Apa Penyebab Internet Wifi Lemot Dan Cara Mengatasinya

 


Apa Penyebab Internet Wifi Lemot dan Cara Mengatasinya


 


Internet yang sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting saat pemerintah mengeluarkan anjuran bekerja dari rumah. Namun terkadang Internet WiFi lemot menjadi kendala yang sering dihadapi pengguna. apalagi dikala masa pandemi COVID-19 yang terjadi tahun lalu juga memaksa kita untuk tetap di rumah, internet WiFi menjadi sangat penting tersedia untuk menunjang pekerjaan selama bekerja dari rumah.


Bermacam perangkat gadget terhubung dengan internet WiFi seperti dari laptop, smartphone, hingga konsol game. Untuk itu, jangan sampai WiFi menjadi lemot, sehingga aktivitas jadi bermasalah. Sebenarnya apa penyebab internet WiFi lemot, dan bagaimana mengatasinya? Disini Kita akan coba membahasnya.


Provider Internet Bermasalah

Hal pertama yang menyebabkan koneksi internet WiFi menjadi lemot adalah masalah internet dari penyedia service (ISP). Apabila jaringan internet dari si penyedia yang bermasalah, maka tentu kita tidak bisa terhubung dengan lancar dengan jaringan internet WiFi.


Jika hal ini terjadi, tentu tidak ada yang bisa kita lakukan kecuali menghubungi langsung layanan pelanggan dari si penyedia internet. Adukan masalah teknis yang Anda alami, untuk mendapatkan perbaikan koneksi data internet murah.


Kabel Jaringan Terputus

Berikutnya yang menyebabkan koneksi internet menjadi terganggu adalah kabel jaringan yang terputus. Baik kabel jaringan UTP dari penyedia internet ke router di rumah, maupun kabel LAN dari router ke access point lainnya. Atau bisa jadi sambungan kabel LAN ke perangkat router tidak pada port yang tepat.


Untuk mengatasi hal ini, periksa satu persatu kabel LAN pada jaringan internet Anda. Apabila ada yang putus, anda bisa menggantinya dengan yang baru. Atau jika Anda awam dengan hal tersebut, Anda bisa memanggil tenaga ahli untuk memeriksa apabila ada kabel yang bermasalah. Karena pentingnya kesediaan internet murah di setiap aktifitas online kita.


Router Rusak

Router tentunya menjadi perangkat utama untuk koneksi WiFi, dimana perangkat ini berfungsi menerima jaringan internet melalui kabel, lalu membagikannya ke perangkat pengguna dengan kabel atau sinyal WiFi.


Apabila router mengalami kerusakan, tentunya juga akan menyebabkan internet WiFi Anda menjadi bermasalah. Untuk mengecek apabila router anda rusak, Anda mungkin akan memerlukan perangkat router lain yang masih bekerja dengan baik.


Jika dengan router pengganti, koneksi internet tidak bermasalah, maka router Anda yang awal benar-benar mengalami kerusakan.


Atur Channel Frekuensi Router

Setelah memastikan bahwa antena router kamu ada di posisi yang tepat, mengubah pengaturan channel router adalah hal berikutnya yang bisa kamu coba untuk mengatasi wifi lemot.


Masuk ke pengaturan channel router (bisa dilihat pada buku panduan atau bagian bawah perangkat router) dan ubahlah channel frekuensi router pada 1, 6, dan 11. Channel ini biasanya cenderung minim gangguan karena jarang bersinggungan dengan channel yang dipakai orang lain.


Interferensi Jaringan

Hal lainnya yang menjadi penyebab internet WiFi lemot adalah interferensi jaringan. Interferensi jaringan adalah terjadinya kemacetan di frekuensi jaringan akibat banyaknya perangkat yang menggunakan jaringan yang sama.


Misalnya, ketika rumah Anda menggunakan jaringan WiFi 2.4 GHz, dan banyak perangkat yang terhubung ke koneksi tersebut, maka akan banyak trafik data yang saling bertabrakan.


Belum lagi jika tetangga Anda juga menggunakan jaringan WiFi dengan frekuensi yang sama 2.4 GHz, maka interferensi akan lebih banyak terjadi. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan Router yang menyediakan pilihan frekuensi jaringan Wi-Fi.


Saat ini banyak perangkat Router yang menyediakan jaringan Wi-Fi dengan frekuensi 2,4GHz dan 5GHz. Coba kita manfaatkan adanya distributor pulsa murah untuk alternatif lain daripada penggunaan WIFI yang sedang ada gangguan. 


Download File Berukuran Besar

Mengunduh atau menunggah file berukuran besar tentunya juga akan menyebabkan jaringan WiFi menjadi lemot. Mungkin tidak, untuk perangkat terhubung yang dengan mengunduh/mengunggah. Namun lemahnya jaringan akan dirasakan oleh perangkat lain yang terhubung pada jaringan WiFi yang sama.


Hal tersebut dikarenakan bandwidth jaringan internet terkuras oleh perangkat yang sedang mengunduh file berukuran besar. Sementara untuk perangkat lain akan mendapatkan sisa bandwidth internet yang tersedia.


Untuk itu sebaiknya hindari mengunduh file berukuran besar disaat banyak perangkat lain yang juga perlu untuk terhubung ke internet. Jika ingin mengunduh atau mengunggah file berukuran besar, lakukan di waktu-waktu yang jarang orang mengakses internet.


Terlalu Banyak Perangkat Terhubung

Banyaknya perangkat yang terhubung ke jaringan internet yang sama secara bersamaan pasitnya akan menguras bandwidth internet. Apalagi jika setiap perangkat mengakses internet dengan kebutuhan besar seperti streaming video.


Untuk itu ada baiknya kita mengurangi perangkat yang terhubung dengan jaringan internet WiFi yang tersedia. Biasanya router menyediakan platform aplikasi untuk membatasi jumlah perangkat yang dapat terhubung dengan WiFi.


Nah, semoga sudah paham dengan cara mengatasi wifi lemot yang sudah dijelaskan di atas? Untuk menghindari internet yang lemot, kamu juga bisa memanfaatkan paket kuota internet murah dari penyedia layanan di aplikasi jual pulsa murah dengan kenyamanan akses internet tanpa batas. 



Diposting pada tanggal 2021-06-03 14:58:11. Dilihat sebanyak 202 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB