Kulkas Anda Tidak Dingin? Ini 7 Penyebabnya!

 


Kulkas Anda Tidak Dingin? Ini 7 Penyebabnya!


 


Kulkas atau lemari es merupakan alat elektronik yang dibutuhkan untuk tempat menyimpan bahan makanan dan minuman. Serta bermanfaatkan untuk membuat es batu atau es cream. Makanan atau minuman yang diletakkan di dalam kulkas akan menjadi lebih awet. Tidak salah lagi kalau masyarakat begitu menginginkan kulkas sebagai barang yang wajib dibeli sebagai kebutuhan primer. Karena sudah tidak dianggap barang mewah, karena harganya yang relatif murah. Seperti kebutuhan kuota internet murah yang sekarang sudah biasa digunakan orang. Untuk merk-merk dan seri tertentu, terlebih lagi bagi mereka yang sudah berumah tangga.


Tetapi kadang ketika kulkas Anda ada masalah karena tidak dingin lagi, membuat makanan, sayuran dan minuman kurang segar. Oleh sebab itu Kulkas tentunya membutuhkan perawatan agar tetap berfungsi dengan baik. Kondisi kulkas yang tidak terawat rawan menyebabkan gangguan seperti salah satunya yaitu kulkas tidak dingin. Berikut adalah tujuh penyebab kulkas Anda tidak dingin yang perlu di perhatikan.


1. Pengaturan Thermostat Tidak Tepat

Pengatur temperatur atau yang biasa di sebut thermostat.  Yang menjadi alat pengatur suhu yang yang terhubung dengan kompresor yaitu alat pemompa freon, dengan mengubah tekanan rendah menjadi tinggi. Jadi tanpa kompresor maka proses pendinginaan tidak bisa terjadi yang jadi pengatur adalah Thermostat


2. Bunga Es Berlebihan

Coba Anda perhatikan apakah terdapat banyak bunga es di dalam evaporator di kulkas. Pada kulkas yang memiliki lubang angin untuk fan freezer adanya bunga es ini kemungkinan menutup lubang angin yang mengalirkan suhu dingin ke seluruh bagian kulkas. Karena banyaknya bunga es ini, bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin tapi freezer dingin. Jika lubang tertutup bunga es, maka bisa dipastikan kulkas tidak seperti seharusnya. Oleh karena itu, pembersihan bunga es harus di lakukan minimal dua kali dalam sebulan agar kulkas Anda tetap dalam keadaan dingin.


3. Timer Defrost yang Rusak

Untuk kulkas dua pintu biasanya mempunyai timer deforst, dimana fungsinya adalah mencegah penebalan es di bagian freezer. Sehingga timer ini memang berfungsi sebagai pengatur kerja kompresor untuk proses pendinginan dan proses kerja pencairan bunga es dengan cara pengaktifan heater atau pemanas sampai ketebalan es berkurang, sehingga tegangan yang tadinya digunakan untuk menggerakkan kompresor diubah dialihkan oleh timer ke heater. Proses untuk pecairan bunga es ini mempunyai setting timer kulkas yang tetap yaitu sekitar 6-7 jam. JIka timer kulkas dua pintu rusak, maka kompresor akan terus menyala untuk proses pendinginan, dan pada akhirnya akan terjadi ngeblok es. Sehingga jika yang rusak adalah untuk proses pendinginan maka kulkas juga tidak akan bisa dingin.


4. Meletakan Makanan Panas di Dalam Kulkas

Jika Anda mempunyai kebiasaaan memasukkan makanan yang masih panas ketahui jika hal tersebut membuat kulkas akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan makanan itu. Jika terus menerus dilakukan, kulkas akan cepat rusak. Kulkas yang bekerja lebih keras juga membutuhkan listrik yang lebih banyak. Yang berimbas pada pembayaran tagihan listrik bulanan atau kebutuhan voucher token pln murah Anda. Menyimpan makanan yang masih panas juga jadi salah satu sebab kulkas tidak bisa dingin. Hal ini terjadi sesuai dengan logika dasar, bahwa ketika suhu panas yang dihasilkan oleh makanan lebih dominan, maka suhu sekitarnya pun akan mengikutinya.


5. Karet Pintu Rusak

Dengan seringnya penggunaan kulkas, maka pintu selalu dibuka dan ditutup bisa menyebabkan karet pintu kulkas tidak lagi berfungsi dengan baik. Sehingga kulkas tidak berfungsi dengan sempurna, karena dalam posisi kurang rapat. Maka udara yang di dalam kulkas akan keluar dan berinteraksi dengan udara bebas sehingga suhu dingin di dalam kulkas akan menurun dan menyebabkan kulkas tidak bisa dingin lagi.


6. Tegangan Listrik yang Tidak Stabil

Jika terjadi tegangan listrik tidak baik, sebaiknya Anda segera menghubungi petugas PLN untuk memperbaiki bukan sekedar pembayaran tagihan listrik. Karena dingin dan tidaknya kulkas bisa juga karena pengaruh dari teganan listrik yang tidak stabil. Karena tegangan listrik yang kurang stabil dapat menyebabkan timbulnya gangguan pada peralatan-peralatan elektronik Anda, termasuk kulkas. Hal tersebut dapat menurunkan performa dari alat elekronik tersebut. Kondisi listrik yang tidak stabil biasanya akan bisa di ketahui dari nyala redupnya lampu pada kulkas.


7. Kompresor yang Rusak

Kompresor adalah salatu elemen yang memegang peranan penting dalam pengoprasian kulkas. Perhatikan jika kompresor panas, bisa jadi kompresor kulkas Anda sedang rusak. Salah satunya untuk mengecek kompresor yang telah rusak, jika Anda memiliki Ampermeter bisa dicoba diukur berapa arus yang terukur pada saat kompresor bekerja. Beberapa kulkas pada bagian tengah belakangnya terdapat skema yang bisa dijadikan acuan pengukuran berapa yang arus yang sesuai. Jika arus yang terukur terdapat kenaikan dari seharusnya, maka kompresor kulkas Anda sedang mengalami masalah.


Semoga sobat distributor pulsa murah bisa mengatasi dan mengetahui penyebab kulkas menjadi tidak dingin. Karena telah mengetahui tujuh penyebab kulkas bisa tidak dingin dengan membaca uraian di atas  yang sering terjadi tiba-tiba.


 


 


 



Diposting pada tanggal 2020-02-27 16:00:40. Dilihat sebanyak 97 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB