Kiat Dan Inspirasi Dari Pengusaha Sukses

 


Kiat dan Inspirasi dari Pengusaha Sukses


 


Saat ini, banyak persepsi yang beredar di masyarakat jika ingin membangun bisnis yang sukses harus memiliki modal besar. Banyak orang yang mengatakan bahwa keuangan adalah penentu keberhasilan dalam memulai bisnis.


Tapi tahukah Anda? Ada banyak para pengusaha yang sukses yang terlahir dari keluarga miskin dan sulit untuk memperoleh kehidupan layak semasa kecil hingga mudanya. Artinya, modal besar menjadi bukan satu-satunya penentu kesuksesan seorang pengusaha. Kesuksesan finansial yang bisa diperoleh dari membangun usaha sendiri mendorong orang untuk memilih memulai usaha mereka sendiri. Banyak kisah sukses para pengusaha yang mulai dari nol dan harus melewati jalan panjang dan berliku sebelum akhirnya meraih kesuksesan yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin menjajal dunia wirausaha.


Berikut adalah kiat-kiat yang bisa membantu Anda untuk dapat menjadi pengusaha yang sukses.


1. Pengusaha Sukses itu Kerja Keras & Tekun

Terdengar simple namun untuk bisa tekun dalam menjalankan bisnis sendiri sebenarnya sangat sulit. Memerlukan kerja keras dan konsisten sehingga tidak mudah menyerah ketika mendapatkan tantangan dalam menjalankan usaha.


2. Berani Menantang Diri Sendiri

Seorang pengusaha harus siap menghadapi tantangan. Tantangan di dalam dirinya sendiri maupun di lingkunganya. Terlebih dahulu Anda harus menantang diri sendiri sehingga mendorong untuk tetap bersemangat dalam menghadapi perkembangan yang terjadi. Seorang pengusaha harus gesit dalam mencari tantanganberikutnya untuk menghadapi apa yang menjadi visi Anda.


3. Lakukan karena Passion

Banyak yang bermula dari hobi kini menjadi tempat usahanya. Inilah karena semua yang dilakukan berdasarkan kesenangan akan terasa lebih ringan dan bisa menjadi sebuah cara yang tepat untuk memulai bisnis Anda.


Pilihlah passion Anda, baik di bidang teknologi, fashion ataupun kuliner sehingga bisa mendalami bisnis yang Anda mulai. Contohnya, jika Anda menyukai kopi dan memiliki pengetahuan lebih, kenapa tidak mencoba untuk memulai bisnis kedai kopi sendiri. Dengan passion pengusaha tidak akan pernah lelah untuk bekerja berjam-jam dan masih bersemangat untuk mendapatkan ide-ide bisnis kreatif baru yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.


4. Berani Mengambil Resiko

Seorang pengusaha harus berani mengambil resiko sehiggga berkeinginan untuk mendapatkan hal-hal baru di dalam hidupnya. Mengambil keputusan dengan mempertimbangkan resiko terkecil dari pilihannya adalah hal yang perlu Anda biasakan dan ini merupakan salah satu cara menjadi pengusaha sukses. Sehingga calon pengusaha dapat ditentukan dari cara pandangnya menyelesaikan masalah.


5. Pengusaha Sukses itu Percaya Diri

Calon pengusaha sukses dapat dilihat dari gestur tubuhnya sangat Anda berkenalan pertama kalinya. Ia sangat percaya diri, kemampuan ini juga akan meningkatkan intuisi yang bergantung pada kebijakan dalam mengambil keputusan.


Percaya akan kemampuan diri Anda akan menghilangkan rasa ketidakpastiaan yang seringkali menjadi ketakutan penguasaha diawal memulai berwirausaha. Ingat Anda harus yakin dengan kemampuan Anda, pengalaman dan ilmu yang Anda milik.


Memulai sebuah bisnis mungkin memang membutuhkan modal dan biaya yang tidak sedikit,Seperti memulai jadi agen pulsa murah dan berkembang dibutuhkan bukan dari modal, tetapi tekat dan semangat berusaha seperti kisah-kisah pengusaha sukses di tanah air berikut, yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda.


 Bob Sadino

Terlahir di Lampung, 9 Maret 1939, mendiang pengusaha dengan nama lengkap Bambang Mustari Sadino ini termasuk salah satu pengusaha sukses yang sempat mengalami jatuh-bangun sebelum akhirnya menorehkan kesuksesan besar. Setelah sekitar sembilan tahun menjadi pegawai, Bob memutuskan untuk berhenti dan banting setir menjadi pengusaha.


Usaha pertama yang dirintisnya adalah bisnis penyewaan mobil, dengan hanya bermodalkan satu mobil Mercedes dan ia supiri sendiri. Namun karena musibah kecelakaan yang menimpanya saat mengemudikan mobil yang disewakannya itu, bisnis itupun berhenti di tengah jalan. Tidak putus semangat, ia kemudian beralih profesi sebagai buruh bangunan yang dibayar dengan upah harian.


Saat menjadi kuli tersebut, ia melihat adanya peluang bisnis yang lain, bisnis ternak ayam dan telur ayam negeri. Dengan modal pinjaman tetangganya, akhirnya Bob mulai menjalankan bisnis tersebut. Awalnya, Bob menawarkan sendiri dagangannya dari rumah ke rumah di wilayah sekitar tempat tinggalnya, terutama kepada para ekspatriat, di bilangan Kemang, Jakarta Selatan.


Bisnis telurnya tersebut akhirnya berbuah manis dan ia mengembangkan sayap dengan menjual daging dan sayuran hidoponik. Berkat keuletannya, bisnis tersebut sukses dan ia pun mendirikan Kem-Chicks, supermarket ternama yang menjual berbagai macam produk peternakan dan pertanian. Meski sudah sukses, ia tetap tampil sederhana dan kerap kali melayani sendiri para pelanggannya seperti keluarganya sendiri.


 Susi Pudjiastuti

Perempuan kelahiran 1965  adalah seorang pengusaha yang terkenal tegas. Ia merintis bisnisnya di bidang perikanan dan kemudian maskapai penerbangan dari nol.


Setelah memilih untuk berhenti sekolah sebelum lulus SMA, ia memulai usahanya sebagai pedagang pakaian dan bed cover. Setelah melihat potensi wilayah tempat tinggalnya, Pangandaran, sebagai penghasil ikan, Susi lantas memanfaatkannya sebagai peluang bisnis dan beralih ke usaha perikanan.


Dengan modal hanya Rp750 ribu hasil dari menjual perhiasannya, ia mulai membeli ikan dari tempat pelelangan dan memasarkannya ke sejumlah restoran. Setelah sempat tersendat, bisnis Susi akhirnya berhasil menguasai bursa pelelangan ikan di Pangandaran dan bahkan kemudian merambah ke ekspor ikan dan lobster.


Bisnis maskapai penerbangannya juga berawal dari bisnis perikanan tersebut. Untuk mengatasi masalah pengiriman ikan yang lambat apabila lewat darat atau laut, Susi membeli sebuah pesawat dari pinjaman bank untuk pengangkutan produk lautnya, yang kemudian berkembang menjadi armada maskapai penerbangan Susi Air yang melayani rute pedalaman dan carter.


 Ciputra

Pengusaha yang bernama Tjie Tjin Hoan tidak datang dari keluarga yang bergelimang harta. Pada saat ia berumur 12 tahun, ayahnya dipenjara oleh anggota gerakan anti-Jepang yang mengira bahwa ia adalah bagian dari penjajah. Naasnya, ayahnya juga meninggal pada saat dipenjara. Dengan situasi ini, Ciputra harus membantu ibunya untuk mengurus ternak yang dimiliki mereka untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.


Kondisi kehidupan yang kurang menguntungkan ini tidak membuat Ciputra patah semangat untuk mengejar cita-cita. Ia bisa menyelesaikan pendidikan tingginya di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan jurusan Arsitektur. Setelah lulus, ia bersama beberapa rekannya mendirikan bisnis yang bernama PT. Daya Cipta yang bergerak dalam dunia architect consultation.


Ciputra bersama dengan rekannya pindah ke Jakarta dengan harapan mendapatkan proyek pemerintah Jakarta yang besar. Usaha yang keras membawa Ciputra kepada kesuksesan. Pemerintah DKI Jakarta akhirnya mempercayai jasanya untuk menjalankan beberapa proyek seperti pembangunan pusat perbelanjaan, bahkan proyek besar seperti pembangunan Taman Impian Jaya Ancol dan kota mandiri Bintaro Jaya.


 Chairul Tanjung

Chairul Tanjung adalah seorang pengusaha besar di Indonesia yang telah sukses membangun CT Corp, Holding Company yang membawahi beberapa perusahaan ternama seperti Trans TV. Bisnis yang dirintis oleh sosok yang lahir pada 16 Juni 1962 ini sudah sangat berhasil. Total kekayaan darinya adalah 4.9 miliar Dolar AS. Dibalik kesuksesan ini, ada sebuah perjuangan yang dilakukan oleh konglomerat kelahiran Jakarta ini. Setelah lulus dari kuliah, Chairul sadar bahwa dunia kedokteran bukanlah karir yang ingin dia jalani, dan dia lebih memilih untuk menjalani bisnis yang lebih besar lagi.


Ia pun sempat mencoba untuk membuka dua usaha, yaitu bisnis kontraktor dan bisnis pabrik sepatu. Sayangnya, kedua usaha tersebut gagal di tengah jalan. Namun, ini tidak menghentikan semangat Chairul untuk menjadi seorang pebisnis. Akhirnya, pada tahun 1987 ia memulai usaha konglomerasinya yang dinamai Para Group. Setelah itu, kesuksesan pun datang secara perlahan namun pasti.


Pada tahun 2011, Para Group berubah nama menjadi CT Group. Setelah perjuangan yang cukup panjang dan kegagalan yang meraup banyak kerugian, tekad dari Chairul Tanjung untuk selalu berusaha untuk menjadi seorang pebisnis membentuknya untuk menjadi pengusaha yang sukses.


 Nadiem Makarim

Sosok pria yang satu ini adalah Founder dan CEO dari salah satu perusahaan transportasi online di Indonesia, Jugamemanfatkan dari era topup e-wallet murah aplikasi ojek online (ojol) didirikan oleh Nadiem pada tahun 2010. Yang membawa dirinya dipercaya oleh presiden jokowi sebagai Menteri Pendidikan dan kebudayaan Repulik Indonesia.


Latar belakang yang dimiliki oleh lulusan magister Bisnis Administrasi di Universitas Harvard ini juga sangat mulia. Nadiem ingin memperbaiki sistem transportasi di Indonesia. Awal mula dari usahanya pun tidak gampang. Dengan hanya memiliki 20 driver yang dapat menjalankan bisnis ojek ini, Nadiem berusaha untuk menjalankan bisnis ini. Alhasil, dengan ketekunan dan kerja kerasnya, sekarang Gojek adalah salah satu perangkat lunak penyedia transportasi yang selalu digunakan oleh masyarakat Indonesia. Yang bertumpu pada adanya data internet murah untuk order driver secra online melalui aplikasi.


Bahkan, Nadiem mengembangkan layanan yang disediakan Gojek agar lebih diverse seperti GoFood, GoPay, GoPlay, dan lainnya. Bahkan, pengusaha berusia 36 tahun ini sekarang bisa membuat Gojek sebagai bisnis unicorn pertama di Indonesia. Untuk produk Gopay, Gojek, juga Gojek Driver sekarang topup saldo murah bisa dengan mudah  dari sebuah aplikasi jual pulsa android saja.


Kapan mau maju? Kalau modal menjadi keraguan kita saat memulai bisnis. Ingatlah sebuah kata-kata dari Bob Sadino yang dapat meningkatkan semangat usaha kita : “ bisnis yang dimulai merupakan bisnis yang berprospek cerah, bukan ditanyakan terus!”.


 

Diposting pada tanggal 2020-11-30 14:57:41. Dilihat sebanyak 182 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB