Cara Mudah Menggunakan Kuota Internet Lokal Telkomsel

 


Cara Mudah Menggunakan Kuota Internet Lokal Telkomsel


 


Saat kamu membeli paket internet Telkomsel, kamu mungkin pernah mendapatkan paket internet lokal dalam paket yang kamu beli. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan kuota lokal? Local Data atau kuota internet lokal Telkomsel adalah jenis kuota internet Telkomsel yang hanya bisa digunakan di area atau zona tempat kamu mendapatkan paket internet tersebut.


Jadi kuota lokal adalah kuota internet telkomsel yang hanya dapat digunakan didaerah aktivasi kartu atau beli paket. Contohnya disini, Telkomsel akan membagi paket menjadi kuota lokal salah satunya. Kuota lokal Telkomsel merupakan kuota data internet yang cuma bisa diakses dan digunakan di suatu lokasi tertentu saja. Jadi, meskipun kuota ini bisa dipakai oleh jaringan 2G/ 3G/ 4G/ LTE, namun penggunaannya hanya bisa dilakukan di lokasi kota dimana kamu mendaftar.


Contoh sederhana ketika mengaplikasikan internet lokal Telkomsel adalah, jika kamu melakukan aktivasi paket kuota lokal ini di semarang, maka kamu hanya bisa menggunakannya saat berada di Semarang. Jika kemudian Anda pindah ke Jakarta, maka kuota tersebut tidak akan bisa digunakan lagi. Sehingga aktivitas browsing akan diambil dari kuota nasional (kalau ada) atau biaya normal (pulsa.)


Singkatnya, syarat utama untuk menggunakan kuota internet lokal Telkomsel adalah kamu harus berada di wilayah atau area pengaktifan paketnya. 


 


Kenapa Kuota Lokal Telkomsel Tidak Bisa Digunakan ?

Ada beberapa penyebab kenapa kuota lokal Telkomsel tidak bisa digunakan.


  1. Belum aktivasi kuota lokal.
  2. Zona kuota lokal berbeda saat, aktivasi kuota.
  3. Kuota utama belum habis.
  4. Menggunakan VPN.
  5. Pastikan pulsa telkomsel masih ada ( minimal Rp. 50 ).
  6. Histori IP HP ( coba restart HP ).
  7. Jaringan didaerah Anda gangguan / tidak stabil ( coba ganti ke mode 3G cek kuota lokal jika terpotong rubah kembali ke 4G LTE ).


Bagaimana Cara Menggunakan Kuota Internet Lokal Telkomsel ?

Sangat mudah, berikut ini langkah - langkah cara menggunakan kuota internet lokal Telkomsel :


  1. Aktifkan internet.
  2. Gunakan kuota utama sampai habis.
  3. Gunakan kuota lokal sesuai zona membeli paket.
  4. Lalu cek kuota telkomsel apakah kuota lokal yang berkurang atau pulsa yang tersedot.
  5. Jika kuota lokal berkurang lanjutkan menggunakan namun jika pulsa yang tersedot sebaiknya restart hp dan coba gunakan kembali.


Untuk cara mengatasi internet lokal Telkomsel tidak bisa digunakan, kamu bisa ikut beberapa cara di bawah ini. Simak baik-baik, ya!

1. Pastikan Lokasi Sesuai dengan Lokasi Pembelian Paket

Seperti yang Jaka bilang sebelumnya, Local Data Telkomsel hanya bisa digunakan di wilayah aktivasi paket tersebut. Kalau kamu berada di luar wilayah, otomatis kuota internet lokal nggak bisa digunakan.


Cara menggunakan kuota internet lokal Telkomsel pun bisa dilakukan dengan berada di wilayah aktivasi paket saat kamu pertama membelinya.


Dengan cara ini, pastinya internet lokal bisa kamu gunakan sampai habis untuk berseluncur di dunia maya, termasuk untuk streaming drama korea atau tontonan lainnya.


2. On/Off Mode Pesawat

Kalau kamu berada di wilayah yang sama dengan lokasi aktivasi paket tapi kuota internet lokal tetap nggak bisa digunakan, kemungkinan jaringan di HP-mu sedang mengalami gangguan.


Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencoba mengaktifkan mode pesawat atau Flight Mode di HP kamu. Setelah beberapa saat, kamu bisa menonaktifkannya kembali.


Meski terdengar sederhana dan sangat mudah, on/off mode pesawat ini terbilang ampuh untuk menagatasi jaringan yang lelet, lho!


3. Matikan Aplikasi VPN

Kalau kamu sedang mengaktifkan aplikasi VPN di hp android, maka jangan heran kalau internet lokal Telkomsel nggak bisa kamu gunakan.


Sebab, aplikasi VPN membuat lokasimu nggak terdeteksi di Indonesia, melainkan di luar negeri sesuai dengan server yang dipilih. Karena hal ini, sudah pasti kamu nggak bisa menggunakan kuota tersebut.


Untuk itu, kamu bisa coba mematikan aplikasi VPN terlebih dahulu agar lokasimu menjadi sesuai dengan wilayah aktivasi kuota.


  1. Lakukan setting VPN terlebih dulu.
  2. Download berbagai aplikasi VPN di Google Play Store ataupun App Store.
  3. Lalu buka aplikasi VPN yang sudah kamu install dan klik "Menu Handler".
  4. Kemudian centang opsi "Remove Port".
  5. Selanjutnya lakukan pencarian bug paket Telkomsel lalu pilih "Remove Port".
  6. Kemudian masuk kebagian "Real Proxy Type" dan ganti port dengan kode 80.
  7. Klik Save dan kamu bisa menggunakan kuota lokal Telkomsel.


4. Hubungi CS Telkomsel

Kalau kamu sudah berada di wilayah yang sesuai dan mencoba beberapa cara di atas tapi masih gagal juga, Jaka sarankan untuk menghubungi Customer Service Telkomsel langsung.


Kamu bisa menghubungi CS Telkomsel via Twitter karena respons yang diberikan oleh CS Telkomsel melalui salah satu media sosial terpopuler ini biasanya cukup cepat.


Kalau kamu nggak mempunyai akun Twitter, kamu juga menghubungi nomor CS Telkomsel di 188. Setelah terhubung, kamu bisa menyampaikan keluhanmu soal internet lokal Telkomsel tidak bisa digunakan.


5. Gunakan Fake GPS

Karena berada di luar wilayah aktivasi kuota internet lokal Telkomsel, maka nggak heran kalau kamu nggak bisa menggunakan kuota ini untuk internetan.


Untuk itu, kamu bisa memalsukan alamat kamu saat ini agar terdeteksi di wilayah aktivasi dengan menggunakan aplikasi fake GPS.


Kalau kamu masih bingung cara menggunakan Fake GPS, berikut langkah-langkahnya.


  1. Buka menu setting di HP kamu
  2. Pilih jaringan seluler kemudian pilih kartu SIM Telkomsel.
  3. Kemudian, klik "Nama Jalur Akses" atau APN dan klik tanda + untuk membuat APN baru.
  4. Klik save setting kemudian OK,
  5. Kemudian download dan install aplikasi Fake GPS Location melalui Play Store.
  6. Lalu buka aplikasi tersebut. Kemudian Klik Open Setting dan pilih " Aplikasi Tiru Lokasi".
  7. Selanjutnya pilih Fake GPS
  8. Pilih lokasi dimana kamu mengaktifkan paket lalu klik tombol panah warna hijau.
  9. Selesai kini kamu bisa menggunakannya.


Semoga bermanfaat ya, terus aktifkan kouta Telkomsel lokal kamu dimana kamu berada karena lancar dan bisa lebih murah. Kamu bisa mendapatkan paket data lokal Telkomsel khusus di seluruh kota-kota di pulau jawa dengan aplikasi android portalpulsa.



Diposting pada tanggal 2022-02-18 14:07:55. Dilihat sebanyak 206 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB