Yuk! Ketahui Cara Hemat Pemakaian Token Listrik Di Rumah

 


Yuk! Ketahui 10 Cara Menghemat Pemakaian Token Listrik di Rumah


 


Listrik pascabayar adalah listrik yang langsung bisa dipakai tanpa harus membeli pulsa. Nantinya pelanggan akan diminta membayar tagihan pada akhir bulan. Setiap bulan akan ada petugas PLN yang datang ke rumah dan mencatat jumlah pemakain listrik. Jika dulu pembayaran dilakukan di kantor PLN, saat ini pembayaran bisa dilakukan dengan mudah dimana saja. Misalnya lewat bisa aplikasi jual pulsa Kamu pun tidak perlu khawatir tiba-tiba mati listrik seperti ketika kehabisan listrik pulsa. Karena sepanjang kamu masih mempunyai deposit pulsa, maka bayar tagihan bisa dengan mudah dibayarkan.


Tagihan listrik menjadi salah satu pengeluaran rumah yang cukup besar setiap bulannya. Kamu pasti mengalaminya. Ada orang yang beralih dari listrik pascabayar ke listrik prabayar lantaran dianggap lebih hemat dan murah. Namun, saat memakai listrik prabayar, ternyata biaya untuk membeli token atau pulsa listrik masih besar. Nah, berarti ada yang salah di sini. Pemakaian listrik kamu memang tinggi dan tidak terkendali setiap bulannya. 


Untuk itu, kamu harus mulai melakukan langkah penghematan bagaimana bisa menekan biaya token listrik. Nah, buat kamu yang ingin menghemat pengeluaran listrik prabayar. Gak perlu khawatir, karena kali ini distributor pulsa ingin memberikan beberapa tips simpel menghemat pemakiaan token listrik biar dompet gak kebobolan. Apa saja? Berikut lima di antaranya:


1. Atur Pemakaian Peralatan Elektronik yang Mengkonsumsi Listrik Tinggi 

Microwave, rice cooker, mesin pompa air, setrika, hingga hair dryer menggunakan daya listrik cukup tinggi.  Belum lagi kalau kamu memiliki pemanggang roti, coffee maker, dan lainnya yang mengkonsumsi listrik dalam jumlah banyak. 


Sederetan peralatan elektronik ini menghasilkan panas sehingga menghabiskan listrik yang banyak. Kamu tidak perlu memakai microwave. Untuk mesin air, setrika, dan rice cooker memang harus digunakan setiap hari. Kamu harus makan, mandi, mencuci, dan setrika tiap hari kan?


2. Batasi Pemakaian Dispenser

Pemakaian dispenser memang tinggi lantaran kamu harus membuat kopi, teh, atau susu setiap harinya. Biasakan untuk mematikan dispenser setelah dipakai agar menghemat pemakaian listrik sehari-hari. 


3. Mengatur Pemakaian AC 

Sepertinya orang sudah terbiasa tidur dengan pendingin udara, namun kamu bisa melakukan pengaturan. Biasakan untuk menyalakan pendingin udara saat menjelang tidur dan kemudian langsung mematikan setelah bangun. 


4. Matikan Peralatan Listrik yang Tidak Dipakai 

Saat kamu tidak memakai peralatan listrik, kamu sebaiknya mencabut sambungan listrik dari stop kontak. Biasakan kalau seluruh anggota keluarga lainnya untuk melakukan hal yang sama setiap harinya. 


5. Miliki Peralatan Elektronik yang Hemat Listrik 

Sejumlah peralatan listrik sudah didesain untuk hemat dalam konsumsi listrik seperti televisi, lemari es, mesin cuci, dan lainnya. Saat kamu membeli peralatan listrik, carilah yang mengkonsumsi daya listrik rendah meski sedikit lebih mahal. 


6. Menggunakan Lampu LED 

Cara lain untuk menghemat listrik yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti lampu LED. Pasalnya, lampu LED 7 watt merek tertentu ternyata setara dengan bohlam 60 watt lho.


Sayangnya, banyak orang yang enggan mengganti lampunya menjadi lampu LED karena harganya relatif mahal dibanding lampu biasa. Untuk kisaran harga lampu LED itu yaitu rata-rata di atas Rp 100 ribu per buahnya. Namun, meski butuh modal cukup besar di awal, tapi bisa menghemat pemakaian token listrik murah dalam jangka panjang.


7. Mematikan Lampu 

Jangan biarkan lampu menyala di siang hari untuk menghemat pemakaian listrik. Matikan lampu segera. Saat malam hari, kamu bisa mematikan sejumlah lampu di ruang tamu, dapur, ruang keluarga, dan kamar mandi. 


Kamu hanya perlu menyalakan lampu beranda, halaman, atau carport sehingga kamu bisa melihat orang yang berada di luar rumah. 


8. Efisien dalam Pengisian Baterai Smartphone 

Tahukah kamu kalau membiarkan steker listrik terus terpasang gak hanya berisiko merusak alat elektronik saja tapi juga bisa menyedot listrik lho. Jadi, meski alat elektroniknya tidak menyala tapi listrik tetap berjalan.


Misalnya aja, sesederhana charger handphone yang terus terpasang ternyata dapat memakan listrik kurang lebih 1 watt per jam. Bahkan, modem internet ternyata juga bisa menghabiskan listrik hingga 4 watt per jamnya. Duh, pemborosan banget gak sih?


9. Masak Nasi Menggunakan Air Panas 

Kamu bisa menggunakan air panas saat memasak nasi di rice cooker untuk menghemat pemakaian listrik. Air panas bisa membantu mempercepat proses memasak nasi. Memasak nasi pun tidak memerlukan waktu lama. 


10. Menggunakan Kipas Angin 

Kipas angin relatif lebih hemat dalam konsumsi listrik jika dibandingkan dengan pendingin udara. Kamu bisa memasang satu atau dua kipas angin saat siang hari agar temperatur di dalam rumah tidak panas. Atau kamu bisa menempatkan sejumlah tanaman hias indoor di dalam ruangan agar menjadi lebih sejuk. 


Nah, itulah sepuluh langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk menghemat token PLN murah prabayar. Bagaimana? Sekarang sudah tahu kan cara menghemat token listrik dan apa saja keuntungannya. Yuk, mulai berhemat listrik dari sekarang ya.


 

Diposting pada tanggal 2022-01-31 14:55:28. Dilihat sebanyak 638 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB