Cara Untuk Menghapus Data Smartphone Android Dengan Aman

 


cara delete data smartphone


Sebuah penelitian dari vendor antivirus Avast menyatakan jika pilihan factory reset yang ada di sistem operasi Android tidak efektif menghapus data pribadi pengguna. Perusahaan itu membeli 20 smartphone Android lama dari eBay. Mereka berhasil mengembalikan 40 ribu foto, 750 email dan SMS dan 250 kontak yang sudah dihapus dengan factory reset. Selain itu mereka juga berhasil memulihkan identitas empat pemilik smartphone lama itu. Yang lebih buruk, para pegawai Avast ini memakai software recovery yang tersedia di internet, bukan software khusus untuk memperoleh data-data ini kembali.

Walaupun Avast dan perusahaan-perusahaan lain menawarkan alat-alat penghapus data, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengamankan data pribadi saat melakukan factory reset.

Langkah 1: Enkripsi

Kalian disarankan mengenkripsi perangkat Android yang kalian lakukan sebelum menghapusnya. Proses enkripsi akan membuat data dalam smartphone teracak atau terpisah-pisah. Bahkan sekalipun tidak terhapus sepenuhnya, untuk memulihkan data ini diperlukan kunci khusus.

Untuk mengaktifkan enkripsi data, buka menu Settings, klik Security dan pilih Encrypt phone. Fitur ini mungkin terletak di lokasi berbeda di masing-masing perangkat Android.

Langkah 2: Lakukan factory reset

Langkah berikutnya adalah melakukan factory reset. Hal ini bisa dilakukan dengan memilih Factory data reset yang terletak di sub-menu Backup & reset di menu settings. Kalian harus tahu jika pilihan ini akan menghapus semua data di smartphone. Sebelumnya melakukan hal ini, backuplah semua data penting yang ingin kalian simpan.

Langkah 3: Masukkan data dummy

Langkah pertama dan kedua untuk sebagian besar orang cukup, tapi langkah ekstra berikut ini bisa memberikan perlindungan lebih saat menghapus data pribadi. Setelah selesai melakukan factory reset, masukkan foto-foto dan kontak palsu ke dalam smartphone. Kenapa perlu? Jawabannya ada di langkah berikutnya.

Langkah 4: Lakukan factory reset lagi

Sekarang setelah smartphone dipenuhi foto dan data palsu, lakukan factory reset lagi untuk menghapus konten atau data dummy itu. Sekarang orang akan lebih sulit untuk menemukan data asli yang terkubur di antara data dummy.

Masih merasa paranoid, takut data kalian ditemukan? Lakukan langkah tiga dan empat sebanyak yang kalian inginkan.



Diposting pada tanggal 2017-01-15 18:06:33. Dilihat sebanyak 1048 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: