. Anda harus cukup kreatif dalam membuat status update agar Anda tidak dianggap menggunakan Facebook hanya untuk berjualan saja. Posting juga kegiatan anda sehari-hari, seputar profesi anda, hal-hal informatif atau mungkin gambar/video yang lucu-lucu. Lakukan proses marketing dengan cara soft selling lebih banyak dibanding hard selling.


Sejak algoritma Facebook terus diperbaharui agar bisa mengutamakan konten yang memiliki tingkat interaksi (like, komentar dan share) yang tinggi, Anda harus putar otak dalam hal membuat status update. Semakin viral status Anda, maka akan semakin baik.

4. BERINTERAKSI DENGAN AUDIENCE

Selain membuat status yang mengundang interaksi tinggi, algoritma Facebook juga menghitung seberapa aktif Anda dalam berinteraksi di status update temain lain.


Impression Metrics seperti like, comment, dan share dihitung Facebook sebagai pertimbangan seberapa dekat Anda dengan teman anda. Semakin sering Anda berinteraksi maka setiap kali Anda update status, status Anda berpotensi juga muncul paling awal di linimasanya. Jadi sering-seringlah menanggapi update status teman Anda walau sekedar basa basi saja.


5. JOIN GRUP FACEBOOK YANG RELEVAN

Facebook Group merupakan fitur yang sangat menarik untuk menemukan orang-orang yang memiliki minat lebih terhadap suatu topik. Dari grup jual beli, grup diskusi, grup penyuka suatu topik, hingga grup-grup yang sebenarnya ilegal ada di Facebook.


Dengan mengesampingkan grup ilegal yang tidak baik, Anda bisa memanfaatkan 3 jenis grup Facebook lainnya untuk mendapatkan customer.Tekniknya juga sebenarnya sama saja yaitu dengan rajin-rajin berdiskusi di dalam grup sesuai dengan topik grup tersebut. Jika para member sudah cukup familiar dengan Anda, Anda bisa mulai memberikan informasi tentang produk yang Anda jual.


 

Diposting pada tanggal 2021-04-08 14:56:24. Dilihat sebanyak 256 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB