7 Cara Mudah Dan Aman Menggunakan Internet

 


7 Cara Mudah dan Aman Menggunakan Internet


 


Saat ini internet telah menjadi bagian dari kebutuhan dasar seluruh umat manusia di muka bumi. Kehadiran internet membuat dunia seolah berada dalam satu genggaman. Ini juga dikarenakan mudahnya kita mendapatkan paket data murah di mana setiap orang dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi, pengetahuan, hiburan, hingga melakukan komunikasi antar negara dan benua hanya dengan melalui koneksi internet. 


Namun, di balik segala manfaat serta kemudahannya, internet tetap tak bisa terlepas dari berbagai bentuk dampak negatif yang bisa merugikan, salah satunya kebocoran data privasi dengan risiko terjadinya penyalahgunaan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab seperti penipuan dan maraknya berita hoax.


Ini karena keberadaan internet memang jelas terasa manfaatnya. Namun perlu kita sadari bahwa semua hal pasti ada sisi negatifnya. Internet memang menjadi wadah bagi informasi dan orang-orang yang mau mengakses informasi tersebut. Di internet bukan cuma ada orang baik saja tapi juga ada orang jahat yang mau memanfaatkan siapa saja yang lengah.


Nah, berikut ini cara menjaga keamanan internet dan tips menjaga privasi.


1. Buat Password yang Kuat

Banyak orang yang masih saja meremehkan kekuatan password. Padahal, justru pertahanan pertama dari email dan media sosial adalah password. Buatlah password yang susah ditebak dan jangan pakai password yang pasaran.


Disarankan membuat password dengan menggunakan kombinasi angka, huruf kapital, dan simbol. Namun usahakan untuk tetap mudah diingat.


2. Private Browsing atau Incognito Mode

Jika harus login di perangkat yang bukan milik kamu, memanfaatkan mode private atau incognito mode di browser yang dipakai.


Hampir semua browser telah mendukung mode mode private atau incognito. Dengan mode ini, browser dan komputer tidak akan menyimpan apa yang kamu lakukan selama browsing.


3. Tidak Sembarangan Beri Izin

Ketika mengakses internet, beberapa situs akan meminta izin untuk melakukan sesuatu. Dari minta akses cookie, push notifikasi, hingga dan masih banyak lainnya.


Permintaan izin seperti ini, biasanya disertai dengan term and condition alias kesepakatan sebelumnya. Baca dulu dan mempelajarinya sebelum menyetujuinya.


4. Hanya Masuk ke Situs yang Berawalan HTTPS

Kalau kamu ingin masuk atau login di sebuah situs, pastikan situs tersebut diawali dengan protokol https://. Protokol satu ini merupakan versi aman dari http, di mana huruf ‘s’ di bagian akhirnya itu adalah singkatan dari kata secure atau yang berarti aman/terlindungi. Seperti situs dari distributor pulsa murah portalpulsa yaitu agen pulsa murah


5. Aktivasi Otentifikasi Dua Faktor

Beberapa media sosial dan layanan online sekarang sudah menerapkan otentifikasi dua faktor. Apa itu Otentifikasi dua faktor? Verifikasi 2 Langkah (juga dikenal sebagai autentikasi 2 langkah), Anda menambahkan lapisan keamanan ekstra ke akun Anda jika sandi dicuri.


Selain login dengan username dan password, Anda juga diminta memasukkan kode keamanan yang dikirimkan. Bisa lewat email ataupun SMS.


6. Download dan Instal Aplikasi Dari Website Terpercaya

Pengguna komputer dan smartphone pastinya akan mendownload aplikasi yang dikira berguna. Dan tipikal kebanyakan orang, kalau ada yang gratis kenapa harus bayar. Jadi, daripada menggunakan aplikasi yang berbayar, lebih baik mencari aplikasi gratisan. Aplikasi grastisan bisa dicari dari berbagai sumber yang ada di internet.


Sembarangan mendownload aplikasi dan menginstalnya di smartphone dan komputer bisa beresiko membawa virus, malware, dan hal berbahaya lainnya. Ini disebabkan kita terlalu mengincar yang gratisan sehingga mencari aplikasi dari sumber yang entah darimana. Contohnya jika kamu mau mengunduh aplikasi jual pulsa bisa dipilih aplikasi yang ringan dan bebas virus yang resmi dari google play store.


7. Jangan Lupa Log out

Setelah login dan selesai, jangan lupa log out. Terutama ketika login email atau media sosial di perangkat yang bukan milik kamu. Ini karena ketika kamu lupa log out, bisa jadi email atau akun media sosial milikmu masih terbuka di tempat tersebut. Bisa jadi dimanfaatkan orang lain.


Meskipun teknologi dapat memudahkan banyak urusan dan pekerjaan, namun keberadaan internet yang cenderung bebas perlu kebijakan pengguna dalam pemanfaatannya. Masyarakat perlu memiliki literasi digital yang baik agar dapat menjadi pengguna yang baik dan aman dalam berinternet. Jangan sampai data pribadi kamu dimanfaatkan orang lain!


Jadi ingat ya, janngan mumpung punya kuota internet murah kita melupakan keamanan menggunakan internet, perlu diterapkan dalam pikiran bahwa internet itu tidak sepenuhnya diisi oleh hal yang baik. Ada juga hal buruk dan orang-orang jahat. Dengan menerapkan pola pikir ini di awal membuat kita sebagai pengguna menjadi lebih berhati-hati ketika berinternet. Jangan sampai kita jadi korban dari pada penjahat cyber.



Diposting pada tanggal 2021-12-20 14:28:43. Dilihat sebanyak 15 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB