Tips Aman Belanja Online Agar Tidak Tertipu

 


Tips Aman Belanja Online Agar Tidak Tertipu


 


Sebelum adanya internet, untuk berbelanja kebutuhan utama sehari-hari, kebutuhan sekunder hingga tersier biasa dilakukan secara langsung ke tempat di mana penjual berada. Hal positif saat kita berbelanja secara langsung adalah kita bisa lebih menjamin kondisi barang yang dibeli secara pasti. Dan, barang tersebut langsung berada di tangan kita setelah selesai dibayar. Salah satu hal negatif beli sesuatu secara langsung adalah soal waktu dan tenaga. Inilah yang kemudian bisa diatasi dengan adanya aktivitas belanja online berkat teknologi internet.


Tidak bisa disangkal, aktivitas berbelanja kini sudah bergeser dari mengunjungi toko di mall menjadi online shopping. Ada banyak alasan mengapa online shopping lebih menguntungkan: pertama, bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja; kedua, sering ada diskon atau bonus transaksi ; ketiga, sangat praktis karena bisa memanfaatkan data internet murah untuk transaksi. Masalahnya, belanja secara daring memiliki potensi terhadap isu keamanan dan kepercayaan. Sehingga untuk kalian yang ingin membeli barang dan bertransaksi  secara online, coba simak tips berikut ini dulu agar tidak mudah tertipu.


1. Pilih Penjual yang Terpercaya

Pilih penjual yang mendapat label trusted seller. Sering mendengar kata ini? Ya, dua kata ini merupakan jenis kata yang sering ‘dijual’ oleh para pemilik toko online untuk menjadi identitas mereka di dunia maya. Inilah status yang pertama kali harus dicek untuk menentukan apakah si penjual benar-benar trusted seller atau hanya akal-akalan untuk menarik banyak pembeli. Cara untuk mengeceknya adalah dengan melihat sepak terjang toko tersebut di dunia maya dan seperti apakah reputasinya. Kita juga melihat review dari para pembeli yang sebelumnya pernah bertransaksi dengan mereka. Sebaiknya, pilih toko online yang sudah memiliki nama besar dan reputasinya baik.


2. Ada Garansi Produk

Cari tahu sistem garansi dan pengembalian produknya. Apakah toko online tersebut memfasilitasi sistem garansi dan pengembalian produk jika benda yang kita beli ternyata rusak? Periksa juga seperti apa garansi yang ditawarkan, seperti garansi toko ataukah garansi dari produk. Ini penting sebab kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi barang elektronik yang akan dikirimkan kepada kita.


3. Pilih Sistem Pembayaran 

Untuk meminimalisir penipuan, jika toko online tersebut memiliki sistem pembayaran COD atau cash on demand, lebih baik pilih pembayaran itu saja, misalnya sebagai alternatif dari pembayaran sistem transaksi online murah. Sistem pembayaran COD memungkinkan kita untuk mengecek kondisi barang terlebih dahulu dan membayarnya ketika kita sudah yakin dengan kondisinya.


4. Sistem Pengiriman yang Aman

Sistem pengiriman. Jika memang tidak ada sistem COD dan barang akan dikirimkan langsung pada kita, lihat lagi sistem pengirimannya. Banyak toko yang sudah memfasilitasi sistem pengiriman dengan ojek online yang memungkinkan kita untuk menerima barang di hari yang sama. Namun demikian, jika tidak ada fasilitas ini dan barang akan dikirim dengan menggunakan jasa logistik pastikan bahwa barang kita dilengkapi dengan asuransi yang aman.


5. Jangan Terlalu Percaya Barang yang Murah

Tips yang terakhir adalah sahabat distributor pulsa murah jangan mudah percaya dengan harga murah. Hampir semua orang tentu ingin belanja barang dengan harga murah, namum Anda perlu bisa bedakan mana harga murah dan mana harga murah berujung penipuan.


contoh seperti Anda ingin belanja online smartphone misalnya, jika harga lebih murah 100-200 ribu itu wajar, namum apabila harga lebih murah 50% di banding harga normal, itu perlu di curigai, karena tidak ada penjual smartphone yang bisa untung 50% dari harga jual.


Nah, semoga bermanfaat dan transaksi online selalu lancar ya, seperti lancarnya transaksi di bersama agen pulsa murah portalpulsa.



Diposting pada tanggal 2020-12-12 09:35:50. Dilihat sebanyak 148 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB