5 Tips Mudah Untuk Menghindari Penipuan Saat Belanja Online

 


 


5 Tips Mudah Untuk Menghindari Penipuan saat Belanja Online


 


Dalam beberapa tahun terakhir, transaksi jual beli secara online jadi sebuah gaya hidup baru dengan tujuan mengefisiensi tenaga dan waktu. Kehadiran berbagai e-commercemarketplace, hingga online shop yang kian menjamur kini perlahan mulai mengubah kebiasaan masyarakat modern dunia-khususnya masyarakat di Indonesia dalam berbelanja. Belanja apa pun kini bisa langsung dalam sekali klik dengan begitu mudah selama ada koneksi internet. Alhasil, orang-orang jadi tak perlu repot lagi datang ke pusat perbelanjaan dan mengantre untuk membayar. 


Akan tetapi, di balik segala kemudahannya, kegiatan berbelanja online nyatanya juga memiliki kekurangan yang dapat membuat konsumen merugi, di mana salah satunya adalah maraknya kasus penipuan. Penipuan bukanlah hal yang baru dalam dunia transaksi jual beli online, bahkan kerap kali terjadi karena kurangnya kewaspadaan dan ketelitian konsumen saat memilih lapak atau penjual. Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya penipuan saat berbelanja online, berikut 5 tips mudah yang bisa Anda cermati:


1. Jangan tergiur harga murah

Tips yang pertama adalah jangan tergiur harga produk yang murah. Harga murah masih menjadi pertimbangan terbesar seseorang dalam memilih produk. Seperti pandangan situs jual beli online dalam stigma masyarakat, di mana mereka bisa memilih barang dengan mudah serta memilah harga sesuai isi kantongnya. Meskipun di toko online memang seringkali memberikan harga yang lebih murah, bahkan banyak diskonnya, tetapi kita tetap harus memahami dan memilah harga yang masuk akal. 


Harga yang sangat murah atau jauh di bawah harga pasar patut menjadi pertanyaan apakah penjual tersebut benar-benar menjual barang secara online atau hanya menjadikan jual beli online sebagai wadah untuk mencari mangsa saja. Bagaimanapun, seorang penjual tetap mempertimbangkan untung dan rugi, bukan? Meskipun mungkin lebih murah dari yang lain, tetapi hanya beberapa ratus rupiah saja biasanya dari harga pasar, sebagai pemantik pembeli. Jadi, jangan asal senang dengan harga yang sangat murah. Alih-alih mendapatkan barang, bisa jadi kita malah sekadar kehilangan uang saja. 


2. Membaca rivew/ulasan

Tips yang kedua adalah sempatkan waktu untuk membaca review/ulasan. Meskipun kamu sudah merasa cocok dengan gambar atas barang yang ingin kamu beli, tetapi tidak ada salahnya untuk menyempatkan waktu membaca ulasan. 


Membaca ulasan termasuk hal yang penting karena dari sana kita bisa mengetahui penilaian orang lain yang sudah terlebih dulu membeli barang tersebut. Jika banyak ulasan positif tentu kita menjadi yakin bahwa barang tersebut memang bagus atau toko tersebut bisa dipercaya. Sebaliknya, jika kebanyakan ulasan justru negatif kita bisa mencari toko lain saja. 


3. Memperhatikan rating

Tips yang ketiga adalah memperhatikan rating. Meskipun terkesan sepele, tetapi jumlah rating bisa menggambarkan bagaimana toko online tersebut berkiprah. Rating yang tinggi tidak bisa asal di taruh begitu saja, bukan? Hal tersebut tentu di dapat dari kepercayaan orang-orang yang sudah bertransaksi. Beberapa orang yang terkadang sudah terlanjur kesal dengan barang yang jelek, biasanya akan memberikan rating yang rendah. Hal tersebut patut menjadi pertimbangan saat kamu akan berbelanja online.


4. Perhatikan jumlah penjualan

Tips yang keempat adalah memperhatikan jumlah penjualan. Toko yang sudah berhasil menjual barang sampai ribuan tentu sudah tidak bisa diragukan. Ulasannya pun biasanya sudah banyak. Hal tersebut sangat membantu kita agar terhindar dari penipuan. 


Bagaimanapun toko abal-abal tidak mungkin bisa menjual banyak barang karena terlanjur memiliki ulasan awal yang buruk. Sehingga, setiap orang yang mampir ke tokonya bisa mempertimbangkan untuk mencari toko lain. 


5. Jangan bertransaksi di luar marketplace

Tips yang terakhir adalah jangan pernah mau untuk bertransaksi di luar marketplace. Apapun alasannya, akan sangat mencurigakan jika sebuah toko online memaksa pembayaran ke rekening pribadi. Padahal, dalam marketplace tentu ada rekening bersama bahkan bisa COD. Apalagi jika ditambah harus membayar biaya admin dulu atau yang lainnya, jangan pernah mau. Ketimbang kehilangan uang, mending kehilangan beberapa waktu untuk mencari toko baru yang lebih meyakinkan.


Nah itu dia 5 tips menghindari penipuan saat berbelanja online. Semakin canggihnya teknologi, semoga bisa membuat otak kita semakin canggih pula. Kalau masih bingung, akan lebih baik bertanya kepada orang lain yang sudah terbiasa berbelanja online daripada memutuskan segala sesuatu sendiri yang akhirnya merugikan diri sendiri. Top up saldo e-wallet murah ingat portalpulsa ya. Semoga bermanfaat!



Diposting pada tanggal 2022-03-04 14:23:26. Dilihat sebanyak 35 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB