5 Cara Melakukan Marketing Bisnis Online Yang Efektif

5 Cara Melakukan Marketing Bisnis Online yang Efektif


 


Dalam kehidupan manusia sekarang hampir tidak bisa dipisahkan dari aktivitas online atau pemakaian data internet. Hampir semua kalangan dan profesi juga membutuhkan akses ke internet karena bisa lebih mudah dan murah jika dimanfaatkan dalam menjalankan bisnis. Dalam bisnis, marketing bertujuan menjaga pangsa pasar, juga usaha untuk menambah omset penjualan. Tentu aktivitas online bisa juga dijadikan marketing dalam dunia usaha, dengan berbagai strategi pemasaran tertentu. Untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak lagi.


Dimana menurut survey, berjualan lewat online bisa memberikan pendapatan 80% lebih tinggi di bandingkan berjualan lewat offline. Untuk masalah jangkauan, media online pastinya akan lebih luas. Konsumen bisa menemukan produk yang Anda miliki dimana saja asalkan terhubung dengan jaringan internet. Akan tetapi sebelum Anda melakukan pemasaran online. Ada sebaiknya Anda mengetahui 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menjaga dan meningkatkan bisnis transaksi online.


1. Membuat Website dan SEO


Website sangat diperlukan bagi pebisnis yang memasarkan produk secara online dan SEO atau search engine optimization adalah salah satu strategi marketing yang dapat dilakukan dengan biaya relatif murah. Dengan melakukan optimasi pada website, memungkinkan website akan selalu muncul di halaman pencarian search engine, sehingga akan berdampak pada pengunjung yang bertambah. Dan yang diharapkan adalah kemungkinan pengunjung tertarik, kemudian bertransaksi karena menginginkan produk Anda. Cara melakukan pemasaran melalui situs penjualan yang efektif dengan adanya website untuk menerbitkan dan memasarkan produk. Situs website yang Anda gunakan bisa berupa blog atau toko online, maupun situs web minisite tergantung pada jenis produk yang Anda jual. Jika Anda menjual produk, seperti pakaian, aksesoris, atau buku, maka Anda harus menggunakan toko online.


2. Memanfaatkan Sosial Media


Saat era digital sekarang, tentu saja kita tidak boleh lupa akan begitu efektif dan murah promosi produk via media sosial. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan pemasaran secara online melalui media sosial, seperti:


- Membuat dan menggunakan fan page Facebook untuk promosi.


- Menggunakan Youtube Untuk menyebarkan video promosi.


- Memanfaatkan Twitter untuk membangun fan base dan targetkan prospek Anda.


- Memanfaakan Instagram dengan membuat postingan produk yang menarik juga membangun fan base lewat follower.


- Gunakan Google Plus dan Facebook untuk menyebarkan isi konten website Anda.


Anda harus mengetahui sosial media mana yang tepat untuk memasarkan produk Anda. Dengan membuat konten marketing yang tepat, maka akan mendapatkan calon pelanggan yang tepat dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen.


3. Marketing Menggunakan Iklan


Jika ingin lebih meningkatkan penjualan, maka Anda juga harus bisa memanfaatkan berbagai jenis iklan. Untuk memasarkan produk, berikut adalah beberapa jenis iklan online yang sering digunakan dalam melakukan bisnis pemasaran online.


PPC (pay per clik) sebuah metode periklanan dimana pengiklanan hanya membayar ketika iklan diklik oleh orang-orang pengguna internet. Jadi, ketika iklan Anda diklik dalam sehari oleh 100 orang, dan harga per klik adalah 500 rupiah, maka Anda hanya perlu membayar sebesar 50 ribu rupiah dalam sehari.


TLA (text link ads) atau pengiklanan dalam bentuk link saja, tidak gambar, hanya link yang mengarah kesitus dari situs website si pengiklan.


PTR (pay to review) adalah metode periklanan dalam bentuk dimana Anda tinggal menyediakan blogger yang bertugas meninjau produk Anda.


4. Mobile Marketing


Ini adalah strategi pemasaran online yang sedang tren. Dimana mobile marketing bisa dikatakan pemasaran yang bisa menyasar ke konsumen yang menggunakan perangkat mobile seperti tablet, smartphone dll. Oleh sebab itu, Anda harus mendesain ulang tampilan website tersebut sebisa mungkin agar lebih ramah atau user friendly ketika website tersebut diakses melalui perangkat mobile. Faktanya yang menurut survey atau penelitian, sekitar 30 sampai 40% konsumen memesan atau membeli produk secara online melalui ponsel atau smartphone.


5. Daftar di Marketplace


Marketplace adalah sebuah website atau aplikasi online yang memfasilitasi proses jual beli dari berbagai toko. Sekarang sudah banyak marketplace di Indonesia ini bisa Anda coba. Apalagi kebanyakan marketplace yang ada di Indonesia memiliki biaya yang murah bahkan gratis. Anda hanya perlu fokus kepada produk yang dijual, dan masalah optimalisasi produk dan promosi akan dilakukan oleh pihak marketplace sehingga Anda tidak perlu repot untuk mengurusinya.



Diposting pada tanggal 2020-03-02 15:54:08. Dilihat sebanyak 49 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB