Cara Mengamankan Kontak Dari Pinjaman Online Agar Tidak Disalahgunakan

Cara Mengamankan Kontak dari Pinjaman Online agar Tidak Disalahgunakan


 


Melakukan pinjaman bisa dilakukan secara online maupun secara offline. Sebelum melakukan pinjaman pun akan ada beberapa proses yang harus dilakukan nasabah. Salah satunya dengan memberikan kontak berupa nomor handphone kepada pihak pinjaman. Namun nasabah juga harus mengetahui cara mengamankan kontak dari pinjaman online agar aman.


Seperti yang diketahui bahwa kontak dari seorang nasabah memang dibutuhkan oleh pihak pinjaman online. Adapun tujuan pihak pinjaman online membutuhkan kontak nasabah adalah untuk melakukan proses verifikasi. Dimana proses verifikasi ini bertujuan untuk mengetahui apakah pihak nasabah tersebut layak untuk mendapat pinjaman dari pihak peminjam.


Hal ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus pencurian yang terjadi hingga saat ini. Dimana ada nasabah yang memiliki simcard namun isi dari simcard tersebut ternyata kosong karena memang mempunyai niat yang tidak baik. Akan tetapi nasabah juga harus pintar dalam memilih platform pinjol yang akan digunakan, jangan sampai platform tersebut ilegal.


Pada dasarnya cara menghilangkan jejak dari pinjaman online tidaklah begitu sulit, dimulai dari menghapus perijinan sampai penutupan akun. Kamu bisa mencoba cara kabur dari pinjaman online ilegal karena sudah dilindungi hukum karena termasuk lembaga tidak resmi dan terdaftar.


1. Menghindari Perizinan dari aplikasi Pinjol

Perizinan ini biasanya muncul pada saat seseorang melakukan proses penginstalan aplikasi. Dimana pada proses ini nantinya akan ada pilihan “Permission” yang bertujuan untuk mengizinkan aplikasi melacak kontak nasabah. Olehnya itu, pada proses penginstalan aplikasi sebaiknya selalu memperhatikan setiap perizinan yang harus disetujui untuk mengamankan kontak.


2. Menggunakan Pengaturan pada Smartphone

Jika nasabah terlanjur menyetujui pilihan perizinan tersebut, jangan khawatir karena masih bisa diatasi. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan pengaturan smartphone dan pilih fitur aplikasi. Setelah itu, mencari aplikasi pinjol yang telah diinstal dan nonaktifkan semua perizinan yang ada. Karena dengan menonaktifkan perizinan tentu aplikasi tidak dapat mengakses kontak.


3. Mengatur Daftar Kontak

Selain itu, seorang nasabah juga harus mengatur daftar kontak yang terdapat pada smartphone yang dimiliki. Dimana nasabah harus mengubah nama kontak asli dengan nama kontak palsu agar nantinya pihak aplikasi tidak menghubungi kontak tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengamankan kontak yang ada pada smartphone agar tidak dihubungi oleh pihak pinjol.


4. Mengganti Nomor Handphone

Apabila sudah terlanjur memberikan kontak kepada pihak aplikasi pinjol, maka untuk mengamankan kontak bisa menggantinya. Memang penggantian nomor handphone ini termasuk cara yang aman dan juga cara tercepat yang dilakukan. Selain itu, untuk menghilangkan kecurigaan pinjol sebaiknya menggunakan dual whatsapp agar nomor tetap terlihat aktif.


5. Menonaktifkan Hubungan Aplikasi Pinjol ke Sosmed

Pada umumnya nomor handphone yang dimiliki seorang nasabah biasanya terhubung ke beberapa aplikasi media sosial. Sebaiknya menonaktifkan perizinan tersebut agar pihak penjual tidak dapat mengakses nomor handphone nasabah. Apabila tetap ingin menghubungkan nomor telepon dengan media sosial sebaiknya jangan menggunakan nomor yang diberikan ke aplikasi pinjol.


6. Menghapus Data dari Aplikasi Pinjol

Langkah selanjutnya adalah dengan menghapus data yang dimiliki nasabah dari pihak pinjaman online. Dimana cara menghapus data ini dengan menghapus semua nomor telepon yang terdapat pada SIM Card. Dengan begitu, pihak aplikasi tidak dapat lagi melihat data yang dimiliki oleh nasabah. Memang memilih aplikasi pinjol untuk pinjaman perlu kehati-hatian.


Itulah penjelasan lengkap terkait cara mengamankan kontak dari pinjaman online agar tidak disalahgunakan. Memang pinjaman online akan menagih nasabah apabila terlambat melakukan pembayaran utang. Bahkan jika pihak pinjaman tidak dapat menghubungi peminjam, maka pihak pinjaman akan menghubungi kerabat.


Pinjaman online menyadap kontak akan merugikan kita sebagai penggunanya, terlebih adanya penyebaran data yang mengakibatkan kerugian. Terlebih metode beberapa pinjaman online memang mengganggu dengan teror ataupun kata kata kasar. Bisa diambil kesimpulan dengan cara mengamankan data kontak dari pinjaman online kamu akan lebih merasa nyaman.


 

Diposting pada tanggal 2021-11-30 14:47:45. Dilihat sebanyak 363 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB