7 Cara Mudah Bikin HP Android Ngebut Lagi

 


 


7 Cara Mudah Bikin HP Android Ngebut Lagi


 


Handphone (HP) atau smartphone android saat ini bisa dengan mudah melakukan apa saja. Dan itu ada di genggaman kamu, bisa bantu mengabadikan momen, mengantarkan kamu ke mana saja, membayar makan malam dan banyak lagi. Sepanjang paket data murah internet kamu masih mencukupi.


Namun layaknya komputer, jika semakin lama digunakan performa HP akan semakin melambat. Banyak hal yang menyebabkan itu terjadi, salah satunya banyak file yang tersimpan di dalamnya. Walau begitu ini jangan dijadikan alasan untuk kamu untuk cepat membeli ponsel yang baru ya. Seperti halnya jika kita ingin mengisi paket data di distributor pulsa murah yang kini mudah telah banyak tersedia. Sebab ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat smartphone android bisa ngebut lagi.


1. Hapus Cache Aplikasi

Setiap mengunjungi situs web atau aplikasi, itu akan menyimpan beberapa informasi tentang penggunaan. Tetapi setelah beberapa waktu, pengumpulan cache suatu aplikasi meningkat sehingga memenuhi ruang penyimpanan. Sebaiknya hapus cache seperti beberapa aplikasi belanja online murah dan yang tidak sering digunakan. Ini akan meningkatkan kinerja perangkat.


Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, atau mengakses Settings > Apps > Pilih Aplikasi yang Hendak Dihapus Cache-nya > Storage > Clean Cache.


2. Singkirkan Bloatware

Ponsel apa pun versinya, kerap memuat aplikasi bawaan yang mungkin tidak begitu kamu perlukan. Dan semakin lama menggunakan ponsel, kemungkinan besar kamu pernah mengunduh aplikasi yang tidak lagi atau jarang digunakan.


Untuk menjaga agar agar ponsel tetap berjalan dengan lancar sebaiknya hapus aplikasi-aplikasi tersebut.


3. Cabut Akses Lokasi

Update android terbaru hadir dengan fitur keamanan yang memungkinkan pengguna melihat izin apa yang dimiliki aplikasi. Kamu mungkin akan heran melihat berapa banyak aplikasi yang memiliki akses ke lokasimu dan betapa sedikit dari mereka yang membutuhkannya.


Untungnya kamu dapat meninjau aplikasi dan mencabut izinnya. Berikut caranya:


  • Gesek ke bawah dari atas layar.
  • Sentuh dan tahan lokasi
  • Pilih Izin Lokasi Aplikasi
  • Ada opsi Diizinkan sepanjang waktu, Hanya diizinkan saat digunakan, dan Tidak diizinkan, temukan aplikasi yang dapat menggunakan lokasi ponsel kamu. Cukup ketuk aplikasi untuk mengubah izin.

4. Gunakan Aplikasi Versi Lebih Ringan

Kamu mungkin sudah sering mendengar kata 'lite'. Ini digunakan untuk aplikasi dengan versi 'lite' yang membutuhkan penyimpanan perangkat rendah dan penggunaan baterai rendah. Banyak aplikasi populer memiliki versi ringan seperti Twitter, Facebook, dan browser seperti internet explorer, opera, dan banyak lagi. Menggunakan versi ringan untuk jenis aplikasi ini akan membawa peningkatan kinerja.


Berbicara fakta, sebenarnya tak sedikit orang yang kerap gunakan aplikasi lite ketimbang versi normalnya. Seperti agen pulsa murah yang memiliki aplikasi android yang sangat ringan. Maka, meski menggunakan perangkat gadget kekinian, namun rasanya beberapa fitur yang kerap disediakan versi normal tak melulu dibutuhkan. Jadi, ini bisa menjadi sebuah alternatif untuk membuat ponsel android milikmu lebih ngebut.


5. Bersihkan RAM

Saat RAM bekerja terlalu berat, kinerja HP bisa jadi lemot. Karena itu membersihkan RAM bisa lkut membantu meningkatkan performa. Caranya bisa dengan aplikasi memori optimizer yang diberikan vendor pembuat atau aplikasi pihak ketiga.


Kalau boleh dibilang, cara satu ini termasuk sangat klasik, bahkan kerap digunakan saat HP berbasis android pertama dirilis. Hanya dengan beberapa kali ketukan, jumlah RAM yang sedang dipakai oleh aplikasi lainnya akan langsung dikosongkan.


6. Restart Perangkat Secara Teratur

Restart akan memberikan awal baru untuk perangkat kamu. Meskipun tampaknya tidak terlalu membantu, memulai ulang ponsel cerdas secara teratur membantu kinerja perangkat yang lebih baik.


Sama seperti restart membantu membersihkan RAM ekstra pada PC, itu akan menghilangkan penggunaan memori yang tidak berguna di latar belakang dan menutup aplikasi latar belakang. Lain kali kamu menghadapi lagging pada HP, coba restart ya.


7. Pindahkan atau Hapus File yang Tak Diperlukan

Masalah yang kerap dialami pengguna ialah penyimpanan yang memang sudah terlalu sempit. Dengan memindahkan file berupa dokumen, gambar, maupun video yang tak digunakan, tentu akan membuat ruang ponselmu lebih lega. Idealnya, menyisakan 10% dari total penyimpanan yang ditawarkan terbukti masih mampu keluarkan performa ponsel secara optimal.


Sekiranya itulah 7 cara mudah untuk membuat HP android milikmu bisa kembali ngebut. Cara diatas sama bisa dilakukan jika transaksi di aplikasi jual pulsa terjadi kendala. Setidaknya perlu kamu lakukan terlebih bila ponsel milikmu sudah lemot, entah karena faktor usia atau memang sudah penuh penyimpanan data memorinya.



Diposting pada tanggal 2022-04-05 14:28:49. Dilihat sebanyak 35 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB