Apakah Alat Elektronik Harus Dimatikan Saat Listrik Padam?

 


Apakah Alat Elektronik Harus Dimatikan Saat Listrik Padam?


 


Listrik padam bisa berdampak buruk untuk sebagian peralatan elektronik seperti televisi, pendingin ruangan, dan komputer PC atau desktop. Tak dimungkiri kalau alat-alat elektronik memang bakal rusak jika pasokan listrik mendadak mati karena pemadaman listrik dan kembali menyala dengan aliran listrik yang super besar dalam satu waktu. Karena itulah, Pada saat mati lampu atau pemadaman listrik sedang berlangsung, pastikan untuk mencabut beberapa perlatan elektronik berikut ini dari sumber listrik di rumah Anda


1.    Pendingin ruangan atau AC

Selain jarang dibersihkan, tidak diganti filter AC, dan suhu AC yang terlalu rendah, pendingin ruangan atau AC juga bisa cepat rusak kalau aliran listriknya tidak dimatikan saat pemadaman listrik. Maka dari itu, jangan lupa untuk langsung matikan saat ada listrik padam dan tunggu beberapa menit untuk kembali dinyalakan. Kalau kebiasaan ini diterapkan dan rutin memberi perawatan pada AC, kemungkinan besar AC milikmu bisa awet dan tahan lama.


2.    Komputer PC

Sobat distributor pulsa murah jangan lupa jika komputer yang sering mengalami kerusakan ketika mati listrik atau tidak dimatikan dengan benar adalah hardisk. Karena itulah, agar tidak cepat rusak, saat mati lampu pastikan juga untuk mencabut aliran listrik yang tersambung di komputer PC Anda.  


3.    Peralatan rumah tangga

Cabut kabel penghangat air, microvawe, penanak nasi, kompor listrik, pompa air, dan juga televisi selama pemadaman listrik. Lonjakan daya listrik yang tiba-tiba saat lampu menyala kembali akan menyebabkan kegalalan perangkat keras internal yang berakibat merusak. 


4.    Biarkan kulkas tetap menyala

Meski menjadi perabotan rumah tangga, kulkas atau lemari es sebaiknya tetap dibiarkan terhubung dengan aliran listrik sekalipun ada pemadaman listrik. Karena suhu dingin kulkas tetap mampu bertahan 3 hingga 4 jam saat kondisi tertutup rapat. Sehingga dianggap dapat menjaga kondisi bahan makanan yang ada didalamnya.


5.    Lampu ruangan

Lampu ruangan yang tadinya menyala harus segera dimatikan saat listrik padam. Tapi, biarkanlah satu lampu ruangan menyala agar bisa mengetahui listrik sudah menyala apa belum ketika pemadaman listrik telah berakhir. Apalagi kalau pemadaman listriknya terjadi saat malam hari, kamu jadi sulit tahu apakah listrik sudah mulai menyala apa belum.


Hal lain yang juga harus diingat adalah, hindari untuk langsung menyalakan semua peralatan elektronik setelah listrik kembali menyala. Sebagian besar perangkat membutuhkan gelombang daya yang cukup tinggi untuk kembali beroperasi dengan normal. Padahal di saat itu, ada kemungkinan listrik masih belum stabil.

Jika listrik sudah kembali menyala, sebaiknya tunggu beberapa menit untuk menyalakan kembali barang elektronik di rumah dan nyalakan satu per satu, agen pulsa murah bisa menyalakan yang penting dulu, misalnya lampu ruangan. Ini dilakukan agar dapat menghindari terjadinya korsleting listrik atau hubungan arus pendek yang tentunya sangat berbahaya jika terjadi. Jangan lupa dipraktekan langkah-langkah tadi saat terjadi pemadaman listrik di rumah dikarenakan butuh setidaknya energi listrik dua kali lebih tinggi dari biasanya untuk menyalakan kembali peralatan listrik Anda setelah listrik padam, agar listrik tak anjlok dan alat listrik Anda tidak rusak.


Demikian, tips untuk mencegah terjadi kerusakan alat-alat elektronik dirumah kita karena seringnya mengalami giliran listrik padam. Perlu diingat, untuk bayar tagihan bulanan atau biasakan untuk selalu isi token listrik murah cukup dari satu aplikasi jual pulsa android portalpulsa saja ya..



Diposting pada tanggal 2021-04-05 14:44:05. Dilihat sebanyak 373 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB