Cara Menghemat Paket Data Murah Di HP Android

 


 


Cara Menghemat Paket Data Murah di HP Android


 


Kegiatan transaksi secara online tentu membutuhkan internet yang cepat dan stabil. Bagi kamu yang tidak pakai Wi-Fi di rumah, penting sekali untuk tahu cara menghemat data internet agar tidak cepat habis. Untuk kamu yang pakai Wi-Fi di rumah pun harus mengetahuinya. Karena terkadang kita tetap memakai pakai paket data internet murah ketika berada di luar rumah, atau ketika berada di tempat yang tidak menyediakan Wi-Fi.


Belum lagi kalau jaringan Wi-Fi sedang mengalami gangguan di rumah, atau bahkan mati lampu. Mau tidak mau pakai kuota data di ponsel untuk mengakses internet. Nah, berikut ini adalah cara menghemat kuota internet yang bisa kamu lakukan. Perlu diketahui bahwa ini berlaku untuk semua provider, ya!


1. Pasang batas penggunaan setiap bulan

Tidak mau kan, sebulan belum berlalu tapi paket data internetmu sudah habis? Coba pasang limitasi atau batas pemakaian internet per bulannya. Cara ini dapat diterapkan di Android 5.0 Lollipop dan setelahnya. 


Caranya sederhana. Pertama, cek pemakaian internet di Settings > Connections. Melalui data tersebut, kamu bisa memperkirakan berapa data yang kamu butuhkan dalam sebulan.


Jika sudah, klik Set mobile data limit atau Limit mobile data usage. Dengan begitu, kamu bisa lebih hemat tanpa harus memotong habis pemakaian internet. Seperti saat kamu memakai smartphone maka harus bisa mengetahui berapa deposit pulsa yang dibutuhkan pada setiap bulannya.


2. Batasi background data yang berjalan

Ada banyak aplikasi yang berjalan sebagai background di Android. Misalnya WhatsApp, Instagram, Facebook, atau bahkan game yang tidak dimatikan secara sempurna. Maka jangan heran jika mereka menyedot sebagian paket data internet yang kamu miliki. 


Untungnya, ada cara untuk meminimalisasi background data tersebut. Bagaimana? Caranya buka Settings > Data usage. Kemudian sederet aplikasi android pun akan muncul berdasarkan seberapa banyak data yang ia pakai. Klik aplikasi yang ingin kamu batasi, kemudian klik Restrict app background data. 


Perlu diketahui bahwa cara ini akan membatasi gerak aplikasi. Misalnya, ketika kamu mengaplikasikannya ke Facebook, kamu tidak akan mendapatkan notifikasi sebanyak sebelumnya. 


3. Pastikan aplikasi tidak update secara otomatis

Biang keladi berikutnya yang menghabiskan paket datamu adalah Play Store. Jika tidak diatur dengan baik, aplikasi tersebut akan melakukan update setiap waktu. Maka dari itu, penting untuk mencermati pengaturannya. Dan pastikan hanya aplikasi android yang ringan juga bermanfaat yang kamu download.


Caranya, bukalah Play Store > Settings > Auto-update apps. Di sana ada tiga pilihan yang bisa kamu gunakan. Jika kamu ingin menghindari update dengan paket data, jangan mengklik pilihan Over any network. Sebagai gantinya, pilihlah Over Wi-Fi only atau Don’t auto-update apps.


4. Hemat data internet saat browsing menggunakan Chrome

Jika kamu sering menggunakan Google Chrome untuk browsing atau misalnya sedang mencari distributor pulsa murah untuk cari informasi untuk memenuhi kebutuhan pulsa sendiri agar lebih hemat, kamu harus tahu bahwa browser tersebut menyedot banyak paket datamu.


Namun jangan khawatir, ada cara untuk mengatasinya kok. Karena Chrome memiliki fitur penghematan data yang akan memperkecil data di setiap laman yang kita buka. Bagaimana caranya? Buka Chrome, kemudian klik tiga titik yang ada di bagian kanan atas. Klik Settings > Lite Mode > On. 


5. Menghemat data di WhatsApp

Aplikasi pesan instan yang satu ini juga mengambil porsi banyak dari paket data internetmu lho. Apalagi jika WhatsApp dipakai untuk transaksi online. Untuk itu ada beberapa cara untuk meminimalisasi hal ini.


Cukup buka Settings > Data and storage usage. Di sana kamu dapat mengatur agar download media tidak dilakukan secara otomatis. Kamu juga bisa mengaktifkan Low data usage untuk mengurangi pemakaian paket data saat telepon.


6. Nyalakan mode Data saver

Cara terakhir yang dapat kamu coba adalah mode Data saver. Ketika menggunakannya, smartphone-mu akan menghentikan semua penggunaan paket data secara otomatis. Seluruh background data yang berjalan pun dihentikan. 


Bagaimana cara megaktifkan mode ini? Bukalah Settings > Connections > Data usage. Setelah itu geserlah toggle Data saver untuk mengaktifkan. Namun kamu harus tahu jika mengaktifkan Data saver, aplikasi tidak akan berjalan sesuai fungsinya.


Mudah sekali untuk dicoba, kan? Kamu bisa mengombinasikan berbagai cara yang disebutkan agar kamu bisa menghemat kuota internet murah internet secara maksimal. Selamat mencoba!


 


 

Diposting pada tanggal 2022-05-20 13:48:44. Dilihat sebanyak 174 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB