Apa Saja Bahayanya Sering Tidur Dengan Lampu Yang Masih Menyala?

 


Apa Saja Bahayanya Sering Tidur dengan Lampu yang Masih Menyala?


 


Bagi sebagian orang, tidur tanpa cahaya atau lampu bisa jadi hal menyeramkan. Dengan begitu, mereka memilih tidur dengan cahaya terang agar merasa aman saat tidur. Padahal, tidur dengan lampu yang masih menyala bisa berbahaya bagi kesehatan. Karena paparan cahaya selama tidur membuat otak sulit untuk mencapai tidur yang lebih dalam. Alhasil, kita tak bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik di malam hari. Padahal, tidur malam yang cukup dan berkualitas sangat penting bagi kesehatan kita. Berikut manfaat tidur malam yang cukup dan berkualitas bagi tubuh kita, antara lain: memperbaiki otak dan tubuh, memungkinkan pemulihan otot melawan penyakit dan kondisi kronis, meningkatkan suasana hati, juga membantu pertumbuhan.


Itu sebaliknya jika kita tidur dengan lampu yang masih menyala, karena paparan cahaya sebelum tidur bisa menganggu produksi hormon melatonin. Melatonin adalah hormon alami di tubuh yang berperan dalam proses tidur. Atas perannya dalam tidur tersebut, hormon melatonin sering disebut sebagai hormon tidur, yang merangsang rasa kantuk. Saat produksi hormon melatonin berkurang, maka kita akan sulit untuk tidur dan mendapatkan kualitas tidur yang cukup. Sobat mitra agen pulsa murah perlu mengetahui bahwa jika tidur malam yang kurang atau tidak berkualitas bisa membuat kita berisiko mengalami hal-hal berikut:


Gangguan Siklus Tidur

Saat tidur, tubuh memroduksi hormon melatonin yang mendukung kualitas tidur. Paparan cahaya, baik lampu, tv, atau gadget dapat dapat menghambat produksi hormon ini. Kekurangan melatonin saat tidur dapat memengaruhi siklus tidur normal. Efek ini bahkan dapat bertahan lama sehingga Anda akan memiliki pola tidur yang kacau setiap hari.


Cahaya terang di malam hari, sekitar tengah malam, dapat mendorong siklus tidur kembali sekitar setengah jam. Ini membuat Anda susah untuk tidur di malam berikutnya. Sebaliknya, cahaya terang di pagi hari, ketika pertama kali bangun, memajukan siklus tidur, membuat Anda merasa ngantuk di pagi hari.


Bagi orang-orang yang tidur dengan paparan cahaya, hasil akhirnya adalah siklus tidur yang tidak teratur dan kondisi kesehatan yang buruk. Hubungan antara penerangan malam hari, gangguan tidur, dan risiko kesehatan juga begitu kuat.


Selama siang dan sore hari cahaya lampu memang akan meningkatkan kewaspadaan dan suasana hati. Tapi cahaya ini tak baik dibawa saat tidur. Paparan cahaya sebelum atau selama waktu tidur dapat membuat Anda sulit untuk tidur dan tetap tidur karena otak tidak akan membuat cukup melatonin yang merangsang tidur.


Bahkan jika agen distributor pulsa murah lagi bisa tertidur dengan lampu menyala di kamar, Anda mungkin tidak mendapatkan cukup tidur rapid eye movement (REM). Menurut National Sleep Foundation, tidur REM diyakini bermanfaat untuk belajar, memori, dan suasana hati. REM inilah yang dibutuhkan selama tidur malam untuk istirahat.


Paparan cahaya selama tidur membuat otak terus bekerja dan menganggu kualitas tidur. Irama dasar tubuh, termasuk siklus tidur, terkait dengan paparan cahaya. Akibatnya Anda merasa lelah keesokan harinya bahkan setelah tidur lebih dari 7 jam.


Depresi

Tahukah Anda jika siklus tidur yang buruk dapat memengaruhi pola gelombang otak, produksi hormon, dan pengaturan sel. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Molecular Psychiatry menunjukkan bahwa bahkan pencahayaan redup di malam hari - setara dengan cahaya malam - dapat meningkatkan perubahan fisiologis yang mengarah pada depresi pada tikus.


Kurang tidur juga dapat menyebabkan kemurungan dan lekas marah. Ini juga terjadi pada anak-anak, dimana anak yang kurang tidur kemungkinan akan lebih hiperaktif.


Obesitas

Suatu studi pada wanita menemukan bahwa obesitas lebih banyak terjadi pada mereka yang tidur dengan televisi atau lampu menyala. Partisipan studi juga 17 persen lebih mungkin untuk menaikkan berat badan sekitar 5 kg dalam 1 tahun. Dalam hal ini Faktor yang paling banyak memengaruhi adalah sumber cahaya di dalam kamar. Ini bisa berupa cahaya lampu, tv, atau gadget.


Perlu diketahui jika salah satu faktor dalam obesitas yang disebabkan oleh tidur adalah asupan makanan. Penelitian telah menunjukkan bahwa semakin sedikit tidur yang didapatkan, semakin banyak makanan yang kemungkinan akan dimakan pada hari berikutnya. Ini juga dapat mempengaruhi waktu makan. Cahaya lampu dapat membuat Anda susah tidur sehingga memicu untuk ngemil larut malam. Ini sangat berpotensi menambah berat badan.


Meningkatkan Risiko Terkena Penyakit Kronis

Jika cahaya terus mengganggu tidur dalam jangka panjang, Anda bisa berisiko lebih tinggi terhadap penyakit kronis tertentu. Ini termasuk tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung, dan diabetes tipe 2. Cahaya pada malam hari adalah faktor risiko yang signifikan untuk mengembangkan kanker payudara, menurut para peneliti yang meninjau data dari 1.679 wanita dan menerbitkan temuan mereka di Chronobiology International. Peneliti juga menemukan bahwa siklus tidur yang kacau akibat cahaya dapat menganggu kesuburan.


Untuk menhindari kemungkinan-kemungkina buruk diatas, karena kebiasaan membiarkan lampu menyala saat tidur. Yang juga sering dialami oleh anak-anak yang takut gelap. Maka Anda bisa mensiasatinya dengan menggunakan bohlam lampu malam merah atau oranye, gunakan cahaya redup agar tubuh dapat tetap memroduksi melatonin.


Selain itu, setelah bangun di pagi hari segeralah mencari cahaya matahari untuk membantu tubuh mengatur jam internalnya, terutama jika ingin menjaga waktu bangun yang konsisten. Berolahragalah di awal hari, seperti di pagi atau sore hari.


Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, selain bisa terhindar dari hal buruk dan menjaga kesahatan, kita juga bisa lebih menghemat bayar tagihan listrik setiap bulannya. Bayangkan jika setiap malam seluruh ruangan dirumah Anda tetap menyala di malam hari maka itu akan juga cepat menghabiskan token listrik Anda. Dan jika terjadi solusinya adalah cepat isi token pln Anda dari Aplikasi jual pulsa andriod portalpulsa saja ya. Cukup satu aplikasi bisa membayar tagihan listrik bulanan, juga salah satu cara cepat dan mudah untuk topup token listrik murah Anda.



Diposting pada tanggal 2021-02-03 15:12:48. Dilihat sebanyak 230 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB