5 Cara Mudah Mengurangi Biaya Tagihan Listrik Bulanan

5 Cara Mudah Mengurangi Biaya Tagihan Listrik Bulanan


 


Semakin tinggi penggunaan barang elektronik, membuat tagihan listrik membengkak. Hingga berhemat penggunaan listrik kerap dijadikan solusinya. Padahal tidak demikian, masih ada cara agar tagihan listrik murah dengan penggunaan maksimal. Biasanya, beban tagihan listrik membengkak karena alat elektronik sehari-hari seperti kulkas, AC, TV atau bahkan dispenser.


Berapapun tarif listrik yang ditetapkan setiap tahun, sebenarnya memaksimalkan penggunaan masih bisa dilakukan. Begitu juga penggunaan barang elektronik tidak perlu dibatasi, cukup terapkan cara agar tagihan listrik bisa murah. Sebab, jika penggunaan barang elektonik dibatasi maka aktivitas keseharian akan terganggu. Itu karena faktor penggunaan alat-alat elektronik yang tidak dikelola dengan baik inilah yang justru bisa membuat tagihan listrik bulanan di rumahmu terus membengkak.


Jadi, bagaimana cara menyiasati agar tagihan listrik di rumah bisa lebih hemat? Berikut Anda bisa terapkan:


1. Cabut Kabel dan Peralatan Saat Tidak Digunakan

Cara menghemat listrik pertama yang wajib dilakukan sudah pasti dengan mengefisienkan penggunaan listrik. Apakah kamu terbiasa meninggalkan charger ponselmu terhubung ke stop kontak meskipun tidak digunakan? Jika iya, Anda harus segera menghilangkan kebiasaan buruk ini.


Meskipun tidak digunakan, arus listrik masih tetap mengalir pada kabel-kabel yang masih terhubung dengan stop kontak listrik. Otomatis listrik yang mengalir itu terbuang sia-sia, kan?


2. Manfaatkan Lampu LED

Jika saat ini kamu masih menggunakan bola lampu pijar di dalam rumah, maka segeralah beralih untuk menggunakan lampu LED. Hal ini perlu dilakukan karena LED merupakan pilihan terbaik untuk menerangi rumah yang ramah lingkungan, berbiaya rendah, dengan tingkat efisiensi energi yang tinggi.


3. Hemat dan Bijak Menggunakan AC

Ya, ini adalah salah satu cara mengurangi biaya tagihan listrik bulanan. Penggunaan AC ternyata membutuhkan konsumsi yang lebih besar dibandingkan dengan alat elektronik lainnya. Cara menghemat listrik AC dan kulkas sebetulnya mudah saja.


Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah batasi penggunaannya sesuai kebutuhan. Anda bisa meminimalisir udara panas di rumah dengan memaksimalkan pengaturan udara segar di rumah, sehingga kamu tidak harus menggunakan AC. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jenis AC dengan teknologi hemat energi. Misalnya, yang dilengkapi pengaturan suhu otomatis.


4. Ganti Peralatan Elektronik yang Sudah Tua

Salah satu sumber pemborosan listrik terbesar yang tidak Anda sadari adalah penggunaan peralatan elektronik tua yang membutuhkan banyak sumber energi. Salah satunya adalah dengan mengganti lemari es tua ke lemari es yang lebih baru untuk menghemat lebih banyak daya saat digunakan.


Tidak hanya lemari es saja, Anda juga perlu mengganti peralatan elektronik tua lain ke peralatan yang lebih baru untuk mendapatkan penghematan daya listrik. Beberapa peralatan elektronik yang perlu Anda pertimbangkan untuk diganti adalah TV, lemari es, AC, komputer, dan lain sebagainya.


Saat mengganti peralatan elektronik ke produk yang lebih baru, kamu tidak hanya bisa menghemat biaya listrik, tetapi juga bisa mendapatkan produk dengan kualitas yang lebih baik saat digunakan. Jangan mempertahankan peralatan elektronik tua karena alasan sayang membuangnya. Anda bisa menjual peralatan elektronik tersebut ke toko barang bekas dan selanjutnya tambahkan sedikit uang untuk mendapatkan peralatan elektronik yang lebih baik.


5. Menggunakan Listrik Prabayar

Cara terakhir menghemat listrik yang terbukti efektif yaitu dengan menggunakan sistem listrik prabayar. Saat ini, pemerintah lewat Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah mewajibkan penggunaan meteran listrik dengan sistem pulsa bagi setiap rumah.


Meteran listrik dengan sistem prabayar membuat Anda bisa mengatur sendiri besar kecilnya penggunaan listrik di rumah. Penggunaan listrik dengan sistem pulsa secara tidak langsung memaksa pengguna agar lebih bijak dan menghemat pemakaian listrik di rumah. 


Untuk pengisiannya voucher token listrik kini mudah bisa di dapatkan lewat aplikasi android portalpulsa dengan harga relatif murah lho..


Saat pengeluaran untuk biaya listrik menurun, artinya akan ada lebih banyak uang yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal lain.


 


 



Diposting pada tanggal 2021-09-10 13:59:48. Dilihat sebanyak 117 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB