Tips Mengamankan Smartphone Dari Hacker

tips aman dari hacker


Bahkan sekalipun smartphone kalian tersimpan dengan aman di kantong atau dompet, tetap ada resiko terkena virus atau dihack. Para hacker tidak perlu akses fisik ke smartphone kalian untuk mencuri informasi pribadi kalian atau menginfeksi kalian dengan malware. Mereka menyusup ke dalam smartphone dengan menggunakan aplikasi yang terlihat tidak berbahaya lewat link atau jaringan Wi-Fi yang tidak aman. Lantas bagaimana mencegah hal ini terjadi? Ikuti langkah-langkah di bawah ini:


 


Tip:

-Smartphone kalian mungkin telah dihack jika kalian meihat ada aplikasi yang terbuka sendiri tanpa diklik atau jika baterai lebih cepat habis dari biasanya. Penggunaan kuota internet yang lebih besar dari biasanya atau tagihan pulsa yang lebih besar padahal jarang digunakan juga merupakan indikasi lain jika kalian dihack.



Langkah 1

Kunci smartphone saat tidak menggunakannya. Aktifkan passwor dan ubah secara teratur untuk mencegah orang lain menebak password kalian. Kunci pola merupakan sebuah alternatif bila kalian kesulitan mengingat password kalian. Ponsel kalian juga mungkin memiliki fitur facial-recognition atau fingerprint reader, gunakan kedua fitur ini bila ada.

Langkah 2

Aktifkan kemampuan tracker atau pelacak lokasi dalam smartphone kalian jika ada. Jika smartphone kalian memiliki fitur ini, kalian bisa melihat lokasi smartphone di peta dan melacak jika smartphone itu bergerak. Hal ini berguna jika smartphone kalian dicuri atau hilang, aplikasi pelacak ini bisa mengunci smartphone bahkan menghapus isi smartphone dari jarak jauh. Hal ini akan mempersulit hacker atau pencuri mengakses data kalian.

Langkah 3

Update firmware smartphone ke versi terbaru. Banyak smartphone menawarkan update ini secara otomatis, tapi jika kalian mematikan pilihan ini, kalian perlu mendownload update itu secara manual. Kalian bisa mendownload update ini langsung dari smartphone. Cara lain adalah menghubungkan smartphone ke komputer dan mendownload update itu dari komputer.

Langkah 4

Instal aplikasi jika kalian yakin aplikasi itu berasal dari sumber terpercaya seperti toko asli pemgembang aplikasi atau Google Play dan App Store. Kebanyakan toko aplikasi resmi menverifikasi keaslian produk mereka jadi lebih aman. Sebelum mendownload aplikasi apapun, bacalah deskripsi dan ulasan jadi kalian paham kegunaan aplikasi itu.

Langkah 5

Cek izin aplikasi sebelum diinstal. Jika sebuah aplikasi meminta mengakses informasi pribadi, jangan instal atau tolak permintaan aplikasi itu.

Langkah 6

Jangan tinggalkan smartphone di tempat umum sendirian, misalnya di meja restoran atau di meja kantor. Jika kalian harus meninggalkan smartphone, kunci atau sembunyikan smartphone di tempat tertentu seperti di laci meja untuk menghindari pencurian.

Langkah 7

Hapus pesan SMS dari pengirim tidak dikenal yang meminta informasi kalian dan hindari mengklik linkk-link di pesan itu. Beberapa hacker mengirim pesan yang mengaku dari bank atau sumber lain yang terpercaya. Jika kalian mengklik link dalam pesan SMS itu, hacker akan mencuri informasi di dalam smartphone atau menginstal malware di dalam smartphone. Jangan download aplikasi lewat pesan SMS, cara ini adalah cara paling umum yang digunakan hacker untuk menginfeksi perangkat kalian.

Langkah 8

Akses internet dari smartphone hanya jika kalian menggunakan jaringan Wi-Fi yang aman. Jaringan Wi-Fi yang tidak aman mengizinkan hacker untuk mencegat data yang dikirim dan diterima saat kalian online. Jangan melakukan belanja online atau mengakses bank online dengan jaringan Wi-Fi publik. Hacker bisa mencuri informasi bank atau finansial lainnya dengan Wi-Fi publik. Aplikasi perpesanan instan dan chat mungkin memiliki lubang keamanan yang mengizinkan hacker mencuri data pribadi kalian. Jika kalian perlu mengakses bank atau lembaga keuangan lain secara online, gunakan jaringan seluler dan bukan Wi-Fi.

Langkah 9

Lindungi smartphone dengan aplikasi antivirus. Cek toko aplikasi di dalam smartphone untuk melihat aplikasi antivirus yang tersedia di perangkat kalian.




Diposting pada tanggal 2016-12-01 17:21:48. Dilihat sebanyak 443 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: