Pertolongan Pertama Saat HP Kemasukan Air, Lakukan Ini!

 


Pertolongan Pertama Saat HP Kemasukan Air, Lakukan Ini!


 


HP kena air? Wah, gawat! HP atau handphone yang sedang ada dalam genggaman dan kamu sedang asik main TikTok karena lagi banyak kuota internet murah lalu tiba-tiba jatuh ke dalam genangan air atau terkena tumpahan air dari gelas, bisa seketika rusak. Belum lagi risiko lain yang ditimbulkan kalau handphone rusak, ada data dan nomor-nomor kontak yang ikut hilang ketika handphone diservis.


Meski sudah banyak HP yang dibekali sertifikasi tahan air, tentunya masih ada juga HP yang belum dibekali kemampuan tersebut. Oleh karena itu, kiat-kiat di bawah ini sangat dianjurkan agar HP kamu bisa selamat. Selain dengan beras, ada beberapa cara pertolongan pertama ketika HP terkena air. Berikut ini beberapa cara yang sobat agen pulsa murah bisa lakukan.


1. Jauhkan atau angkat HP dari air

Hal paling pertama yang harus sobat distributor pulsa lakukan tentunya adalah mengevakuasi handphone dari air. Jika handphone jatuh ke dalam genangan air, segera ambil handphone kamu dari dalam air sebelum air berhasil merembes masuk ke dalam handphone. Jika handphone-mu terkena tumpahan air, segera jauhkan juga dari sumber air tersebut. Air dapat masuk dari celah-celah sempit seperti lubang jack atau charger.


Sebagai tambahan, apabila handphone terkena air dalam keadaan sedang di-charge, sebaiknya lepaskan dulu charger, baru ambil handphone kamu. Sebab hal tersebut bisa membahayakan. Ketika kamu mengambil handphone, hati-hati terkena risiko setrum.


2. Jangan nyalakan HP

Ketika HP terkena atau masuk ke air dan mati jangan terburu-buru menghidupkannya kembali lho ya. Sebab, saat terkena atau terendam air, kemungkinan besar air sudah ada yang masuk ke dalam beberapa bagian ponsel. Sehingga besar kemungkinannya jika dinyalakan akan rentan terjadi korsleting yang merusak ponsel lebih jauh.
 
Jika ponsel masih nyala segera matikan. Karena, bisa mengalami risiko yang sama.


3. Keringkan bagian luar dan dalam

Langkah selanjutnya adalah mengeringkan bagian luar dan dalam. Tapi, sebelumnya cabut baterai jika ponsel bukan kategori baterai tanam. Kemudian lepas memory card dan kartu SIM.
 
Caranya cukup mudah, gunakan lap kering dan singkirkan air yang berada di bagian luar bodi. Untuk bagian dalamnya, kamu dapat membongkar gadget dan memulai mengeringkan sisa air yang ada di dalamnya.


4. Gunakan serbuk silika atau pasir kucing

Selain beras, kamu bisa menggunakan gel silika untuk menyerap air yang ada di dalam bodi smartphone. Serbuk silika dapat ditemukan di berbagai peralatan rumah tangga atau sepatu, dan biasanya dibungkus dengan tulisan "jangan dimakan".
 
Apabila kamu memelihara kucing, bisa menggunakan pasir kucing bersih sebagai alternatif. Caranya bungkus HP dengan selembar tisu lalu rendam ke dalam pasir kucing selama beberapa hari.


5. Gunakan alkohol

Alkohol adalah cairan yang memiliki sifat berbeda dengan air. Alkohol mudah sekali menguap, dan tidak dapat menghantarkan listrik (khusus alkohol yang menggunakan air suling).
 
Menggunakan alkohol isopropyl dengan konsentrasi 95 persen adalah metode yang cukup ampuh untuk menghilangkan air dari dalam bodi gadget. Siram gadget dengan alkohol secara perlahan dan tunggu hingga alkohol tersebut menguap.
 


Kapan harus pergi ke service center

Setelah berhasil menyala, coba gunakan selama beberapa hari. Gunakan seperti biasa, kalau kamu masih mempunyai paket data murah maka bisa browsingmendengarkan musik online, hingga menonton film. Apabila kamu merasa ada beberapa bagian yang sepertinya rusak, mau tidak mau, kamu harus membawanya ke service centerAda beberapa bagian yang memang tidak bisa kita selamatkan sendiri.


Pertolongan pertama ketika handphone terkena air di atas tetap tergantung kepada kondisi handphone dan berapa lama handphone terkena air. Walau begitu, cara ini patut dicoba sebelum mitra supplier pulsa membawa handphone ke tempat servis. Kalau berhasil, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk servis bukan? Selamat mencoba!



Diposting pada tanggal 2022-04-12 13:52:00. Dilihat sebanyak 75 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB