Cara Mengatasi Sinyal HP Android Yang Hilang

Cara Mengatasi Sinyal HP Android yang Hilang


 


Saat ini keberadaan smartphone sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Selain berfungsi sebagai alat komunikasi, juga berfungsi sebagai penunjang kemudahan segala aktivitas dan transaksi harian. Sayangnya, terkadang sinyal smartphone ini  suka macet dan pengguna harus mencari cara mengatasi sinyal hilang.


Terlepas dari semua fungsi krusial dari smartphone ini, sebenarnya ada komponen pendukung lain yang tidak kalah penting, yaitu rangkaian transmisi dan rangkaian receiver. Kedua komponen ini berfungsi untuk mengirim dan menerima sinyal agar smartphone tetap dapat berfungsi dengan baik.


Ketika Sinyal HP Hilang mendadak, maka koneksi data internet otomatis juga akan terputus (bila tidak memakai Wi-Fi), begitu juga kita akan kesulitan melakukan sambungan Telepon dan selalu gagal berkirim SMS.


Cara mengatasi Sinyal HP hilang / Tidak stabil

1. Restart HP

Sebagai salah satu langkah awal cara mengatasi sinyal hilang adalah dengan cara melakukan restart pada Hp yang kamu miliki. Cara ini merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk mengatasi sinyal yang hilang pada smartphone kamu. Dengan melakukan restart Hp semua sistem akan kembali ke setelan awal.


Kelihatannya memang sangat sepele namun cara mengatasi sinyal hilang Telkomsel ini terbukti sangat efektif untuk dilakukan untuk mengembalikan sinyal HP yang hilang. Dengan melakukan restart ini maka kamu dapat mengatasi sinyal hilang dengan ampuh.


2. Gunakan Mode Pesawat

Cara mengatasi sinyal hilang pada smartphone yang kedua kamu dapat mengaktifkan fitur mode pesawat yang ada pada HP. Cara yang satu ini juga tergolong mudah dan juga simpel untuk mengatasi sinyal yang hilang pada smartphone.


Selain simpel cara mengatasi sinyal hilang pada Hp samsung tersebut dapat juga dilakukan pada semua jenis Hp dengan merk yang lain. Karena fitur mode pesawat ini tersedia juga pada semua smartphone. Dengan demikian bila HP kamu mengalami sinyal hilang cara ini layak untuk dicoba.


3. Cek Pengaturan jaringan

Coba Cek mode jaringan di pengaturan HP, Kita bisa mencoba mencari jaringan dengan cara manual dari menu pengaturan. atau pastikan mode otomatis sudah diaktifkan, caranya masuk ke Pengaturan >> Jaringan (Koneksi) >> Pilih mode WCDMA/GSM Otomatis.


Dan coba Pula mengganti slot sim Card dari nomor 1 ke slot ke-dua atau sebaliknya untuk memastikan kedua kartu berfungsi baik atau tidak.


4. Cek Kartu SIM

Karena posisi pemasangan kartu SIM ini salah maka akan berdampak pada pada komponen HP yang lainnya menjadi cepat rusak. Karena itu cara mengatasi sinyal hilang ini dengan mengecek pemasangan SIM Card adalah merupakan solusi terbaik juga untuk mengetahui posisi kartu apakah sudah benar atau belum.


5. Coba Pindah Tempat

Saat mengalami sinyal HP tidak stabil atau cenderung hilang, coba pindah dari tempat duduk kita ke lokasi yang lebih bagus tangkapan sinyalnya.


Jangan berada di area yang terdapat penghalang sinyal seperti tembok bangunan, berada di antara gedung bertingkat, atau juga bisa karena kita berada di dekat perangkat elektronik yang melemahkan tangkapan signal.


6. Reset ulang HP

Bila semua langkah diatas sudah dilakukan dan tetap saja error sinyal di HP tidak dapat diatasi, coba lakukan reset ulang pengaturan sistem dan jaringan. Kita bisa melakukan factory reset, dimana fungsinya untuk mengembalikan sistem bermasalah dan setting jaringan ke dalam kondisi default bawaan pabrikan.


7. Flashing Ulang

Firmware yang bermasalah dan sudah hilang salah satu filenya pasti membuat sistem bekerja tidak stabil dan berpengaruh pada jalannya aplikasi dan fitur yang ada di HP. Kita bisa memperbaiki Sinyal HP error atau sering hilang, bisa melalui proses flashing dengan ROM resmi dan direkomendasikan oleh pabrikan ponsel.


Jangan memaksa Flashing firmware HP dengan custom ROM yang tidak support atau tidak recommended yang akibatnya beberapa fungsi dan menu yang ada tidak akan berjalan maksimal.


7. Hubungi Customer Service Operator Untuk Bantuan Lebih Lanjut

Cara mengatasi sinyal hilang lainnya yang terakhir adalah dengan cara menghubungi customer service operator dari provider yang kamu gunakan untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut mengenai sinyal Hp yang hilang. Cara ini dapat dilakukan bila beberapa cara di atas tidak bisa memberikan solusi.


Cara tersebut di atas dapat dilakukan bila kebetulan posisi kamu sedang berada di rumah. Cara mengatasi sinyal hilang di rumah ini kamu dapat segera menghubungi langsung customer service agar segera mendapatkan bantuan untuk menyelesaikan kenapa sinyal HP bisa hilang.


Itu dia beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar sinyal Hp Android kamu dapat mengakses jaringan 4G secara mudah. Dengan begitu, berbagai aktivitas yang didukung jaringan internet kencang akan semakin memberikan kenyamanan lebih. Terlebih saat transaksi pulsa murah portalpulsa. 


x (x)
 

Diposting pada tanggal 2022-01-20 14:47:51. Dilihat sebanyak 748 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB