Cara Menghemat Listrik Untuk Peralatan Dapur

cara hemat listrik dapur



Salah satu bagian rumah kita yang mengkonsumsi banyak listrik adalah bagian dapur. Tapi ada cara yang bisa kita lakukan saat menggunakan peralatan dapur sehingga bisa menghemat listrik. Cobalah simak tips berikut supaya kita bisa menghemat listrik khususnya untuk peralatan dapur.


Jika kamu ingin membeli pulsa listrik murah, Portal Pulsa siap memberikan penawaran terbaik untuk kebutuhan token PLN kamu.



Perbaiki kebocoran udara

Beberapa orang memasang kipas angin di dapur untuk mengatasi rasa panas saat memasak juga sebagai sirkulasi udara. Kebocoran udara dari kipas angin ini bisa membuat kita boros listrik. Cobalah memperbaiki hal ini dengan menutup kipas dengan penutup atau mengganti kipas dengan kipas baru.

Jaga kebersihan peralatan dapur

Bersihkan peralatan dapur secara teratur dan pastikan setiap peralatan dapur terutama yang memakai listrik, bekerja dengan baik. Peralatan dapur yang memakai listrik misalnya oven atau microwave, magic jar dan lain-lain akan boros listrik jika mereka tidak bersih atau bekerja dengan baik.

Bila peralatan dapur yang memakai listrik sudah berusia lebih dari 18 tahun, maka lebih baik diganti dengan model baru dan pilihlah model yang hemat energi.

Beli peralatan dapur hemat energi

Belilah peralatan dapur yang hemat energi jika tersedia. Contohnya, sistem penyalaan listrik pada oven modern saat ini bisa membuat oven hemat listrik 30 persen dibandingkan model lama. Harga peralatan dapur listrik model baru mungkin sedikit lebih mahal, tapi lebih hemat listrik pada jangka lama.

Matikan peralatan dapur

Matikan kipas untuk sirkulasi udara 20 menit setelah kalian selesai bekerja di dapur. Jika kalian perlu mengganti kipas ini, belilah model yang paling hemat energi dan efisien. Sebuah kebiasaan baik yang bisa dilatih adalah sebelum tidur setiap malam, cobalah cek jika ada peralatan dapur yang memerlukan listrik yang masih tertancap kabelnya di stop kontak.

Gunakan peralatan dapur yang lebih kecil

Peralatan dapur yang lebih kecil memerlukan lebih sedikit energi dibandingkan yang lebih besar. Sebagai contohnya, jika kalian bisa menggunakan toaster (pemanggang roti), panci listrik, magic jar atau slow cooker untuk menghangatkan makanan, maka gunakan peralatan ini dibandingkan menggunakan oven.

Simpan panas

Peralatan memasak dan penghangat makanan listrik biasanya menyimpan panas beberapa saat setelah dimatikan. Jika kalian hampir selesai memasak makanan, matikan listrik dari peralatan ini, dan gunakan panas yang sudah tersimpan di dalamnya.

Daur ulang peralatan dapur listrik

Sekarang ini ada layanan untuk mendaur ulang peralatan dapur lama. Jika kalian berpikir peralatan dapur listrik yang dimiliki bisa didaur ulang dan digunakan kembali, cobalah lakukan trik ini. Kalian juga bisa menyumbangkan peralatan dapur lama.



Diposting pada tanggal 2016-12-01 22:27:40. Dilihat sebanyak 712 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: