Cara Ampuh Menghemat Listrik Token Pulsa Agar Tidak Boros


Cara Ampuh Menghemat Listrik Token Pulsa Agar Tidak Boros


 


 


Cara menghemat listrik bulanan memang diperlukan strategi yang benar-benar matang agar dompet tidak terus-terus kebobolan untuk membeli token listrik. Pasalnya, kamu harus memutar otak memikirkan alat elektronik apa saja yang harus bergantian digunakan. Ya, misalnya ada aturan pemakaian AC di kamar, hanya boleh saat sudah jam 8 malam dan dimatikan pada pagi hari. Sayangnya, kadang ada saja anggota keluarga yang bandel dan menyalakan AC saat siang hari dan bikin token listrik terkuras habis dengan cepat.


Kamu pun lagi-lagi harus membeli voucher listrik. Kalau seperti itu terus sih, wajar aja kalau kamu teriak karena isi rekening yang cepat habis cuma untuk beli token listrik. Karena itu, diperlukan strategi yang tepat untuk menghemat listrik. Tidak cuma dompet aman, tapi anggota keluarga juga nyaman. Nah, buat kamu yang ingin menghemat pengeluaran listrik pulsa  atau token listrik murah. Tidak usah khawatir, karena kali ini agen pulsa murah ingin memberikan beberapa tips simpel menghemat listrik biar dompet tidak kebobolan, diantaranya:


1. Membuat Daftar Alat Elektronik yang Digunakan

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pulsa listrik adalah membuat daftar alat listrik. Baik kamu yang tinggal di rumah atau di kost bisa melakukannya. Gunakan selembar kertas berisi nomor, nama alat listrik, dan daya listrik. Dengan demikian kamu bisa menentukan alat listrik yang boros dan yang hemat. Alat listrik dengan daya tinggi akan memakan banyak kuota pulsa. Pengeluaranmu akan membengkak jika alat tersebut kamu gunakan terlalu sering atau asal-asalan.


2. Mematikan Alat Elektronik Jika Tidak Digunakan

Cara paling efektif untuk mengurangi biaya token listrik yang membengkak adalah mematikan alat elektronik. Terbukti bahwa alat listrik yang dibiarkan menyala, seperti magic com yang terus-menerus aktif, lampu kamar, dan kulkas, akan membuat listrik boros. Jika kamu masih bisa menyiasati penggunaan alat listrik dengan alternatif alat lainnya, tentu biaya listrik dapat dikurangi.


Tempelkan stiker jam penggunaan alat-alat listrik di rumah. Misalnya saja lampu ruang tamu hanya boleh dinyalakan pukul 17.00 – 05.00. Tempel stiker tersebut di stop kontak lampu, sehingga kamu mudah mengingatnya. Orang lain atau anggota keluarga lainnya yang melihat pun bisa saling membantu.


Alat elektronik yang berpotensi membuat tagihan pulsa listrik membengkak adalah televisi. Apabila kamu merasa mengantuk, sebaiknya langsung matikan televisi agar tidak sia-sia. Lebih baik listrik tersebut digunakan untuk menyalakan alat elektronik lainnya.


3. Menggunakan Lampu LED

Cara memperlambat meteran listrik prabayar yang paling mudah adalah dengan menggunakan lampu LED. Penggunaan lampu di rumah atau di kost memang tidak bisa dihindari. Terlebih lagi jika ruangan tidak mendapatkan pencahayaan alami berupa sinar matahari.


Sekilas lampu LED memang terdengar mahal. Tapi, pengeluaran tersebut akan sebanding dengan energi listrik yang bisa dihemat. Faktanya, sebuah bohlam dengan daya 60 Watt memiliki tingkat kecerahan seperti LED 7 Watt saja. Usia lampu LED pun lebih panjang dibandingkan bohlam biasa. Jadi, pertimbangkan untuk mengeluarkan budget besar di awal, tetapi tetap menghemat biaya listrik.


4. Menggunakan Laptop daripada Komputer PC

Meteran listrik pulsa boros bisa disebabkan penggunaan PC yang nyaris tanpa henti. Jika kamu bekerja dengan menghabiskan banyak waktu di depan layar, sebaiknya gunakan laptop. Daya yang dibutuhkan untuk menge-charge laptop lebih sedikit dibandingkan ketika menggunakan PC yang harus tersambung listrik.


Penggunaan laptop juga dinilai lebih praktis. Kamu bisa membawa laptop kemana pun, bahkan ke kamar. Pekerjaan bisa diselesaikan tepat waktu dan pastinya tagihan listrik tidak membengkak.


5. Mengurangi Penggunaan Magic Com

Daya listrik cukup besar diperlukan dalam memasak nasi menggunakan magic com. Untuk mengurangi pulsa listrik, masak air menggunakan kompor. Cara tersebut efektif membuat waktu memasak di magic com menjadi lebih singkat. Tidak hanya itu, listrik pun bisa lebih hemat.


6. Menggunakan Setrika Otomatis

Pengaturan panas pada setrika dengan suhu terlalu tinggi membutuhkan daya listrik lebih besar. Agar bisa berhemat, pilih setrika otomatis yang akan langsung mati ketika suhu terlalu tinggi. Selain bisa menurunkan daya listrik, setrika otomatis tidak akan membuat pakaianmu berlubang karena suhu terlalu panas.


7. Tidak Menggunakan Pengering Saat Musim Panas

Mesin cuci saat ini seakan menjadi kebutuhan pokok di rumah. Alat yang membantu ibu rumah tangga tersebut tidak hanya digunakan untuk mencuci, tetapi juga membilas hingga mengeringkan. Hematlah kuota listrik dengan menjemur pakaian di luar ruangan, terlebih lagi ketika matahari bersinar terik. Pemakaian pengering pada mesin secara berlebihan bisa menguras pulsa listrik.


8. Menggunakan Kode Penghemat Listrik Token

Seperti ketika kita akan mengisi paket data murah internet, yang menggunakan kode tertentu di smartphone. Cara token listrik gratis mungkin belum bisa kamu dapatkan karena saat ini pengamanan cukup ketat. Namun, kamu bisa melakukan hack meteran listrik prabayar dengan memasukkan kode penghemat listrik. Meteran dari PT PLN memiliki tombol-tombol dengan kombinasi angka yang akan memunculkan fungsi berbeda.


Selain digunakan untuk memasukkan kode isi ulang listrik agar tetap menyala, ada banyak fungsi angka pada meteran listrik. Sebagai tambahan informasi, perbedaan merk meteran listrik akan berpengaruh pada perbedaan kode tombol. Berikut ini daftar kode dan fungsi tombol meteran PLN. Cara menggunakannya adalah dengan menekan kode, dilanjutkan tombol dan enter.


• Kode Meteran Merk ITRON

00: Restart meter apabila ada kegagalan atau akan memeriksa
03: Mengetahui total KWh listrik sebelumnya
07: Mengetahui batas KWh
09: Mengetahui daya yang digunakan
41: Mengetahui Voltase listrik
44: Mengetahui jumlah ampere yang sedang terpakai
47: Mengetahui daya yang sedang terpakai
54: Kode TOKEN terakhir
59: Mengetahui Jumlah KWh pengisian terakhir
69: Counter jumlah berapa kali mati
75: Mengecek ID meter PLN prabayar
79: Mengecek batas minimal alarm


• Kode Meteran Merk HEXING (ketik kode, kemudian accept)

800: Merestart meter
851: Mengetahui total KWh listrik yang sudah lalu
807: Mengetahui Voltase listrik
808: Mengetahui jumlah Ampere yang sedang terpakai
814: Mengetahui daya yang sedang terpakai
852: Kode TOKEN terakhir
817: Mengetahui jumlah KWh pengisian terakhir
809: Counter jumlah berapa kali mati
804: Mengecek ID Meter PLN prabayar
812: Mematikan alarm batas KWh
801: Mengecek sisa KWh
815: Mengetahui tanggal pengisian terakhir


Tetapi jika kamu tetap belum bisa melakukan kedelapan tips di atas, cobalah menggunakan alat penghemat listrik prabayar atau token pln murah. Saat ini sudah banyak dijual alat untuk menghemat listrik pulsa. Fungsi alat tersebut cukup beragam, misalnya membuat arus perangkat elektronik lebih stabil, meningkatkan efisiensi jaringan, hingga menghemat listrik pada tarikan awal. Juga pastikan memilih tempat yang terpercaya ketika membeli token atau pulsa listriknya ya, contohnya adalah supplier pulsa murah portalpulsa


 



Diposting pada tanggal 2021-11-09 13:41:12. Dilihat sebanyak 563 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB