Wajib Tahu! Trik Hemat Listrik Dan Air Pakai Mesin Cuci

 


Wajib Tahu! Trik Hemat Listrik dan Air Pakai Mesin Cuci


 


Mesin cuci adalah salah satu barang elektronik yang banyak digunakan di Indonesia, bukan lagi menjadi barang mewah atau hanya dipunyai kalangan orang kaya saja. Selain praktis dioperasikan, manfaat yang didapat juga beragam yang tentunya mempermudah pekerjaan mencuci di rumah. Tidak seperti kebutuhan pulsa murah yang sekarang mudah di dapat, sebagian pelanggan listrik banyak yang mengeluhkan adanya mesin cuci justru bikin daya listrik semakin naik. Ini bisa menambah biaya karena adanya kenaikan tarif listrik saat ini. Pasalnya sekali pemakaian butuh daya yang besar, bisa 300-400 Watt.


Tetapi, jangan khawatir! Jika kita mengetahui cara menghemat air dan listrik pada pemakaian mesin cuci, kita pasti tidak akan boros lagi. Terdapat beberapa langkah agar proses mencuci pakaian dengan mesin cuci bisa hemat air dan listrik. Caranya bisa dengan membeli jenis mesin cuci yang lebih hemat listrik itu, pakaian tetap bisa bersih maksimal sekaligus dapat hemat listrik dan air.


Namun, jika tak memiliki jenis mesin cuci hemat energi, kita bisa melakukan 6 cara pencucian hemat listrik dan air berikut ini:


1. Atur temperatur mesin cuci

Terdapat fitur pengaturan suhu pada saat pencucian dan pengeringan pada beberapa jenis mesin cuci. Jika milikmu ada fitur itu, cobalah atur suhu mesin cuci sesuai dengan jumlah cucian yang dimasukkan. Cara ini bisa menghemat listrik sekaligus bisa menjaga agar serat kain tetap lembut dan tidak mudah rusak.


2. Atur durasi putaran

Cara berikutnya yaitu dengan mengatur durasi putar mesin cuci. Namun, ada yang perlu kamu perhatikan untuk melakukan ini. Pertama tingkat kotor pakaian. Jika pakaian yang hendak dicuci tidak terlalu kotor, putar lah mesin sebenatar saja dan lakukan pembilasan secara manual.


Kedua yaitu jumlah pakaian yang dimasukkan ke dalam mesin cuci. Apabila tidak banyak mencuci pakaian, putarlah mesin hanya untuk pembilasan selama 5-10 menit. Terakhir adalah jenis bahan pakaian, jika bahan pakaian yang kamu rendam mudah rusak akan lebih baik jika mengerjakan pencucian secara manual. Namun, jika kita mencuci pakaian sejenis dalaman, cukup putar mesin untuk 5-10 menit untuk perendaman selanjutnya dibersihkan dan dibilas secara manual.


3. Kurangi kegiatan mencuci dengan mesin cuci

Kita bisa menghemat listrik dan air dengan melakukan kegiatan pencucian pakai mesin cuci hanya untuk 1-2 kali dalam seminggu atau lebih. Mencuci banyak pakaian dalam waktu 1-2 kali dalam seminggu menjadi lebih hemat air dan listrik daripada mencuci pakaian sedikit namun rutin dalam waktu setiap hari. Khusus untuk pengguna meteran listrik pasca bayar, kamu dapat menghemat karena kita dengan mudah menangani tagihan secara mudah, cepat, dan pilihan produk PPOB pasca bayar terlengkap dengan mengandalkan distributor pulsa untuk transaksi pembayaran listrik.


4. Gunakan detergen khusus untuk mesin cuci

Detergen khusus untuk mesin cuci menghasilkan busa yang lebih sedikit sehingga tidak perlu dibilas berulang-ulang. Kita juga perlu mengikuti takaran yang dianjurkan agar tidak ada busa berlebih. Dengan begitu, kita juga tidak perlu menambahkan siklus bilas ulang.


5. Langsung kucek noda

Jika pakaian terkena noda, segera bersihkan dengan detergen cair dan air, lalu kucek. Kita memang harus segera membersihkannya dan jangan menunggu hingga jadwal mencuci berikutnya. Dengan cara ini, kita cukup memilih siklus cepat pada mesin cuci karena noda sudah teratasi.


6. Manfaatkan pengeringan alami

Siklus pengeringan memakan energi sangat banyak karena mesin cuci harus memanaskan suhu di dalam tabung. Oleh karena itu, kita bisa melakukan pengeringan alami untuk menghemat listrik. Setelah air pada cucian mulai tiris dengan putaran sedang, kita bisa menggantung pakaian untuk dikeringkan ke sinar matahari langsung.


Perlu diingat, tindakan hemat listrik harus dibiasakan dari hal kecil supaya hasilnya bisa maksimal. Manfaat hemat listrik bukan hanya perihal biaya, namun kamu juga bisa menjaga barang elektronik lebih awet dan pemakaiannya akan lebih lama. Untuk bisa lebih menghemat biaya pemakian token PLN murah, dengan cara bayar tagihan dan kebutuhan pulsa token listrik murah di aplikasi portalpulsa.



Diposting pada tanggal 2022-05-12 14:45:34. Dilihat sebanyak 64 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB