Tips Penggunaan Kulkas Yang Hemat Listrik

kulkas hemat listrik

Menghemat penggunaan listrik selain bisa mengurangi tagihan listrik kita juga bisa mengurangi jejak karbon kita. Jejak karbon di sini adalah jumlah energi dan sampah yang kita hasilkan. Salah satu sumber yang menggunakan banyak energi di rumah adalah kulkas. Menemukan cara untuk menggunakan kulkas sekaligus menghemat listrik merupakan hal yang penting.


Berikut ini beberapa tips dari Portal Pulsa - distributor pulsa kepercayaan Anda - untuk menggunakan kulkas dengan benar supaya menghemat listrik:

Penggunaan yang tepat

Jika Anda menerapkan perubahan-perubahan kecil dalam kebiasaan Anda sehari-hari, Anda bisa menghemat tagihan listrik dalam jumlah yang besar. Jumlah uang yang Anda hemat mungkin lebih dari yang Anda pikirkan. Ada beberapa perubahan kecil yang bisa Anda lakukan:

-Cairkan makanan beku yang diambil dari freezer dengan menaruhnya di kulkas. Hal ini menolong proses pendinginan di dalam kulkas.

-Jangan menggunakan rak bagian atas karena benda-benda yang ditaruh di rak itu bisa menghalangi aliran angin sehingga membuat kompresor bekerja lebih berat.

-Jangan buka pintu kulkas kecuali perlu.

-Pastikan kulkas penuh tapi jangan sampai kelebihan muatan karena bila kelebihan sirkulasi air bisa di dalam kulkas bisa terhambat.

-Isilah ruang-ruang kosong di dalam freezer dengan kantong atau plastik berisi air. Begitu air ini membeku, freezer akan tetap dingin.

-Tutupi semua makanan dan cairan di dalam kulkas. Hal ini mencegah kelembaban.

-Jangan menaruh makanan atau cairan panas di dalam kulkas. Biarkan mereka dingin (mencapai suhu ruangan) terlebih dulu sebelum ditaruh di dalam kulkas.

-Atur isi kulkas dengan baik hingga kalian tidak perlu membuka pintu terlalu lama untuk mencari benda yang kalian butuhkan.

Gunakan model yang tepat

Ada banyak model kulkas di luar sana. Pilihlah model yang hemat listrik sehingga bisa mengurangi tagihan listrik. Berikut ini tips untuk memilih kulkas yang hemat energi:

-Pilihlan model kulkas dengan freezer di bawah. Selain menawarkan desain yang lebih baik dan kenyamanan, model kulkas seperti ini juga paling efisien terkait penggunaan listrik.

-Kulkas biasanya mengkonsumsi 20% dari daya listrik di rumah oleh karena itu pertimbangkan mengganti model kulkas yang lama dengan model yang lebih efisien, terutama dengan label Energy Star.

-Pastikan ukuran kulkas sesuai dengan kebutuhan. Sebuah kulkas yang lebih besar dari yang diperlukan mengkonsumsi lebih banyak listrik untuk alasan yang tidak perlu dijelaskan lagi. Sementara kulkas yang terlalu kecil membuat kita kesulitan menaruh makanan atau minuman. Pilihlah yang sesuai denga kebutuhan.

Anda perlu membeli pulsa listrik, token PLN atau membayar tagihan listrik tapi malas keluar? Portal Pulsa sebagai agen pulsa menyediakan pulsa listrik, token PLN juga menolong pembayaran tagihan listrik Anda.



Diposting pada tanggal 2016-11-30 14:36:04. Dilihat sebanyak 640 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: