9 Cara Menabung Paling Efektif, Yuk Dicoba!

 


9 Cara Menabung Paling Efektif, Yuk Dicoba!


 


Menabung menjadi hal yang cukup sulit dilakukan oleh sebagian banyak orang. Apakah Anda termasuk salah satunya? Saat ini sudah banyak alternatif menabung, mulai dari membuat tabungan sendiri hingga menabung di bank atau berbentuk investasi. Ada tips menabung yang bisa Anda lakukan, salah satunya dengan berhemat dan berinvestasi. Namun, kedisiplinan menetapkan target dan memonitor tabungan juga sangat dianjurkan aset kita makin bertambah.


Dengan mengetahui tips menabung yang benar, kita bisa mencapai tujuan finansial dengan mudah. Mulai dari pengusaha, karyawan, mahasiswa, atau pelajar harus mengerti cara untuk menabung dengan baik untuk masa depan masing-masing. Bukan terus menghabiskan uang untuk membeli sesuatu yang tidak terlalu penting dan keperluan konsumtif saja. Salah satunya bisa dengan belajar hanya membeli kebutuhan pulsa murah atau paket kuota murah untuk bisa menghenat pengeluaran bulanan.


Menabung setiap orang bisa beragam tujuan. Ada yang ingin menabung untuk membeli rumah, menabung untuk biaya pernikahan, atau untuk menabung dalam satu tahun untuk tujuan jangka pendek. Mungkin menabung salah satu hal yang mudah dilakukan disaat Anda menyisihkan sebagian penghasilan, namun untuk menjaga agar uang yang sudah disisihkan tidak tersentuh adalah hal yang sulit.


1. Menabung Uang Receh

Jangan anggap sepele uang receh yang jumlahnya besarannya kecil. Pasalnya, sedikit demi sedikit jika kamu mengumpulkan uang receh setiap harinya, katakanlah besarannya Rp500 atau Rp1000, bayangkan setelah jalan selama setahun atau bahkan lima tahun.


Jumlahnya pasti akan besar dan mungkin bisa digunakan untuk hal-hal bermanfaat, seperti meringankan beban cicilan atau untuk membantu biaya sekolah, modal usaha atau yang lainnya. Jadi jika di kantong ada uang receh simpanlah di tempat yang sekiranya dapat menampungnya dengan aman.


2. Menabung Dalam Toples Transparan

Menabung dalam toples tembus pandang bisa jadi cara menabung yang terbukti efektif. Anda hanya perlu menggunakan toples atau wadah kaca tembus pandang. Kenapa harus tembus pandang? Biasanya wadah ini bisa memberikan sugesti untuk melihat jumlah uang yang ditabung setiap hari. Seolah Anda bisa melihat proses membangun mimpi setahap demi setahap dan kian menanjak setiap harinya.


Agar lebih termotivasi, Anda bisa menempelkan tulisan beserta foto tujuan Anda menabung. Jumlah uang untuk ditabung tidak perlu besar, Anda bisa mulai bertahap dari pecahan Rp10 ribu atau Rp20 ribu. Bila konsisten menyisihkan Rp20 ribu sehari, kamu bisa mengumpulkan uang Rp600 ribu dalam sebulan dan Rp7,2 juta dalam setahun.


3. Tabungan otomatis

Bagi Anda yang memiliki sifat boros dan hobi berbelanja bisa memilih alternatif ini untuk menabung. Beberapa bank sudah menyediakan tabungan otomatis yang akan memotong uang tabungan Anda setiap bulannya. Trik ini cukup efektif untuk dilakukan karena ketika Anda ingin menggunakan atm, saldo Anda sudah terpotong sebelumnya untuk tabungan.


4. Coba Ikut Arisan

Cara ini juga cukup mudah dilakukan buat Anda yang sampai sekarang kesulitan buat nabung. Arisan tidak cuma jadi ajang buat kumpul-kumpul tetapi malah bisa jadi tempat menabung. Anda bisa buat perjanjian untuk menyisihkan sekian jumlah uang. Contohnya Rp100 ribu per minggu buat 10 orang. Dalam seminggu sudah bisa terkumpul Rp1 juta. Tinggal acak nomor saja. Tidak terasa Anda dipaksa buat sisihkan uang dan bisa punya tabungan.


Namun perlu diperhatikan jika Anda mendapat giliran sebagai pemenang arisan pertaman atau di awal. Anda harus berkomitmen untuk menyimpan dana setiap bulannya untuk membayar kewajiban Anda dalam arisan tersebut. Bisa dengan meninvestasikan untuk tambahan modal deposit pulsa murah bagi yang menjadi agen pulsa murah.


5. Menabung dengan Sistem Tanggal

Menabung bukanlah penyisihan uang sisa, namun menyisihkan uang sebelum digunakan. Nah, untuk mulai menabung, Anda bisa coba tips menabung dengan sistem tanggal. Misalnya, dalam satu bulan terdapat 30 hari. Jadi pada tanggal 1 kamu harus menabung sebesar Rp30.000, pada tanggal 2 menabung sebesar Rp29.000, tanggal 3 menabung sebesar Rp28.000, dan seterusnya. Hingga, pada akhir bulan tanggal 30 kamu memasukan uang Rp1.000 ke dalam tabungan yang telah kamu isi sebulan penuh.


Dalam 30 hari saja, kamu kurang lebih telah menabungkan sebesar Rp465.000. Lakukan hal ini secara rutin setiap bulannya. Sesuaikan juga dengan ada berapa hari dalam satu bulan tersebut. Jika dalam satu bulan terdapat 31 hari, mulailah menabung pada tanggal 1 dengan nominal uang Rp31.000 yang disisihkan ke dalam tabungan.


6. Miliki Teman dengan Gaya Hidup Sederhana

Menjalankan gaya hidup sederhana dan tidak berlebihan dalam mengeluarkan uang perlu didukung oleh teman atau keluarga. Pastikan Anda memiliki teman dengan gaya hidup yang sama dengan apa yang kamu jalankan saat ini.


Jangan terlalu sering menghabiskan waktu dengan teman yang memiliki gaya hidup boros dan berlebihan. Karena kemungkinan besar Anda terpengaruh dan akhirnya ikut memboroskan uang yang dimiliki.


Bukan tidak boleh untuk memiliki gaya hidup yang sedikit tinggi, tapi pastikan setelah menerima gaji, Anda harus telah menentukananggaran untuk membayar kewajiban Anda, seperti untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, membayar cicilan kartu kredit, uang makan siang di kantor, dan sebagainya. Barulah Anda bisa membeli barang-barang lain untuk kebutuhan gaya hidup lainnya.


7. Munculkan Mimpi untuk Membeli Sesuatu

Kita punya sesuatu karena kita ingin memilikinya. Tetapi tidak semuanya bisa kita dapatkan dengan gratis. Buang air kecil saja sekarang bayar, apalagi jika ingin membeli mobil, motor, telepon seluler atau yang lainnya. Di mana semuanya itu perlu uang. Dengan bermimpi menginginkan sesuatu, otomatis memaksa kita untuk menabung demi meraih tujuan itu. Susah dilakukan, diperlukan tekad kuat dan kesabaran tingkat tinggi untuk melakukannya. 


Namun, jangan pernah memunculkan mimpi yang tidak berguna, seperti memenuhi gaya hidup. Kenapa? Karena gaya hidup yang buruklah yang membuat kamu sulit untuk mulai menabung. Cobalah miliki tujuan atau mimpi yang bermanfaat seperti dana pensiun, umroh atau haji, dana pendidikan, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa lebih semangat dalam menabung demi mencapai tujuan tersebut.


8. Pisahkan Rekening Tabungan

Membuat rekening tabungan yang berbeda atau lebih dari dua bisa menjadi salah satu cara menabung yang efektif. Karena, jika Anda hanya memiliki rekening yang sama untuk tabungan, pengeluaran rutin, dan dana darurat bisa sangat mengganggu finansial kamu.


Bisa saja Anda tidak sengaja menggunakan uang tabungan untuk pengeluaran rutin dan tidak mengetahui jumlah pasti uang tabungan di dalam rekening tersebut. Jadi, memiliki rekening terpisah adalah salah satu solusi terbaik agar uang tabungan yang disimpan tidak digunakan untuk hal-hal lain. Misalkan pemisahan uang untuk usaha supplier pulsa murah dan uang pribadi.


9. Tabungan Berjangka

Berbeda dengan tabungan biasa. ditabungan berjangka ini bank akan mendebet secara otomatis sejumlah uang dari rekening. Kamu pun akan kena penalti dengan biaya tertentu bila menarik uang sebelum jatuh tempo atau tidak ada uang di rekening tabunganmu. Namun Tabungan berjangka bisa jadi pilihan lain buat Anda yang susah untuk menabung, karena mau tidak mau kita “dipaksa” untuk menabung. Pikirkanlah hasil positif jika Anda melakukan tabungan berjangka.


Dengan memilih tabungan berjangka, di awal pembukaannya Anda harus menentukan terlebih dulu jangka waktu yang Anda pilih, apakah 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 10 tahun, bahkan ada yang bisa mencapai 240 bulan. Perlu diperhatikan juga, memulai tabungan berjangka berarti Anda harus berkomitmen untuk menabung setiap bulannya, dan tidak diperbolehkan untuk mencairkan dana tersebut sebelum jatuh temponya berlangsung. Jika dilakukan, Anda akan dikenakan denda yang jumlahnya cukup besar.


Itulah 9 cara menabung paling efektif, Anda bisa melakukannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. selamat mencoba!


 

Diposting pada tanggal 2022-02-10 14:29:54. Dilihat sebanyak 354 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB