Cara Menghemat Listrik Di Kamar

hemat listrik


Tinggal di kos bukan berarti kalian tidak bisa menghemat listrik. Memang pilihan dan cara kita terbatas karena masing-masing rumah kos memiliki aturan berbeda. Misalnya kita mungkin tidak diperbolehkan merubah jendela atau pintu kamar kos kita. Tapi tetap ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghemat listrik.

Ubah lampu di kamar

Salah satu cara termudah supaya kamar kos kalian efisien dan hemat listrik adalah dengan mengubah lampu. Jika lampu yang digunakan di kamar saat ini adalah lampu pijar, gantilah dengan lampu pendar (CFLs) yang memiliki simbol hemat listrik. Mengganti lampu bisa menghemat listrik hingga 75 persen. Terlebih lampu CFLs lebih awet dan tahan lama jadi kalian tidak perlu mengganti lampu berkali-kali.

Tentunya, selain mengganti lampu ingatlah untuk mematikan lampu jika tidak digunakan. Kebiasaan sederhana ini akan mengurangi penggunaan listrik secara signifikan.

Cabut kabel peralatan elektronik

Alat-alat elektronik menyumbang 15 persen dari penggunaan listrik di rumah. Bahkan saat tidak digunakan, perangkat elektronik tetap menggunakan energi jadi pastikan kalian mencabut kabel peralatan elektronik dari stop kontak jika tidak digunakan. Untuk mempermudah hal ini, gunakan stop kontak panjang dengan saklar. Tancapkan semua peralatan elektronik yang digunakan (selama aman) jadi jika kalian tidak perlu menggunakannya, kalian hanya tinggal mematikan saklar stop kontak ini. Kalian juga bisa membeli produk elektronik hemat listrik.

Kurangi penggunaan air

Jika apartemen, rumah kontrakan atau kos kalian memiliki kamar mandi di dalam, cobalah menghemat penggunaan air untuk menghemat listrik. Jangan menyalakan kran kalau tidak digunakan. Perpendek waktu mandi dari setengah jam menjadi 15 menit atau 10 menit.

Ubah kebiasaan mencuci baju

Jika kalian menggunakan mesin cuci, menghemat listrik bisa dilakukan dengan mengubah penggunaan mesin ini. Misalnya cucilah jika pakaian memang sudah menumpuk. Gunakan air secukupnya saat mencuci. Saat mengeringkan baju, pilihlah cara manual dengan dijemur dan tidak dengan menggunakan pengering pada mesin cuci.

Kalian butuh pulsa listrik, token PLN atau ingin membayar tagihan listrik? Portal Pulsa sebagai agen pulsa menyediakan voucher pulsa listrik, token PLN dan layanan pembayaran tagihan listrik.



Diposting pada tanggal 2016-12-02 14:01:30. Dilihat sebanyak 1209 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB