5 Kebiasaan Yang Membuat Tagihan Listrik Anda Naik

5 Kebiasaan yang Membuat Tagihan Listrik Anda Naik


 


Dengan adanya kecenderungan tarif dasar listrik (TDL) yang selalu naik setiap tahunnya, maka banyak ibu rumah tangga yang berupaya untuk bisa menekan biaya listrik. Baik budget listrik prabayar atau pulsa listrik setiap minggu atau tagihan listrik pasca bayar bulanan yang jumlahnya akan terus membengkak.


Pernahkah Anda mendapatkan tagihan listrik di rumah yang tiba-tiba naik dratis? Mungkin Anda akan kaget, tetapi bisa saja hal itu terjadi disebabkan oleh kebisaan-kebiasaan kita sendiri yang kerap melakukan hal yang membuat tagihan listrik rumah bisa membengkak. Nah, berikut adalah 5 kesalahan atau kebiasan-kebiasan pemakaian listrik yang membuat tagihan listrik membengkak yang pastinya harus kita tinggalkan.


1. Colokan listrik tidak dicabut


Anda dan keluarga mungkin kerap lupa untuk hal simpel seperti mencabut colokan charger handphone. Charger pasti jarang sekali dilepas dari stop kontak walaupun sudah selesai mengisi daya, bahkan tidak mencabutnya selama beberapa hari. Colokan alat elektronik yang menempel pada stop kontak bisa menyedot listrik Anda. Ini menyebabkan tagihan listrik di rumah akan membengkak. Jadi sebaiknya, setelah mencharger handphone jangan lupa cabut kabelnya dari stop kontaknya ya. Tahukah jika saat charger handphone tidak dicabut dari colokan, ternyata masih mengkonsumsi 1 watt setiap jamnya lho.


2. Lampu menyala di siang hari


Kebiasaan tidak mematikan lampu di siang hari kadang masih sering kita jumpai di banyak rumah tinggal. Padahal sebenarnya kita tidak perlu menyalakan lampu, karena sinar matahari yang masuk ke rumah sudah cukup menerangi ruangan. Tanpa kita sadari, kebiasaan ini bisa membuat tagihan listrik naik. Karena faktanya arus listrik masih berjalan ketika lampu manyala. Untuk itu, daripada tagihan listrik membengkak, lebih baik gunakan lampu di tempat yang diperlukan saja. Kalau ruangan cukup terang, pastikan lampu dimatikan untuk hemat energi.


3. TV menyala tapi tidak ditonton


Saat televisi menyala kadang kita sedang tidak benar-benar menontonnya. Alasannya bahkan hanya untuk membuat suasana rumah lebih hidup dan ramai. Sering kita sudah tidur pun namun televisi masih tetap menyala tanpa kita sadari. Padahal kebiasaan ini ikut andil juga membuat tagihan listrik naik. Daripada tagihan listrik membengkak hanya karena menyalakan TV lalu ditinggal tidur, lebih baik dimatikan saja.


4. Memasukkan makanan panas dalam kulkas


Tentu kita pernah melakukan ini, misalnya setelah membuat puding, makanan yang lain. Kita tidak bisa menunggu benar-benar dingin, langsung memasukkan kedalam lemari es maksudnya agar cepat bisa di konsumsi. Nah, kebiasan ini ternyata salah  besar. Ini juga bisa membuat tagihan listrik membengkak. Dikarenakan ketika ada suhu panas yang masuk dalam kulkas, maka kulkas akan bekerja keras untuk membuat suhu menjadi normal kembali. Ini yang membuat daya listrik yang dibutuhkan jadi lebih tinggi. Maka, daripada terjadi pemborosan karena kebiasaan sepele ini, lebih baik Anda lebih sabar menunggu sampai makanan atau minuman tidak panas lagi atau sesuai suhu ruangan.


5. Penggunaan lampu pijar


Penggunaan lampu pijar bisa membuat tagihan listrik membengkak. Karena lampu pijar masih menggunakan arus listrik yang besar. Untuk itu, agar lebih hemat segera ganti lampu pijar Anda dengan lampu LED (Light Emiting Diode). Lampu LED bahkan bisa menghemat energi listrik sampai 75 persen lho. Intensitas cahayanya pun akan lebih terang.


Untuk bisa menghemat pemakaian listrik kita bisa menekannya dengan cara mengisi token listrik yang lebih murah di portalpulsa https://portalpulsa.com/token-pulsa-listrik-pln-prabayar-murah/ juga untuk urusan membayar tagihan listrik bulanan bisa dengan mudah  dari portalpulsa dengan cara mudah dan cepat transaksinya.


 



Diposting pada tanggal 2020-06-11 14:13:10. Dilihat sebanyak 999 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB