9 Cara Foto Produk Hanya Modal Smartphone Hasil Lebih Profesional

 


9 Cara Foto Produk Hanya Modal Smartphone Hasil Lebih Profesional


 


Hampir sebagian besar tampilan visual di media sosial bisnis online terlihat sangat menarik dan rapi. Hal ini tentu saja dipengaruhi kualitas foto yang baik dan pengaturan yang tepat. Kamu tidak perlu khawatir karena melakukan foto produk hanya dengan smartphone saja.


Banyak yang mengira jika hasil foto di tampilan feed media sosial diambil dari kamera berkualitas. Kamu mungkin berpikir demikian juga bukan? Ketika masih belum mampu membeli kamera, sebenarnya kamu bisa memaksimalkan penggunaan smartphone selain untuk transaksi online pulsa murah.


Jika kualitas kamera smartphone belum memadai, kamu bisa melatih skill fotografi terlebih dahulu dan menyiapkan aplikasi editing foto. Jika kamu melakukannya dengan sungguh-sungguh dan tekun, maka tidak menutup kemungkinan hasil foto dari kamera juga tidak kalah estetik.


Keterbatasan alat atau media, saat ini bukan menjadi alasan untuk mengembangkan kreativitas. Terlebih lagi pada dunia fotografi, kamu bisa menghasilkan foto berkualitas tinggi jika melakukan pemotretan dengan tepat. Berikut cara-caranya:


1. Siapkan Smartphone

Sama seperti penggunaan smartphone untuk jualan pulsa murah yang tidak membutuhkan smartphone yang mahal. Ternyata ini berlaku untuk pemotretan, tak harus memakai kamera mahal untuk mengambil foto produk, terlebih bagi kamu dengan budget yang mepet. Kamu bisa memanfaatkan kamera smartphonemu. Tapi, jangan asal klik dan mengambil gambar dengan angle seadanya. Usahakan mencari angle lain dan mencoba teknik lainnya. Satu lagi, usahakan untuk memakai kamera ponsel yang bagus untuk foto produk agar hasilnya maksimal.


2. Menyiapkan Background Foto

Selanjutnya, siapkan background foto produk. Tenang saja, untuk membuat studio mini ini, kamu tak perlu mengeluarkan budget yang besar, kok. Sebab, kamu hanya memerlukan kardus bekas, kertas HVS, serta kertas putih panjang sebagai alas foto. Bagaimana untuk pencahayaannya?


Kamu bisa menggunakan lampu khusus atau lampu LED putih. Jika keduanya tidak ada, bisa juga memanfaatkan lampu belajar. Studio mini ini nantinya bisa kamu gunakan untuk memotret produk jualanmu, namun yang berukuran kecil. Sedangkan, untuk foto produk makanan kemasan disarankan foto dengan menggunakan cahaya matahari, ya.


3. Gunakan Model Sebagai Gambaran Bagi Calon Pembeli

Jika kamu ingin memotret produk fashion seperti baju, celana, dan lainnya, gunakanlah model untuk menarik para pembeli. Teknik foto produk baju dengan menggunakan model bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri.


Produk yang tampak pas di tubuh sang model, tentunya akan membuat produk lebih terlihat menarik, jika dibandingkan foto tanpa model. Jenis foto produk ini juga bisa memberi gambaran pada pembeli, khususnya saat produk tersebut dikenakan langsung. Jika membayar model terlalu mahal untuk satu kali sesi foto, kamu bisa meminta bantuan teman atau saudaramu untuk menjadi model dadakan.


4. Ambil Foto dari Berbagai Sudut

Ingin produkmu bisa lebih dikenali para calon pembeli? Solusinya adalah dengan memposting banyak foto dengan berbagai angle yang berbeda. Misalnya, dari depan, belakang, samping, ataupun secara menyeluruh. Jangan pula mengambil foto yang memperlihatkan detail produkmu, ya.


5. Pencahayaan yang Cukup

Cahaya menjadi penentu utama bagus atau tidaknya hasil foto yang diambil. Apalagi, kamera smartphone tidak sesensitif kamera DSLR, maka dibutuhkan cahaya yang cukup terang saat hendak memotret objek.


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lebih baik gunakan pencahayaan alami dari sinar matahari langsung, bisa dari arah jendela atau pintu yang terbuka. Caranya dengan meletakkan objek yang akan difoto tepat di tepi jendela. Untuk menghindari hasil foto dengan cahaya yang terlalu tajam, lakukan saat posisi matahari tidak terlalu tinggi, yaitu sekitar jam 8-9 pagi atau jam 4-5 sore. Lantas, bagaimana jika terpaksa harus mengambil foto di dalam ruangan? Usahakan untuk mencari ruangan yang terpapar cahaya matahari. Jika masih kurang, tak ada salahnya untuk menggunakan lampu tambahan.


6. Hindari Melakukan Zoom

Hindari melakukan zoom ketika mengambil foto produk menggunakan smartphone. Karena pada dasarnya kamera ponsel cenderung akan memperkecil objek. Jadi, usahakan untuk memotret dari jarak yang cukup, sehingga keseluruhan objek bisa memenuhi frame. Sebab, perbesaran ini hanya akan menurunkan resolusi foto secara keseluruhan dan membuat foto menjadi tidak tajam. Jangan lupa sisakan space di kiri, kanan, atas dan bawah, untuk berjaga-jaga jika kamu harus memotong hasil fotonya nanti.


7. Stabil saat Pemotretan

Sama seperti data internet murah yang membutuhkan jaringan yang stabil. Semakin stabil kamera semakin maksimal pula foto yang akan dihasilkan. Maka, saat memotret, usahakan tanganmu tetap tenang, ya. Jika perlu, manfaatkan benda yang lebih stabil sebagai sandaran, misalnya pohon atau tembok untuk membantu kestabilan tangan.


8. Jangan Terlalu Banyak Melakukan Pengeditan

Agar hasil foto produk semakin cantik dan menarik, gunakan aplikasi pendukung untuk mengedit. Tak ada salahnya untuk menambahkan efek-efek tertentu, tapi jangan berlebihan, ya. Kamu cukup mengedit foto seperlunya saja. Misalnya menaikkan kontras dan brightness. Karena penggunaan efek yang terlalu berlebihan hanya akan menghasilkan foto yang tidak maksimal. Hindari editing yang berlebihan karena bisa membuat produk asli yang diterima pembeli nantinya berbeda jauh dengan produk yang terlihat pada foto.


9. Tambahkan Watermark

Ok, untuk mitra agen paket data internet murah, yang terakhir, jangan lupa untuk menambahkan watermark pada hasil fotomu. Mengapa? Hal ini bertujuan agar foto produkmu tidak sembarangan dipakai penjual online lain tanpa izin. Penempatan watermark juga harus diperhatikan. Hindari menambahkan watermark pada bagian pojok foto karena mudah dihapus atau di-crop. Sebaiknya letakkan watermark di tengah produk tapi jangan lupa untuk mengatur tranparansi foto agar tidak menutupi jelas bagian produk.


Nah, itulah beberapa cara foto memakai smartphone agar hasil lebih kelihatan profesional yang bisa kamu terapkan. Gimana, tips usaha sampingan untuk agen pulsa murah ini mudah dilakukan, bukan? Tentu saja kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Semoga lancar usahanya ya..



Diposting pada tanggal 2021-11-05 14:20:39. Dilihat sebanyak 265 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB