Tips Memilih Laptop Baru Untuk Pemula

tips memilih laptop

Teknologi komputer semakin berkembang sehingga pilihan laptop yang ada saat ini beragam. Selain fitur yang beragam, harga laptop juga beragam. Untuk mereka yang belum memiliki laptop sebelumnya, dan ingin membeli laptop hal ini bisa menjadi tantangan.

Misalnya sekarang ini ada laptop Chromebook, laptop dengan Microsoft Windows dan juga MacBook. Chromebook didesain untuk terhubung dengan internet. Kebanyakan aplikasi dan dokumen ada di awan. Hal ini berarti jika kalian membeli laptop ini, kalian perlu koneksi internet yang cepat. Selain itu, jika laptop lain memakai Windows 10 atau Mac OS X, Chromebook memakai Chrome OS. Jika kalian belum pernah memakai Chrome OS, hal ini bisa membingungkan.

Chromebook vs Windows?

Chromebook sebenarnya cukup mudah digunakan karena 90 persen orang menggunakan laptop untuk mengecek Gmail atau Facebook, menonton video atau berbelanja online. Jadi bagi kebanyakan orang Chromebook menawarkan semua fungsionalitas yang kalian perlukan. Sementara untuk harga, Chromebook memiliki harga berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 6,7 juta. Dengan kata lain, tidak lebih mahal dibandingkan smartphone saat ini.

Chromebook juga terasa lebih cepat dibandingkan laptop Windows dengan harga sama. Hal ini karena Chromebook tidak dipasangi banyak software sehingga prosesor bisa bekerja cepat. Tapi ada batasan saat memakai Chromebook. Laptop yang memakai Windows akan mengizinkan pengguna memodifikasi setting laptop, memasang dan menjalankan program. Selain itu laptop Windows pada dasarnya mengizinkan kalian melakukan apapun yang tidak bisa kalian lakukan dari browser Chrome. Misalnya para siswa, mungkin perlu menginstal aplikasi atau software khusus untuk sekolah. Sementara aplikasi berbasis web tertentu mungkin bekerja lebih baik di browser Firefox, Internet Explorer dan Microsoft Edge.

Apple MacBook vs Microsoft Windows

Memang MacBook buatan Apple mahal. MacBook termurah yaitu MacBook Air dengan layar 13 inci memiliki harga sekitar Rp 12, 6 juta. Laptop ini tidak diupgrade secara signifikan semenjak Maret 2015. Awal tahun ini, Apple merilis MacBook Air dengan memori RAM 8GB. Tapi kemungkinan besar dalam waktu dekat ini, Apple akan merilis laptop baru. MacBook baru nantinya akan memiliki harga minimal Rp 12,6 juta.

Padahal, kalian bisa memperoleh fitur-fitur serupa dengan yang ditawarkan MacBook dari laptop Windows. Misalnya laptop Dell XPS 13 yang dijual seharga Rp 10 jutaan. Ada juga Razer Blade Stealth yang dijual seharga Rp 10,4 juta. Microsoft sendiri memiliki laptop-tablet Surface Pro 4 yang dijual seharga Rp 10 jutaan.

Tapi MacBook memiliki keunggulan pada kualitas hardware. MacBook bisa awet 4-5 tahun tanpa mengalami kerusakan. Belum tentu laptop Windows dengan harga premium bisa seawet itu.

Kesimpulan

Jadi bagaimana kesimpulannya? Untuk pelajar SMP/SMA, cocoknya menggunakan laptop Windows yang murah. Laptop seperti ini bisa memberikan fleksibilitas yang lebih dan tetap menghemat uang. Untuk mahasiswa atau pekerja kantor, pilihan laptop bisa disesuaikan dengan budget. Bila memiliki cukup uang, kalian bisa membeli laptop mahal seperti MacBook. Bila tidak, ada alternatif lain dengan fitur-fitur serupa dengan MacBook dan berharga terjangkau.



Diposting pada tanggal 2017-01-06 15:45:30. Dilihat sebanyak 41 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: